Sekolah Lapang Cuaca Pelayaran di SMK Pelayaran Nusantara

  • Rozar Putratama
  • 13 Okt 2021
Sekolah Lapang Cuaca Pelayaran di SMK Pelayaran Nusantara

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang menggelar Sekolah Lapang Cuaca Pelayaran Provinsi Banten Tahun 2021 yang bertempat di SMK Pelayaran Nusantara Serang pada tanggal 11 Oktober 2021. Hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Tarjono, S.Pd, S.Si Koordinator Data dan Informasi yang mewakili Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Serang dan dari pihak SMK Kepala SMK Pelayaran Serang Bpk Mustafa Muchtar S.H, dan para SMK serta para Taruna/i SMK Pelayaran Serang yang berjumlah 80 orang dari Tingkat I hingga Tingkat 3 SMK Pelayaran Nusantara tersebut.

Tujuan diselenggarakannya Sekolah Lapang Cuaca Pelayaran (SLCP) di SMK Pelayaran Nusantara adalah untuk memberikan edukasi terhadap Taruna/i dan memberikan pemahaman kepada peserta penting nya informasi BMKG guna perencanaan dalam kegiatan berlayar. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Stasiun Meteorologi Maritim serang dalam melaksanakan amanat layanan informasi cuaca maritim sesuai dengan peraturan dan Perundang-undangan yang ada. Dengan diselenggrakannya Sekolah Lapang Cuiaca Pelayaran ini diharapkan dapat membangun kemitraan dan membangun sistem informasi efektif antara BMKG dengan para "Stakeholder" pengguna informasi cuaca kemaritiman sehingga tersedianya cuaca dan iklim maritim yang tepat dan akurat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi resiko bagi aktivitas pelayaran.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMK Pelayaran dalam sambutannya menyampaikan apresiasi program BMKG yang memberikan edukasi informasi kemaritiman kepada Taruna/i SMK Pelayaran Serang, selain itu disampaikan juga selama ini belajar ilmu meteorologi hanya melalui buku-buku, media online dan sekarang bisa langsung bertatap muka dengan para narasumber yang berkompeten di bidangnya., silahkan nanti bertanya sejelas-jelasnya terkait informasi dan peralatan yang ada di BMKG, imbuhnya.

Sementara itu Koordinator Data dan Informasi Stsiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Bpk. Tarjono yang hadir mewakili Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang dalam sambutannya menyampaikan Selama ini BMKG banyak dikenal hanya menangani dan memberikan informasi kegempaan, diharapkan dengan adanya SLCP ini taruna /taruni SMK Pelayaran Nusantara dapat lebih mengenal Info BMKG, karena BMKG selain memberikan informasi kegempaan, penerbangan juga memberikan informasi cuaca dan iklim maritim, seperti informasi tinggi gelombang, peringatan dini gelombang tinggi, pasang surut, arus dan angin. Dalam kegiatan ini diberikan pula cinderamata dari Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang kepada Kepala SMK Pelayaran Serang.

Dalam kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Pelayaran penyampaian materi dari para narasumber yang disampaikan oleh Tim Stamar Serang yaitu Bpk. Tri Tjahjo Hendrardhy P, S.Kom dengan judul " Peran BMKG dalam Menunjang Kenyamanan Transportasi Laut", Bpk. Heru Prastiyo, S.Tr dengan "judul Peralatan Observasi BMKG" dan Desnaeni Hastuti, S.Tr dengan judul "Review Meteorologi Umum".

Pada kesempatan terakhir dalam sesi penutupan Kepala SMK Pelayaran Nusantara menyampaikan terimakasihnya kepada Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang atas terlaksananya kegiatan tersebut dan berpesan kepada Taruna/i SMK Pelayaran Serang untuk lebih mendalami ilmu terkait Meteorologi yang sangat dibutuhkan dalam aktifitas pelayaran dan diharapkan Tarana/i dari SMK Pelayaran Nusantara bisa ikut mendaftar/melanjutkan pendidikan kuliah di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika / STMKG (THP2021)

Gempabumi Terkini

  • 26 Oktober 2021, 06:19:40 WIB
  • 3.2
  • 4 km
  • 8.06 LS - 110.43 BT
  • Pusat gempa berada di darat 19 km tenggara Bantul
  • Dirasakan (Skala MMI): II Bantul, II Gunung Kidul
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 19 km tenggara Bantul
  • Dirasakan (Skala MMI): II Bantul, II Gunung Kidul
  • Selengkapnya →

Siaran Pers