Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke 2 UPT BMKG di wilayah Jawa Barat

  • Rozar Putratama
  • 23 Sep 2022
Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke 2 UPT BMKG di wilayah Jawa Barat

Kamis 22/9 - Anggota Komisi V DPR RI di bawah Ketua Tim M. Ilham melakukan kunjungan spesifik ke Stasiun Meteorologi Kertajati dengan 6 orang anggota Dewan lainnya.

Dalam lawatannya kali ini maksud Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Stasiun Meteorologi Klas III Kertajati adalah dalam rangka meninjau fasilitas pendukung layanan info cuaca iklim dan mendengar secara langsung permasalahan-permasalahan yang dihadapi untuk dicarikan solusinya serta untuk mendapatkan penjelasan secara terpericinci mengenai infrastruktur operasional layanan cuaca di wilayah Bandara Kertajati.

Dalam sambutannya Ilham mengatakan tujuan dilaksanakannya Kunjungan Kerja ini adalah dalam rangka melaksanakan Fungsi dan Tugas Dewan sesuai dengan Pasal 59, ayat (4), Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno menyampaiakn ucapan terimakasih dan merasa terhormat sekali atas kunjungan dari Ketua dan anggota Komisi V. Dalam sambutannya beliau menyampaikan secara singkat dapat kami laporkan Stasiun Meteorologi Kertajati yang saat ini dilakukan kunjungan adalah stasiun meteorologi yang memiliki tugas memberikan layanan informasi cuaca penerbangan di bandara kertajati selama 24 jam 7 hari.

Lebih lanjut Dwi Budi menyampaikan "peralatan untuk mendukung layanan informasi cuaca penerbangan yang saat ini beroperasi dengan baik yang didedikasilan untuk memberikan layanan penerbangan yang saat ini jumlah penerbangan di bandara kertajati dalam 1 hari antara 2 sd 4 kali, selain memberikan layanan dibandara Stasiun Meteorologi Kertajati juga memberikan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini di kabupaten Majalengka dan serta pos layanan udara di bandara penggung.

Ditempat berbeda dan di hari yang sama pula, sebanyak 17 Anggota Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Robert Rouw Wakil Ketua Komisi V juga melakukan kunjungan kerja spesifik ke Stasiun Meteorologi Klas III Citeko Bogor.

Rombongan diterima oleh Deputi Bidang Meteorologi Guswanto beserta Jajaran serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan melakukan dialog/Diskusi juga pendalaman selama 2 jam di Gedung Serbaguna Citeko dan diakhiri peninjauan ke Kantor dan Taman Alat Stamet Citeko Bogor.

Dalam keterangannya Robert Rouw mengatakan Komisi V DPR RI akan mendorong supaya Pemerintah memberikan lagi lebih banyak, lebih besar lagi anggaran untuk BMKG, ucapnya.

Kami juga meminta BMKG untuk melakukan pemetaan wilayah kita ini untuk mendirikan stasiun-stasiun untuk bisa memberikan data cuaca diseluruh nusantara ini secara akurat, "jadi tidak ada nanti daerah ini Blank Spot dan ga bisa tahu cuacanya didaerah tersebut dan ini pun harus bisa diakses oleh masyarakat semuanya kedepan melalui handphone". Sambungnya.

masyarakat ingin tau cuaca didaerah mana saja contoh ditempat saya (Papua), saya bisa buka didalam handphone, cuaca hari ini seperti apa? pagi, siang, sore dan malam, ada hujan atau tidak, hujan ringan, sedang atau ekstrim harus kita bisa akses kedepan, itu yang kita inginkan. tegas Robert Rouw

Gempabumi Terkini

  • 27 September 2022, 04:27:09 WIB
  • 2.9
  • 2 km
  • 4.62 LS - 129.77 BT
  • Pusat gempa berada di laut 17 km baratdaya Banda
  • Dirasakan (Skala MMI): III Banda
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 17 km baratdaya Banda
  • Dirasakan (Skala MMI): III Banda
  • Selengkapnya →

Siaran Pers