Pelatihan Teknis Peralatan Meteorologi

  • Rachmat Hidayat
  • 16 Okt 2020
Pelatihan Teknis Peralatan Meteorologi

Jakarta - Jumat (16/10), BMKG sebagai lembaga pemerintah yang menjalankan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, untuk itu dituntut untuk senantiasa mampu memberikan pelayanan di Bidang Meteorologi, Klimatologi Kualitas Udara dan Geofisika dengan kualitas yang prima sesuai dengan meningkatnya ekspektasi masyarakat.

Kondisi alat operasional yang optimal merupakan hal utama dalam pelayanan informasi meteorologi seperti diamanatkan di dalam UU no 31 tahun 2009 Tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Operasional peralatan Meteorologi merupakan hulu dari alur panjang layanan BMKG yang bermuara pada kualitas informasi MKG yang diberikan pada pengguna. Dengan peralatan yang layak operasi dapat mendukung tersedianya data pelayanan cuaca yang berkualitas, dan dapat merespon tuntutan dan ekspektasi masyarakat.

Dengan Dasar inilah, Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG menyelenggarakan Pelatihan Teknis Peralatan Meteorologi Tahun 2020 secara Full Online dari tanggal 16-30 Oktober 2020 dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian melakukan Maintenance pemeliharaan peralatan meteorologi berupa AWOS Kategori I (satu), AWS Digitalisasi, dan AWS Maritim.

Pelatihan Teknis Peralatan Meteorologi diikuti sebanyak 41 peserta yang berasal dari Pegawai UPT Daerah di lingkungan Balai Besar Wilayah I - V Dan dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Geofisika Dr, Ir. M. Sadly, M.Eng melalui zoom meeting.

Dalam Sambutannya, Beliau mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan teknis peralatan meteorologi, Dengan Pelatihan ini dapat mengembangkan kapasitas teknis khususnya para teknisi untuk memahami Bagaimana cara kerja dari seluruh peralatan yang ada di BMKG khususnya peralatan meteorologi dan sedapat mungkin bisa mengembangkan kedepannya, bukan hanya paham cara kerja dengan peralatan tersebut akan tetapi jika ada troubleshooting yang terjadi dapat diatasi secara mandiri, paparnya

Dengan kemampuan teknis yang dimiliki oleh para teknisi, Sadly berharap agar semua peralatan khsususnya peralatan meteorologi, betul-betul dikuasai dan dipelihara dengan baik sehingga bisa bekerja dengan optimal dan prima. Karena peralatan itu adalah jantungnya BMKG, tanpa ada peralatan yang sehat tidak akan mungkin melakukan observasi, processing sampai diseminasi layanan informasi kepada stakeholder diseluruh Indonesia.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pencerahan dari para Widyaiswara/narasumber yang mumpuni di bidangnya, luangkan waktu untuk berdiskusi dengan sesama peserta, berbagi best practice dan lesson learned untuk memperkaya pengetahuan. tutupnya.

Gempabumi Terkini

  • 21 Okt 2020, 10:44 WIB
  • 4.1
  • 95 km
  • 8.80 LS - 116.06 BT
  • Pusat gempa berada di darat 15 km BaratDaya Lombok Barat
  • Dirasakan (Skala MMI): III Lombok Barat, III Lombok Tengah
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 15 km BaratDaya Lombok Barat
  • Dirasakan (Skala MMI): III Lombok Barat, III Lombok Tengah
  • Selengkapnya →

Siaran Pers