2nd International Conference on Organic Agriculture in The Tropics (ORGATROP)

  • Ayu Isrianti Putri
  • 28 Okt 2021
2nd International Conference on Organic Agriculture in The Tropics (ORGATROP)

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc, Ph.D berkesempatan menjadi pembicara pada acara the 2nd International Conference on Organic Agriculture in The Tropics (ORGATROP) yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Acara yang dilakukan secara daring (online) ini berlangsung selama 2 (dua) hari mulai 28-29 Oktober 2021.

Dengan mengusung tema "Pertanian Organik sebagai Agro-Sistem berkelanjutan untuk Mendukung Produksi Pertanian dan Keamanan Pangan di bawah ancaman Perubahan Iklim" tujuan diselenggarakan konferensi internasional kali ini untuk mencegah dan mengantisipasi dampak negative dari berbagai ancaman. Seperti diketahui bahwa tantangan pengembangan pertanian organic masih sangat banyak, khususnya terkait dengan perubahan iklim, bencana alam, wabah hama dan penyakit.

Pada kesempatan ini, Kepala BMKG memberikan paparan kepada peserta dan menjelaskan tupoksi BMKG khususnya dalam memberikan kontribusi konkrit dalam melakukan serangkaian pengamatan sistematis terkait perubahan iklim yang telah dilakukan untuk jangka waktu 30 hingga 100 tahun.

Lebih lanjut Ia menambahkan, dari pengamatan yang telah dilakukan oleh BMKG, secara signifikan menunjukkan tren peningkatan suhu atau pemanasan secara lokal dan regional, yang memiliki keterkaitan dengan peningkatan frekuensi, intensitas, dan durasi kejadian ekstrim dan juga fenomena anomali iklim. Oleh karena itu sering terjadinya bencana Hidro Meteorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, siklon tropis dan bencana terkait lainnya.

Di akhir sesi, Dwikorita berharap dengan paparan yang diberikan dapat memberikan pencerahan untuk diskusi tentang tren dan potensi dampak perubahan iklim di Indonesia, Yang perlu dipertimbangkan secara menyeluruh dalam program Pengembangan Pertanian Organik.

Konferensi internasional kali ini dihadiri oleh Peneliti, ilmuwan, para pelajar / mahasiswa, para stakeholders dam pembuat kebijakan lainnya. Selain kepala BMKG juga dihadiri oleh pembicara lain, yaitu ; Husnain selaku Kepala Pusat Sumber Daya Lahan Pertanian, Penelitian dan Pengembangan Indonesia, Prof. Budiman Minasny dari University of Sidney Australia, Prof. Iin Handayani dari Murray State University, Kentucky, USA, Prof. Damien Field dari University of Sidney Australia, Prof. Keitaro Tawaraya dari Yamagata University Japan, Melissa Parks dari Oregon State University, USA, Prof. Dr. Ir. Azwar Ma'as dari Universitas Gadjah Mada, Prof. Gerold Rahmann selaku President of ISOFAR Germany, Prof. Michael Bohme dari Humboldt University of Berlin Germany, Prof. Yo Toma dari Hokkaido University Japan, dan yang terakhir Dr. Spyros Paparrizos dari Wageningen University and Research Netherland.

Gempabumi Terkini

  • 05 Desember 2021, 12:19:49 WIB
  • 4.0
  • 10 km
  • 3.46 LS - 129.47 BT
  • Pusat gempa berada di laut 9 km Selatan Tehoru-Maluku Tengah
  • Dirasakan (Skala MMI): III Masohi
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 9 km Selatan Tehoru-Maluku Tengah
  • Dirasakan (Skala MMI): III Masohi
  • Selengkapnya →

Siaran Pers