Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Gelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020

  • Rachmat Hidayat
  • 10 Sep 2020
Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Gelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020

Pontianak - Kamis (10/9), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak menggelar kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020 pada tanggal 7 - 9 September 2020 dengan tema "Tingkatkan Efektifitas Penangkapan Ikan dengan Adaptasi Perubahan Cuaca Maritim" yang dilaksanakan sesuai dengan protocol COVID19 dari Peraturan Gubernur Kalimantan Barat No. 110 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Pembukaan SLCN Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan pada tanggal 8 September 2020 di UPT Pelabuhan Perikanan Sungai Rengas Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Guswanto M.Si secara virtual di Jakarta melalui live zoom. Dalam sambutannya, Bapak Guswanto M.Si selaku Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan bahwa BMKG sebagai institusi yang salah satu tugasnya berwenang menyelenggarakan pengamatan cuaca dan iklim serta informasi cuaca dan iklim, membuat beberapa program kegiatan sebagai bentuk respon berupa rencana aksi. Salah satu rencana aksi yang dilaksanakan adalah program penyelenggaraan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan sebagai bentuk upaya peningkatan pemahaman para nelayan dan penyuluh perikanan terkait tentang informasi iklim dan pemanfaatannya sehingga dapat mendukung kegiatan pemerintah dalam hal ketahanan pangan serta nawacita pembangunan di bidang maritim/kelautan.

Acara ini diikuti sebanyak 25 (dua puluh lima) peserta dari berbagai wilayah dan organisasi sektor kelautan dan perikanan di Kalimantan Barat antara lain kelompok nelayan dan penyuluh perikanan serta petugas syahbandar perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya, Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat, Pelabuhan Perikanan Pantai Teluk Batang, Pelabuhan Perikanan Sei Rengas, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Provinsi Kalbar, dan Desa Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang.

Dalam acara tersebut, BMKG melalui Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Danu Triatmoko, S.Si menyerahkan secara simbolis bantuan bibit rumput laut dan alat pengukur salinitas dan suhu air kepada Sekretaris Desa Pulau Lemukutan Bapak NS. Erdiansyah, S.Kep. serta pemberian plakat penghargaan kepada 2 orang alumni sekaligus peserta SLCN atas dedikasinya dalam mendiseminasikan informasi cuaca dan iklim maritim BMKG oleh Kepala Sub Bidang Manajemen Observasi Maritim Bapak Bagus Pramujo, M.Si. Dan para alumni SLCN Provinsi Kalimantan Barat diharapkan mampu menjadi agen diseminasi informasi cuaca dan iklim maritim BMKG, sehingga informasi tersebut benar-benar sampai ke nelayan dan masyarakat pesisir di Kalimantan Barat. Besar harapan kami, semoga program kegiatan ini dapat terselenggara di masing-masing kabupaten.

Gempabumi Terkini

  • 19 Sep 2020, 20:25 WIB
  • 2.9
  • 6 km
  • 6.71 LS - 107.35 BT
  • Pusat gempa berada di Darat 19 Km BaratDaya Kab. Purwakarta
  • Dirasakan (Skala MMI): II Plered
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di Darat 19 Km BaratDaya Kab. Purwakarta
  • Dirasakan (Skala MMI): II Plered
  • Selengkapnya →

Siaran Pers