Temui Kapolda, BMKG Sampaikan Potensi Kebencanaan

  • Rozar Putratama
  • 26 Feb 2021
Temui Kapolda, BMKG Sampaikan Potensi Kebencanaan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui Stasiun Geofisika Ambon dan juga Koordinator BMKG Maluku, Herlambang Hudha, S.Si, M.Si. bersama jajarannya antara lain Ashar, S.Kom (Kasmar Ambon), Eddy Fautngilyanan (Kasmet Namlea), Cipta Utama, S.Si (Kasmet Geser), Cariz Kainama (Kasmet Bandanaira) Roland Manuputy, SE (Kasubag TU Stageof Ambon), Andi Azhar Rusdin, S.Si, M.Sc. (Koord. Datin Stageof Ambon) menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Refdi Andri, M.Si. Kedatangan Herlambang beserta jajarannya ini sebagai ajang silaturahmi dan juga sekaligus menyampaikan kondisi geografis wilayah Maluku dengan potensi bencananya. Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Utama Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (25/2/2021).

Pada pertemuan tersebut Herlambang mengaku Maluku yang merupakan daerah kepulauan memiliki sejumlah potensi bencana. Di antaranya kegempaan, tsunami, gelombang tinggi. "Khusus kegempaan, Maluku memiliki 2 sumber gempa yaitu dari zona subduksi yang memanjang dari utara Pulau Seram melintasi Maluku Tenggara hingga ke selatan Maluku serta adanya patahan aktif yang ada di laut dan darat" kata Herlambang. Secara maritim wilayah Kepulauan Maluku sering terjadi gelombang tinggi, bahkan ketinggiannya bisa sampai 6 meter.

Lebih lanjut Herlambang menyampaikan dengan potensi bencana yang tinggi, pihaknya dapat meningkatkan sinergitas dan membangun koordinasi secara langsung dengan jajaran Polda Maluku."Kami mau bekerjasama dengan Kapolda dan jajaran.

Selain itu harapan kami stasiun BMKG bisa berkoordinasi dengan Polres setempat agar apabila terjadi sesuatu potensi bencana dapat langsung disampaikan ke Kapolres atau Kapolsek terdekat. Kami berharap Ke depan Polri dan BMKG semakin bersinergi," harapnya.

Sementara itu, Kapolda Refdi Andri, sebelum menyampaikan pandangannya terlebih dahulu menyampaikan ucapan selamat datang di Mapolda Maluku kepada Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ambon yang wilayah kerjanya meliputi Provinsi Maluku.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga memperkenalkan Para Pejabat Utama Polda Maluku yang ikut mendampinginya dalam pertemuan tersebut. Terkait pemaparan Kepala BMKG Ambon, Kapolda Refdi mengaku sepandangan. Ia juga berharap pandangannya sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengantisipasi potensi kerawanan yang ada. "Semoga kita punya pandangan yang sama dengan pemda sehingga apa yang kita perbincangkan bisa diakomodir mitra kita," harapnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini berharap adanya pemetaan jalur evakuasi, sehingga berapa meter lokasi evakuasi dari atas permukaan laut bisa diketahui.

Beliau juga setuju dengan pembuatan WA grup yang berisikan pejabat Utama Polda Maluku, para Kapolres dan para Kapolsek agar semua informasi bisa diterima dengan cepat dan dishare ke grup yang lain.

Gempabumi Terkini

  • 16 Apr 2021, 10:42 WIB
  • 5.4
  • 10 km
  • 10.57 LS - 116.95 BT
  • Pusat gempa berada di laut 202 km Tenggara SUMBAWABARAT-NTB
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sumbawa, II Denpasar, II Mataram
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 202 km Tenggara SUMBAWABARAT-NTB
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sumbawa, II Denpasar, II Mataram
  • Selengkapnya →

Siaran Pers