The 2nd International Conference on Tropical Meteorology and Atmospheric Science (ICTMAS) 2021

  • HB Risya
  • 26 Mar 2021
The 2nd International Conference on Tropical Meteorology and Atmospheric Science (ICTMAS) 2021

Jakarta. Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, bekerjasama dengan Departemen Meteorologi dan Geofisika IPB University serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) menyelenggarakan kegiatan The 2nd International Conference of Tropical Meteorology and Atmospheric Science (ICTMAS) pada tanggal 23 - 25 Maret 2021 secara virtual dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube @infobmkg.

Tujuan dari kegiatan ini adalah berbagi pengetahuan terkini dan promosi penelitian-penelitian sains dan teknologi pada bidang meteorologi tropis dan ilmu atmosfer, ICTMAS ini juga bertujuan untuk memperkuat kolaborasi internasional dalam penelitian dan pendidikan, dan juga akan menyampaikan semangat untuk menumbuhkan generasi baru ilmuwan dalam bidang meteorologi, ilmu atmosfer, dan semua disiplin terkait.

Kegiatan ICTMAS 2021 ini diawali dengan Laporan Komite Penyelenggara oleh Dr.Nelly Florida Riama (Kepala Puslitbang BMKG). Selanjutnya, Welcoming Speech oleh Rektor IPB University Prof. Arif Satria dan Opening Speech disampaikan oleh Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D.

Keynote Speech dalam kegiatan ini disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Bambang Brodjonegoro, Dr. Kunio Yoneyama selaku Direktur Department of Coupled Ocean-Atmospheric-Land Processes Research - Jamstec, dan Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dengan moderator Dr. Andi Eka Sakya (Perekayasa Utama BPPT).

Konferensi "The 2nd International Conference on Tropical Meteorology and Atmospheric Science (ICTMAS)" ini juga bertepatan dengan perayaan Hari Meteorologi Dunia, yang diadakan setiap tanggal 23 Maret tiap tahunnya, dengan tema tahun ini adalah "The Ocean, Our Climate and Weather". Topik ini mencerminkan tentang cuaca, iklim dan laut yang diinisiasi oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

ICTMAS 2021 ini menghadirkan beberapa narasumber dari institusi-institusi ternama, seperti BPPT, IPB University, BMKG, Universitas East Anglia, LAPAN, Universitas Wageningen, UKMO, Rice University, The State University of New Jersey, Texas A&M University, NOAA, JAMSTEC, dan Sun Yat-Sen University.

Konferensi ini juga dihadiri oleh para professor, peneliti senior beserta peneliti-peneliti muda dari dalam dan luar negeri dalam satu pertemuan yang mencakup semua disiplin ilmu meteorologi tropis dan ilmu atmosfer, dan berbagi pengetahuan di bidang terkait untuk dapat mempresentasikan dan mendiskusikan ide-ide terkini. Untuk acara konferensi ini terdiri dari sesi pleno dan sesi paralel yang dibagi dalam lima topik yaitu Basic Sciences, Modelling, Observation, Extreme Event dan Services. Untuk sesi paralel terdapat dua jenis presentasi, yaitu presentasi oral dan poster.

Kegiatan ini juga mendapat sambutan dan animo masyarakat yang cukup tinggi dengan diikuti oleh ratusan peserta dalam zoom meeting serta ribuan viewer di kanal youtube @infobmkg

Gempabumi Terkini

  • 16 Apr 2021, 10:42 WIB
  • 5.4
  • 10 km
  • 10.57 LS - 116.95 BT
  • Pusat gempa berada di laut 202 km Tenggara SUMBAWABARAT-NTB
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sumbawa, II Denpasar, II Mataram
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 202 km Tenggara SUMBAWABARAT-NTB
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sumbawa, II Denpasar, II Mataram
  • Selengkapnya →

Siaran Pers