Deputi Bidang Meteorologi BMKG Membuka Pelatihan Teknis Online Analisis Gelombang dan Arus Laut di Lingkungan BMKG

  • HB Risya
  • 01 Apr 2021
Deputi Bidang Meteorologi BMKG Membuka Pelatihan Teknis Online Analisis Gelombang dan Arus Laut di Lingkungan BMKG

Jakarta. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BMKG menggelar Pembukaan Pelatihan Teknis Online Analisis Gelombang dan Arus Laut di Lingkungan BMKG Tahun 2021 yang berlangsung secara virtual pada Kamis, (1/4).

Kepala Pusdiklat BMKG Maman Sudarisman dalam Laporan Pembukaannya menyampaikan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para prakirawan meteorologi maritim dalam layanan informasi meteorologi maritim, khususnya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait teknik pengolahan data dan analisis gelombang dan arus laut.

Adapun sasaran setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat menjelaskan konsep fisis gelombang dan wave spektrum, menjelaskan konsep dasar pergerakan arus laut, menerapkan teknik pengolahan data observasi dan numerik gelombang dan arus laut menggunakan sistem BMKG OFS, dan dapat mengaplikasikan teknik pre processing, processing dan post processing untuk pemodelan arus dan gelombang resolusi tinggi menggunakan software DELFT 3D.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam sambutannya menyampaikan tentang penting dan strategisnya peran SDM dalam keberhasilan layanan meteorologi maritim, maka kemampuan dan keahlian prakirawan perlu ditingkatkan, untuk itu diperlukan Pelatihan Teknis Analisis Gelombang dan Arus Laut yang mencakup penguasaan konsep fisis gelombang laut dan pergerakan arus laut, pengolahan data baik observasi maupun numerik pada BMKG Ocean Forecast System (OFS) serta pengaplikasian pemodelan arus dan gelombang laut resolusi tinggi sebagai upaya menjembatani kesenjangan kompetensi prakirawan meteorologi maritim.

"Melalui pelatihan ini, marilah kita mantapkan semangat bekerja dengan terus meningkatkan kompetensi, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan prima dengan penuh rasa tanggung jawab" tutupnya.

Pelatihan Teknis Analisis Gelombang dan Arus Laut Tahun 2021 diselenggarakan dari tanggal 1 sampai dengan 16 April 2021 secara daring dari masing-masing unit kerja peserta, dengan peserta berjumlah 30 orang yang merupakan perwakilan dari Kantor BMKG Pusat, STMKG, dan perwakilan dari Balai Besar MKG Wilayah I - V. Dalam kesempatan ini juga hadir Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Kepala Puslitbang BMKG, Ketua STMKG, Kepala Balai Besar MKG, Kepala UPT Daerah, serta perwakilan dari unit kerja lainnya di BMKG.

Gempabumi Terkini

  • 16 Apr 2021, 10:42 WIB
  • 5.4
  • 10 km
  • 10.57 LS - 116.95 BT
  • Pusat gempa berada di laut 202 km Tenggara SUMBAWABARAT-NTB
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sumbawa, II Denpasar, II Mataram
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 202 km Tenggara SUMBAWABARAT-NTB
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sumbawa, II Denpasar, II Mataram
  • Selengkapnya →

Siaran Pers