Deputi Bidang Klimatologi Membuka Dua Kegiatan Pelatihan

  • Rachmat Hidayat
  • 12 Feb 2020
Deputi Bidang Klimatologi Membuka Dua Kegiatan Pelatihan

Bogor - Selasa (11/2), Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG menggelar Pelatihan Verifikasi Prakiraan Klimatologi dan Pelatihan Teknis Meteorologi Maritim yang diikuti sebanyak 60 peserta berasal dari pegawai BMKG Pusat dan UPT Daerah BBMKG Wilayah I - V dan dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Klimatologi Drs. Herizal MSi di Gedung Serbaguna Citeko.

tujuan Pelatihan Verifikasi Prakiraan Klimatologi adalah melatih untuk mampu melakukan verifikasi prakiraan musim dan prakiraan curah hujan (dasarian dan bulanan), mulai dari proses penyiapan data hingga verifikasi akhir dengan benar.

sedangkan Pelatihan Teknis Meteorologi Maritim bertujuan untuk membentuk pegawai yang professional yang mampu secara konsep dan praktik dalam menangani operasional system pengelolaan data meteorology maritime, dan dapat mengoperasikan aplikasi pemodelan serta memanfaatkan untuk mendukung operasional UPT.

"Selamat datang para peserta pelatihan yang hadir dari berbagai UPT di Indonesia dan dapat berkumpul untuk mengikuti Pelatihan Verifikasi Prakiraan Klimatologi dan Pelatihan Teknis Meteorologi Maritim," ujar Herizal saat memberikan kata sambutan.

Seperti diketahui Undang-undang No. 31 Tahun 2009, BMKG adalah Lembaga Pemerintah yang memilki Tupoksi memberikan pelayanan Informasi MKKuG, tentunya BMKG memiliki kepentingan terhadap pelayanan informasi MKKuG yang handal yaitu akurat, tepat sasaran, tepat guna, cepat dan dapat dpertanggungjawabkan. "untuk memenuhi visi tersebut BMKG tidak lepas dengan Sumber Daya Manusia yang profesional, perangkat canggih dan teknologi informasi yang handal," sambung herizal.

Seperti diamanahkan dalam UU No. 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil memberikan hak kepada PNS untuk mendapatkan minimal 20 jam pelatihan dalam satu tahun, paparnya.

Terkait dengan pengembangan Sumber Daya Manusia, herizal mengutarakan ada 3 kompetensi yang harus dikuasai oleh Pegawai Negeri Sipil yakni kompetensi manajerial, kompetensi teknis bidang tugas dan kompetensi sosio kultural.

Memiliki SDM unggul menjadikan point penting guna mewujudkan semangat BMKG dalam menciptakan layanan MKG yang cepat, tepat, akurat, luas jangkauan dan mudah dipahami yang tertuang dalam renstra BMKG 2020-2024 menjadikan BMKG berkelas dunia dengan spirit Sosio enterpreuner, paparnya.

Herizal berharap dengan pelatihan ini dapat sharing pengetahuan diantara peserta sehingga kedepan, BMKG dengan visi handal dan Terpercaya bukan ucapan belaka tapi didukung dengan persiapan yang baik untuk mempertahankan lembaga yang kita cintai menjadi lebih baik lagi.

Pelatihan Verifikasi Prakiraan Klimatologi dan Pelatihan Teknis Meteorologi Maritim diselenggarakan dari tanggal 10 sampai dengan 16 februari 2020 dengan tenaga pengajar terdiri dari Pejabat, widyaiswara, pegawai di lingkungan Pusdiklat BMKG, Kedeputian Klimatologi dan Kedeputian Meteorologi yang memiliki kemampuan dan pengalaman sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Gempabumi Terkini

  • 29 Sep 2020, 05:09 WIB
  • 2.5
  • 10 km
  • 3.29 LS - 128.43 BT
  • Pusat gempa berada di darat 10 km TimurLaut Kiratu - SBB
  • Dirasakan (Skala MMI): II Kairatu
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 10 km TimurLaut Kiratu - SBB
  • Dirasakan (Skala MMI): II Kairatu
  • Selengkapnya →

Siaran Pers