Kepala BMKG Meninjau Pelaksanaan PTB STMG di Yogyakarta

  • Hatif Thirafi
  • 12 Jun 2021
Kepala BMKG Meninjau Pelaksanaan PTB STMG di Yogyakarta

Yogyakarta - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meninjau langsung pelaksanaan seleksi Penerimaan Taruna Baru (PTB) Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (12/6).

Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang digelar di Kantor BKN Regional I Yogyakarta ini merupakan tahapan awal dalam rangkaian seleksi PTB STMKG Tahun 2021. Tes akan dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti oleh sebanyak 1459 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menjelang pelaksanaan tes SKD, Kepala BMKG berkesempatan berdialog dan memberikan pesan untuk peserta seleksi. Dwikorita meminta peserta dapat mengikuti rangkaian proses seleksi dengan baik dan percaya pada kemampuan masing-masing.

"Kami pastikan seleksi ini dilaksanakan secara jujur, transparan, dan terbuka. Jadi anda semua harus percaya diri dan yakin, keberhasilan ditentukan oleh kemampuan masing-masing," ujarnya.

Dwikorita menambahkan, masih ada beberapa tahapan seleksi lagi bagi peserta yang lulus pada tahapan ini yaitu Seleksi Kompetensi Bidang, Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan wawancara. Rangkaian seleksi ini akan dilaksanakan secara ketat demi memperoleh calon peserta didik STMKG yang berkompetensi tinggi.

"STMKG dan BMKG menerapkan standar tinggi dalam menyeleksi calon peserta didik. Selain untuk mengikuti kurikulum pendidikan di kampus, peserta didik STMKG nantinya akan dipersiapkan untuk bekerja di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, yang tentu saja membutuhkan kecakapan, kedisiplinan, akurasi, dan kemampuan SDM yang tangguh," lanjutnya.

Di akhir pesannya, Kepala BMKG mengapresiasi kepada BKN karena telah memfasilitasi proses seleksi Taruna STMKG berbasis CAT, sehingga proses seleksi berjalan lebih kompetitif, adil, objektif, transparan, dan bebas dari KKN.

"Kami ucapkan terima kasih kepada BKN khususnya Kantor Regional I Yogyakarta atas dukungan dalam penyelenggaraan proses seleksi Taruna STMKG. Sistem tes yang diterapkan oleh BKN saat ini sangat mendukung STMKG dan BMKG dalam memperoleh bibit-bibit unggul. Ini sangat penting bagi BMKG yang berkecimpung dalam bidang pelayanan publik dan untuk mengawal masyarakat dari ancaman bencana," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, Kepala BMKG didampingi langsung oleh Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta, Inspektur BMKG, Ketua STMKG, Koordinator Bagian Keuangan, serta Kepala UPT BMKG di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gempabumi Terkini

  • 27 Juli 2021, 23:21:48 WIB
  • 5.2
  • 10 km
  • 8.99 LS - 111.40 BT
  • Pusat gempa berada di laut 95 km Tenggara Pacitan
  • Dirasakan (Skala MMI): III-IV Pacitan, III Nganjuk, III Karangkates, III Blitar, III Trenggalek, III Tulungagung, II Kepanjen, II Gunung Kidul, II Kendal, II Madiun
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 95 km Tenggara Pacitan
  • Dirasakan (Skala MMI): III-IV Pacitan, III Nganjuk, III Karangkates, III Blitar, III Trenggalek, III Tulungagung, II Kepanjen, II Gunung Kidul, II Kendal, II Madiun
  • Selengkapnya →

Siaran Pers