Rakorwil BBMKG Wilayah I Medan Mendukung Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan SDM BMKG Berkualitas

  • Ayu Isrianti Putri
  • 11 Mar 2020
Rakorwil BBMKG Wilayah I Medan Mendukung Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan SDM BMKG Berkualitas

Padang, 10 Maret 2020 - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Hotel Mercure, Kota Padang. Deputi Bidang Klimatologi, Drs. Herizal, M.Si didampingi oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Edison Kurniawan, S.Si, M.Si berkesempatan membuka kegiatan Rakorwil di Lingkungan Balai Besar MKG Wilayah I Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan ini secara resmi dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Bapak dr. Adel Nofiarman, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Kabupaten Pasaman, Bapak Ir. Yuspi dan Wakil Walikota, Payakumbuh, Bapak Erwin Yunas beserta jajaran.

Mengusung tema "Dengan Rakorwil Balai Besar MKG Wilayah I 2020, Kita Wujudkan Penyusunan Program, Kegiatan dan Anggaran TA. 2021 dengan Fokus dan Tepat Sasaran guna mendukung Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan SDM BMKG berkualitas'', Juga dihadiri oleh 92 Peserta yang terdiri dari 35 peserta dari BMKG Pusat dan 57 peserta dari Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I termasuk pihak panitia.

Rakorwil Tahun 2020 merupakan sarana koordinasi dari seluruh satuan kerja untuk dapat menyusun Rencana Kerja Anggaran- Satuan Kerja (RKA-SK) Tahun Anggaran 2021, selain itu kegiatan ini sebagai suatu rangkaian kegiatan dari siklus perencanaan pembangunan BMKG.

Dalam sambutannya mewakili Kepala BMKG, Herizal mengatakan, sesuai dengan tema pendekatan Penganggaran, yaitu "Money Follow Program Prioritas'' Ia mengajak semua peserta yang hadir pada Rakorwil BBMKG Wilayah I untuk dapat mempercepat pelaksanaan pembangunan BMKG baik di pusat dan di daerah.

Menurutnya, berdasarkan pada pedoman penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran tahun 2021, diharapkan dapat mempedomani Hasil Ravalnas berupa kebijakan pembangunan BMKG Tahun 2020 - 2024 dengan Isu Strategis sebagai berikut : SDM Smart & Profesional, Organisasi Adaptif, Efektif & Efisien, Layanan Prima Tematik Berbasis Dampak & Risiko, Infrastruktur Peralatan yang Handal, dan Data Terintegrasi.

Pada kesempatan ini juga, Beliau mengapresiasi peran serta dan kerja keras dari para Kepala Balai Besar, Koordinator Provinsi dan Kepala Stasiun dalam melaksanakan tugas Pembangunan BMKG, yaitu mendorong, memotivasi, sharing knowledge kepada pegawai tentang Implementasi Kegiatan Reformasi Birokrasi di lingkungan masing-masing.

"Hasil penilaian Reformasi Birokrasi oleh Tim Kemenpan RB Tahun 2018 membawa hasil yang menggembirakan, yaitu sekitar 70,03 dibanding tahun 2017 dengan nilai 67,06 dan Nilai Tingkat akuntabilitas kinerja dari B menjadi BB. Hal ini menunjukkan bahwa BMKG memiliki tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government)'' ungkap Herizal.

Dengan terselenggaranya kegiatan Rakorwil di Balai Besar MKG Wilayah I ini diharapkan dapat mewujudkan sinergitas antar Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan BMKG, khususnya Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika wilayah I dalam melaksanakan kegiatan yang akan dicapai serta memiliki persamaan pemahaman sehingga pelaksanaan program kegiatan TA 2020 dapat lebih terintegrasi.

Gempabumi Terkini

  • 31 Mei 2020, 21:32 WIB
  • 3.1
  • 5 km
  • 4.11 LS - 139.00 BT
  • Pusat gempa berada di darat 25 km Tenggara Jayawijaya
  • Dirasakan (Skala MMI):
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 25 km Tenggara Jayawijaya
  • Dirasakan (Skala MMI):
  • Selengkapnya →

Siaran Pers