Universitas Panca Bakti Pontianak sepakati Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama

  • Rozar Putratama
  • 09 Des 2022
Universitas Panca Bakti Pontianak sepakati Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama

[Pontianak - 8 Desember 2022] Kisah kesuksesan kiprah Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat pada kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) dan berbagai inovasinya mendorong jajaran pimpinan civitas akademik Universitas Panca Bakti (UPB) Pontianak untuk menyepakati Nota Kesepahaman dengan BMKG dan Perjanjian Kerja Sama dengan Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat.

Penandatangan ini dilaksanakan di Pontianak pada tanggal 8 Desember 2022 di Universitas Panca Bakti (UPB) Pontianak oleh Plt Deputi Klimatologi BMKG(Dodo Gunawan), Kepala Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat (Luhur Tri Uji Prayitno), Wakil Rektor UPB (Agusalim Masulili), dan Dekan Fakultas Pertanian UPB (Agus Suyanto).

Nota Kesepahaman BMKG-UPB, BMKG sebagai Pihak Kesatu turut berperan aktif dalam mendukung pengabdian kepada masyarakat salah satunya melalui pendidikan, juga terus mengupayakan secara nyata pada pemanfaatan dan penyebarluasan informasi meteorologi-klimatologi-geofisika melalui studi dan publikasi, serta pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. UPB Pontianak sebagai Pihak Kedua berupaya melaksanakan salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang mana mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BMKG-UPB memberikan manfaat untuk masing-masing pihak terutama di era interdisiplin ilmu, serta berkembangnya upaya peningkatan kualitas kinerja lembaga-lembaga pemerintahan hingga pendidikan.

Perjanjian Kerja Sama UPB-Staklim Kalbar, Fakultas Pertanian UPB sebagai Pihak Kesatu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kemudian mengupayakan mahasiswanya untuk mendapatkan pendidikan formal dan non formal, memberikan jalan untuk melaksanakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka melalui kegiatan magang dan penyelesaian tugas akhir di kantor Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat (Pihak Kedua).

Serta, mengupayakan memberikan pemahaman di bidang klimatologi melalui kegiatan sosialisasi/ seminar/ workshop/ lokakarya yang baik dari Pihak Kedua. Adapun Pihak Kedua juga dapat mengupayakan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, yaitu Sekolah Lapang Iklim (SLI) yang bekerja sama dengan UPB.

Kedua belah pihak memiliki berbagai hak dan kewajibannya masing-masing yang telat disuratkan melalui dokumen PKS nomor 1288/UPB.III/E.04/2022 & HM.02.03/094/KMPW/XII/2022, yang mana mendukung upaya pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak secara optimal.

Komitmen Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat yang didukung penuh oleh BMKG untuk melaksanakan pengabdian masyarakat menjadi semakin kuat untuk melayani Mitra Iklim Kalbar di berbagai sektor. Tidak hanya sektor pertanian dan kebencanaan, tetapi juga sektor pendidikan. Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat terus berupaya mengabdi kepada masyarakat melalui kebermanfaatan layanan dan informasi iklim.

 

Gempabumi Terkini

  • 05 Februari 2023, 20:17:25 WIB
  • 3.0
  • 10 km
  • 2.48 LS - 140.68 BT
  • Pusat gempa berada di laut 12 Km Timurlaut Kota Jayapura
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Jayapura
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 12 Km Timurlaut Kota Jayapura
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Jayapura
  • Selengkapnya →

Siaran Pers