Peringati HMKG Ke-74, Stamet Kualanamu Gelar Seminar Online Meteonet-Disc #12

  • Ibrahim
  • 03 Agu 2021
Peringati HMKG Ke-74, Stamet Kualanamu Gelar Seminar Online Meteonet-Disc #12

Deli Serdang - Stasiun Meteorologi Kualanamu kembali menyelenggarakan Seminar Online Meteonet-Disc #12 dengan tema "Pelayanan Informasi MKG Multisektoral Kawal Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh". Kegiatan ini merupakan rangkaian penutup Seminar Online Meteonet-Disc Stasiun Meteorologi Kualanamu periode 2020/2021 sekaligus memperingati hari jadi BMKG ke-74 yang berlangsung pada Senin (3/8).

Dalam pengantar yang diberikan Kepala Stasiun Meteorologi Kualanamu Fachkrurazi menyebutkan bahwa tema pembahasan Meteonet-Disc mencakup lima cluster, yaitu penguatan pengetahuan MKG, problem solving peralatan operasional, manajemen ketata-usahaan, inovasi layanan dan teknologi/metodologi MKG, dan soft-skill dan pengembangan sensitivitas terhadap layanan MKG.

Dalam pelaksanaannya, Meteonet-Disc diisi oleh 12 Opening Speaker dari Pejabat Eselon 1 dan 2 BMKG, 20 narasumber dari internal BMKG Pusat dan daerah, dan 7 narasumber dari luar BMKG. Jumlah peserta yang mengikuti sampai dengan Meteonet-Disc seri ke-11 adalah 2009 peserta, dengan rata-rata 183 peserta per seri.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto turut hadir memberikan Opening Speech sekaligus membuka pelaksanaan Meteonet-Disc #12. Guswanto menyampaikan bahwa sesuai dengan tema peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (HMKG) ke-74 yang mengangkat tema "InfoBMKG Kawal Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh", BMKG secara konsisten terus melakukan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam dan luar negeri, guna memperluas pelayanan multisektoral di bidang layanan cuaca, iklim, dan gempa bumi. Saat ini, data dan informasi BMKG telah menjadi rujukan berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Untuk mewujudkan BMKG berkelas dunia yang tangguh dan terus tumbuh diperlukan peningkatan kapasitas SDM dan teknologi. Diperlukan berbagai lompatan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi MKG kepada masyarakat. Deputi Bidang Meteorologi BMKG sangat mengapresiasi kegiatan Seminar Online Meteonet-Disc yang diinisiasi oleh Stasiun Meteorologi Kualanamu sebagai sarana untuk publikasi, sosialisasi layanan dan inovasi MKG kepada masyarakat, serta sebagai forum diskusi diantara insan-insan BMKG.

Seminar Online Meteonet-Disc #12 diikuti oleh kurang lebih 230 peserta secara Nasional dari internal BMKG, stakeholder, dan masyarakat serta disiarkan langsung melalui ZOOM Meeting dan live YouTube. Narasumber dalam Meteonet-Disc #12 diantaranya, Narasumber pertama adalah Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG yang diwakili oleh Koord Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Bapak Miming Saepudin, M.Si yang membawakan materi "Peningkatan Layanan Informasi Cuaca Multisektoral Melalui Program Kemitraan Antar Pihak". Narasumber kedua adalah Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Bapak Hartanto, ST, MM yang membawakan materi "BMKG Kawal Indonesia Tangguh dan Tumbuh".

 

Gempabumi Terkini

  • 19 September 2021, 06:38:52 WIB
  • 4.8
  • 42 km
  • 7.47 LS - 106.78 BT
  • Pusat gempa berada di laut 59 Km Tenggara Kab. Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): III Cisurupan, III Cikajang, III Ciamis, III Pangandaran, III Karangnunggal, III Ciherang, III Pangalengan, III Gardu, III Cihurip
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 59 Km Tenggara Kab. Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): III Cisurupan, III Cikajang, III Ciamis, III Pangandaran, III Karangnunggal, III Ciherang, III Pangalengan, III Gardu, III Cihurip
  • Selengkapnya →

Siaran Pers