Workshop Service Excellent Tahun 2021

  • Rachmat Hidayat
  • 15 Jul 2021
Workshop Service Excellent Tahun 2021

Jakarta - Kamis (15/7), Pusat Pendidikan Dan Pelatihan BMKG menyelenggarakan Workshop Service Excellent secara online melalui zoom meeting.

kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 15 - 16 Juli 2021 diikuti 40 peserta pegawai BMKG Pusat dan daerah dibuka secara resmi oleh Kapusdiklat BMKG Drs. Maman Sudarisman DEA dan di hadiri kepala Biro Hukum dan organisasi dan para koordinator Bidang Perencanaan pengembangan dan Penjamin mutu, Penyelenggara dan Hubungan Masyarakat, dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari SCB International Consulting.

Maman Sudarisman dalam sambutannya mengatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia aparatur negara yang berperan besar dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan, tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. disamping itu harus dapat menjunjung tinggi kedisiplinan, kejujuran dan kebenaran guna ikut serta memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat dan akurat, paparnya

Terlebih kata Maman, Dalam RPJM Tahun 2021 - 2024 BMKG disebutkan sasaran pembangunan ASN adalah menuju World Class Government atau Pemerintahan Berkelas Dunia, Profil ASN harus memiliki rasa, jiwa dan kemampuan Integritas, Nasionalisme, berwawasan Global, kemampuan Information & Technology yang baik, kemampuan berbahasa asing yang baik, Hospitality atau memiliki jiwa pelayanan yang baik, kemampuan Networking yang baik dan juga kemampuan Entrepreneurship yang baik.

Guna menunjang hal tersebut, menurut Maman setiap ASN harus membekali diri dengan berbagai kompetensi yang dibutuhkan, baik di bidang teknis, manajerial dan sosio kultural, adaptif terhadap perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi, berfokus pada hasil dan kinerja serta berorientasi tinggi terhadap pelayanan kepada masyarakat.

khususnya pelayanan dan informasi yang baik kepada instansi dan pihak terkait serta masyarakat mengenai Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika perlu kiranya dilakukan pembinaan dan kompetensi terkait Pelayanan (service) yang menjadi salah satu faktor kunci keberlangsungan Organisisasi untuk terus bertumbuh dan berkembang, jelasnya

Bahkan di masa pandemi Covid-19 seperti ini ASN dituntut harus adaptif, responsif, inovatif, dan kreatif terhadap sebuah perubahan., termasuk perubahan-perubahan di dalam tata acara pembelajaran adaptif di era new normal. Untuk itu Smart ASN diharapkan dapat menjadi digital talent dan digital leader yang nantinya siap mendukung transformasi birokrasi digital di era revolusi industri 4.0. tegasnya.

Melalui Workshop Service Excellent ujar Maman, perlu dilakukan demi menunjang kinerja dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dan terarah yang membangun Branding organisasi.

Kapusdiklat berharap setelah mengikuti Workshop Service Excellent ini peserta dapat memahami pentingnya Service Excellent ini, memahami customer,memahami soul of service juga memahami pentingnya budaya pelayanan dan branding organisasi sehingga mendapatkan desain pelayanan dan branding organisasi yang disepakati bersama.

Gempabumi Terkini

  • 19 April 2024, 14:22:55 WIB
  • 3.5
  • 6 km
  • 2.93 LS - 119.40 BT
  • Pusat gempa berada di darat 8 km Tenggara Mamasa
  • Dirasakan (Skala MMI): III Mamasa
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 8 km Tenggara Mamasa
  • Dirasakan (Skala MMI): III Mamasa
  • Selengkapnya →

Siaran Pers