Awarding Day Lomba KATAVLOG BMKG-Taman Pintar Yogyakarta Tahun 2020

  • Hatif Thirafi
  • 12 Sep 2020
Awarding Day Lomba KATAVLOG BMKG-Taman Pintar Yogyakarta Tahun 2020

Yogyakarta (11 September 2020) - Balai Besar MKG Wilayah II dan Stasiun Geofisika Sleman bekerja sama dengan Taman Pintar Yogyakarta menyelenggarakan kompetisi KATAVLOG (KreAsi-inovasi peralaTAn peraga MKKuG dan VLOG sains zona BMKG-Taman Pintar). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut atas kerja sama BMKG dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat bereksperimen dan berkreasi dalam mengenal BMKG.

Dengan mengusung tema "Kreasi dan Inovasi MKKuG dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju", BMKG mengajak pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk lebih mengenal BMKG, peduli pada permasalahan lingkungan, serta mengasah kreativitas dan pengetahuan sains di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika.

Kegiatan lomba KATAVLOG tediri atas dua kegiatan perlombaan yaitu Kreasi-Inovasi Peralatan Peraga MKKuG berbahan utama bahan bekas pakai dan Vlog Sains Zona BMKG-Taman Pintar untuk memberikan kesempatan kepada generasi milenial khususnya pelajar SMP dan SMA berkreasi dalam mengenalkan BMKG dan Taman Pintar.

Berdasarkan proses seleksi yang dilaksanakan sejak tanggal 7 Agustus 2020, diperoleh 5 finalis dalam kategori kreasi-inovasi alat peraga yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Sedangkan dalam kategori vlog sains zona BMKG-Taman Pintar diperoleh 3 finalis yang berasal dari kalangan pelajar SMA.

Proses seleksi dilakukan secara daring untuk mendukung adaptasi kebiasan baru, sedangkan proses penjurian final dan Awarding Day dilaksanakan di Taman Pintar Yogyakarta. Proses penjurian final melibatkan 5 juri yang dilaksanakan secara online maupun offline yang terdiri atas pihak BMKG (Kepala Balai Besar MKG Wilayah II, Kepala Stasiun Geofisika Sleman dan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Klimatologi BMKG), Taman Pintar (Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar), serta akademisi (Kepala Laboratorium Riset Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM).

Puncak acara atau Awarding Day dihadiri dan dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Secara khusus, Heroe menyampaikan Pemerintah Kota Yogyakarta sangat mengapresiasi serta mendukung penuh kegiatan ini, sebagai bentuk kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.

Penyerahan hadiah kepada juara kategori Kreasi-Inovasi Peralatan Peraga MKKuG diserahkan oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah II yang mewakili Kepala BMKG dan Kepala Stasiun Geofisika Sleman sebagai koordinator pelaksanaan kegiatan. Sedangkan hadiah untuk kategori Vlog Sains Zona BMKG-Taman Pintar diserahkan oleh Kepala Taman Pintar dan perwakilan Fakultas MIPA UGM.

Mewakili Kepala BMKG, Kepala Balai Besar MKG Wilayah II Hendro Nugroho berharap melalui kegiatan semacam ini, dapat tercipta generasi-generasi milenial yang handal dan kreatif, yang dapat bersaing terlebih dalam era teknologi 4.0 yang pada akhirnya dapat mengangkat mutu sumber daya manusia khususnya yang ada di D.I.Yogyakarta.

Selanjutnya, kegiatan ini diharapkan dapat terus berkelanjutan dengan menghadirkan tema-tema lain yang menarik dan bermanfaat bukan hanya bagi BMKG tetapi juga bagi Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya Taman Pintar Yogyakarta.

Gempabumi Terkini

  • 19 Sep 2020, 20:25 WIB
  • 2.9
  • 6 km
  • 6.71 LS - 107.35 BT
  • Pusat gempa berada di Darat 19 Km BaratDaya Kab. Purwakarta
  • Dirasakan (Skala MMI): II Plered
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di Darat 19 Km BaratDaya Kab. Purwakarta
  • Dirasakan (Skala MMI): II Plered
  • Selengkapnya →

Siaran Pers