Tingkatkan Kesadaran Informasi Cuaca Untuk Keselamatan Penerbangan, BMKG Gelar Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan Provinsi Jawa Timur

  • Ayu Isrianti Putri
  • 18 Jul 2022
Tingkatkan Kesadaran Informasi Cuaca Untuk Keselamatan Penerbangan, BMKG Gelar Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan Provinsi Jawa Timur

Sidoarjo (13/07/2022) - Untuk mewujudkan keselamatan dan meningkatkan pelayanan informasi meteorologi penerbangan, Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo menyelenggarakan Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Kegiatan yang berlangsung di Premier Place Hotel dari tanggal 13 - 15 Juli 2022 ini mengambil tema "Awareness Of Weather For Aviation Safety And Efficiency" (Kesadaran akan cuaca untuk keselamatan dan efisiensi penerbangan) serta diikuti oleh 30 Orang peserta yang berasal dari Instansi pemerintah dan Stakeholder Bandara di Provinsi Jawa Timur.

Anggota Komisi V DPR RI Ibu. Hj. Sadarestuwati, S.P., M.MA berkesempatan hadir sekaligus membuka kegiatan secara simbolis dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya Ibu. Hj. Sadarestuwati, S.P., M.MA. mengatakan akan terus mengawal dan memberikan perhatian terhadap BMKG guna mengimbangi pembangunan infrastruktur yang diilakukan pemerintah agar dapat memberikan keamanan, kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa.

lebih lanjut, Beliau juga mengatakan betapa pentingnya BMKG bukan hanya bagi dunia penerbangan tetapi juga penting untuk petani dan nelayan, sehingga BMKG juga perlu melakukan perawatan & maintanance rutin peralatan operasional yang digunakan agar informasi yang di sampaikan ke Masyarakat akurat dan valid.

"Saya akan terus mendukung bukan hanya kegiatan Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan tetapi juga Sekolah Lapang Nelayan, Sekolah Lapang Iklim & Sekolah Lapang Gempabumi agar melalui ilmu "getok tular" yang diberikan BMKG dapat langsung tersampaikan ke Masyarakat", imbuhnya.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Bpk. Guswanto, M.Si. juga memberikan sambutannya di hadapan peserta, dengan kegiatan sekolah lapang meteorologi penerbangan, BMKG ingin membangun closer engagement atau dalam kata lain merangkul stakeholder pengguna informasi meteorologi, agar lebih familiar dalam memanfaatkan produk-produk informasi meteorologi penerbangan yang dikeluarkan oleh BMKG.

kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Pimpinan Instansi Pemerintah, Stakeholder Bandara dan Seluruh KUPT BMKG di Provinsi Jawa Timur. Memberikan sambutan pertama Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo Bpk. Taufiq Hermawan, S.T., M.T. selaku ketua panitia kegiatan, dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal pengetahuan tentang peran penting informasi cuaca di area bandar udara, terutama pada saat take off dan landing. selain itu Ia juga berpesan kepada peserta agar dapat memanfaatkan semaksimal mungkin kegiatan untuk menimba ilmu, berdiskusi dan tukar pengalaman, baik dengan sesama peserta maupun narasumber terutama untuk keberhasilan/tujuan kegiatan Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Pembukaan kegiatan ini juga disaksikan oleh UPT Meteorologi Penerbangan BMKG diseluruh Indonesia melalui Zoom Meeting & Live Streaming YouTube dan juga dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG Bpk. Edison Kurniawan, S.Si., M.Si. beserta staf dari BMKG Pusat.

Penandatanganan Kerjasama BMKG dengan Stakeholder terkait

Pada pembukaan kegiatan ini juga dilaksanakan penandatangan kerjasama antara Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya serta Stasiun Meteorologi Kelas III Banyuwangi dengan Perum LPPNPI PIA Unit Pelayanan Informasi Aeronautika Wilayah Surabaya. Pembukaan kegiatan ditutup dengan pengalungan tanda peserta dan foto bersama.

Dihari berikutnya dilakukan field trip ke Taman Alat Stasiun Meteorologi Juanda Sidoarjo, peserta diberikan materi pengenalan peralatan Meteorologi. Kemudian dilanjutkan Penutupan Kegiatan Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan yang dilakukan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo. Pada sambutannya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini tetapi ilmu yang didapat bisa diterapkan bahkan dapat dibagikan kepada masyarakat. terbaik dan peserta teraktif yang dilanjutkan dengan foto bersama.

Gempabumi Terkini

  • 14 Agustus 2022, 18:40:05 WIB
  • 3.0
  • 5 km
  • 2.54 LS - 121.59 BT
  • Pusat gempa berada di darat 45 km timur laut Luwu Timur
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Mahalona
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 45 km timur laut Luwu Timur
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Mahalona
  • Selengkapnya →

Siaran Pers