Penutupan Rakornis BMKG Tahun 2020

  • Ayu Isrianti Putri
  • 28 Agu 2020
Penutupan Rakornis BMKG Tahun 2020

Jakarta, 28 Agustus 2020 - Rapat koordinasi Teknis (Rakornis) tahun 2020 secara virtual resmi ditutup hari ini, Jumat 28/8. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 26 dan 28 Agustus 2020 ini berjalan dengan sukses dan lancar. Pada penyelenggaraannya kegiatan rakornis Tahun 2020 dihadiri oleh 296 peserta yang terdiri dari BMKG Pusat dan UPT daerah.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, M.Si selaku ketua panitia pelaksana Rakornis 2020 dalam laporan penutupannya menyambut baik pelaksanaan kegiatan rakornis kali ini, terlihat dari interaksi yang tinggi dari para peserta selama kegiatan berlangsung. Guswanto berharap dengan pelaksanaan kegiatan Rakornis 2020 para peserta dapat mempelajari, memahami serta melaksanakan yang didapat dari hasil Rakornis terutama dari hasil rekomendasi yang didapat dari kegiatan ini.

Rakornis tahun 2020 dilaksanakan dalam rangka implementasi fungsi Koordinasi antar pusat dan daerah dalam hal perencanaan, program dan penganggaran, pelaksanaan anggaran dan pengadaan barang dan jasa serta pengendalian dan pengawasan Program Kegiatan TA 2021, sehingga dapat mewujudkan layanan BMKG yang cepat, tepat, akurat, luas jangkauan dan mudah dipahami untuk rakyat Indonesia dalam adaptasi penyesuaian baru. Adapun beberapa materi yang disampaikan pada Rakornis tahun 2020 antara lain :

  1. Penyampaian arah dan kebijakan Pembangunan Nasional BMKG TA 2020 oleh Kepala BMKG
  2. Penyampaian Konsep BMKG Smart Organization oleh Narasumber Ahmad Juniarto
  3. Penyampaian arah dan kebijakan Pembangunan di Unit Organisasi Eselon 1 (Sekretariat Utama, Kedeputian Bidang dan Satker Mandiri) sebagai tindaklanjut arah dan kebijakan Kepala BMKG dan persiapan penyusunan Program dan alokasi anggaran Tahun 2021.

Di hari kedua penyelengaraan kegiatan Rakornis 2020, kegiatan diisi dengan beberapa pemaparan terkait kebijakan Teknis Program dan Penganggaran Tahun 2021 oleh Kedeputian Inskalrekjarkom, Sekretaris Utama, Pusdiklat, STMKG, Puslitbang dan Inspektorat dan dilanjutkan dengan tanya jawab di setiap sesinya.

Dalam sambutan penutupan Rakornis, Sekretaris Utama BMKG, Ir. Dwi Budi Sutrisno, M.Sc mengucapkan terima kasih kepada semua semua pihak mulai dari KAUPT dan Panitia yang sudah bekerja keras dan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini sehingga menumbuhkan interaksi serta antusiasme yang tinggi dari para peserta.

Dengan diselenggarakannya kegiatan diskusi internal ini, Dwi Budi meyakini dapat mewujudkan BMKG yang smart dan berkelas dunia dengan sistem Social Enterpreunership. Beliau juga berharap semua pihak di BMKG dapat mewujudkan konsolidasi dan koordinasi internal untuk dapat mempelajari serta menetapkan tindak lanjut dari hasil Rakornis Tahun 2020.

Di akhir sambutannya Dwi Budi berpesan, untuk terus berkomitmen bekerja secara profesionalitas khususnya pada masa Pandemic Covid 19 khususnya dalam melayani masyarakat, bangsa dan Negara dalam memberikan pelayanan informasi MKG sehingga dapat menyelamatkan dan menejahterakan masyarakat Indonesia.

Gempabumi Terkini

  • 19 Sep 2020, 20:25 WIB
  • 2.9
  • 6 km
  • 6.71 LS - 107.35 BT
  • Pusat gempa berada di Darat 19 Km BaratDaya Kab. Purwakarta
  • Dirasakan (Skala MMI): II Plered
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di Darat 19 Km BaratDaya Kab. Purwakarta
  • Dirasakan (Skala MMI): II Plered
  • Selengkapnya →

Siaran Pers