Bangun Command Center Sulampua, Bank Indonesia Sulawesi Selatan Kunjungi BMKG

  • Ayu Isrianti Putri
  • 13 Mar 2023
Bangun Command Center Sulampua, Bank Indonesia Sulawesi Selatan Kunjungi BMKG

Jakarta, 10 Maret 2023 - BMKG menerima kunjungan dari pihak Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan pada Jumat (10/3/2023). Kunjungan ini diselenggarakan dalam rangka studi banding untuk membahas teknologi dan jaringan komunikasi yang tersedia di BMKG. Teknologi dan jaringan komunikasi ini nantinya akan digunakan dalam penerapan command center Bank Indonesia di kawasan Sulampua (Sulawesi, Maluku, Papua).

Rombongan disambut langsung oleh Koordinator Publikasi dan Dokumentasi Bapak Taufiq Kurniawan, dan diterima dengan baik oleh pihak Bank Indonesia. Salah satu perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Asisten Direktur Muhammad Reza Ali Khan menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada BMKG. Ia menyatakan bahwa BMKG memiliki peran yang cukup penting dalam kegiatan operasional Bank Indonesia di daerah Sulawesi Selatan.

"BMKG sangat penting bagi Bank Indonesia, terutama bagi kami di daerah Sulawesi Selatan, dalam melakukan pengamanan dan penyelamatan. Apalagi belakangan ini cuaca di daerah Timur terbilang ekstrim. Cuaca ekstrim ini sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan dalam kegiatan pendistribusian uang," ujar Reza dalam sambutannya. Ia juga mengatakan bahwa informasi prakiraan cuaca maritim yang diberikan BMKG menjadi kunci dalam kegiatan pendistribusian uang melalui jalur laut.

Kunjungan ini juga dilakukan Bank Indonesia Sulawesi Selatan untuk melakukan pengamatan command center BMKG. "Kami akan membangun command center Sulampua. Kunjungan yang kami lakukan ini nantinya akan digunakan sebagai gambaran kami untuk membuat command center di Sulampua. Kami akan mengadopsi teknologi dan jaringan komunikasi yang digunakan oleh BMKG agar bisa diterapkan di command center kami," ungkap Reza.

Rangkaian acara kunjungan diawali dengan mengunjungi simulator gempa bumi, Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan mendapat kesempatan untuk mencoba alat simulator tersebut. Bertolak dari simulator, rombongan kemudian mengunjungi ruangan Meteorological Early Warning System (MEWS), dan InaTews (Indonesia Tsunami Early Warning System). Di sini, rombongan berkesempatan untuk mengobservasi alat dan sistem yang digunakan oleh BMKG. Selain itu, mereka juga mendapat informasi mengenai peringatan dini tsunami dan gempa yang dilakukan oleh pihak BMKG.(*)

Gempabumi Terkini

  • 25 Mei 2024, 12:55:52 WIB
  • 5.0
  • 10 km
  • 0.84 LU - 131.67 BT
  • 175 km TimurLaut RAJAAMPAT-PAPUABRT
  • tidak berpotensi TSUNAMI
  • Selengkapnya →

Siaran Pers