Meteonet-Disc #07: "Pentingnya Pengelolaan Aset BMN"

  • Hatif Thirafi
  • 19 Feb 2021
Meteonet-Disc #07: "Pentingnya Pengelolaan Aset BMN"

Deli Serdang - Stasiun Meteorologi Kualanamu menyelenggarakan Seminar Online Meteonet-Disc #07 dengan tema "Optimalisasi Penatausahaan Aset Barang Milik Negara (BMN)", Kamis (18/02).

Seminar Online dibuka oleh Kepala Biro Umum dan SDM BMKG, Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si. Dalam Opening Speech-nya, Kepala Biro Umum dan SDM BMKG mengapresiasi semangat Tim dari Stasiun Meteorologi Kualanamu melalui penyelenggaraan Seminar Online Meteonet-Disc yang tidak hanya mengangkat satu topik teknis, namun menyesuaikan dengan trending dan kebutuhan organisasi.

Khusus untuk staf yang menangani BMN, Petrus menitipkan pesan untuk tetap menjalankan tugas dengan baik, walaupun dalam keadaan perangkapan tugas. Hal ini karena tidak sedikit di UPT BMKG di daerah, lulusan STMKG yang tidak memiliki basic pengelolaan BMN karena keterbatasan personil ditugaskan untuk mengelola BMN di stasiun masing-masing.

Hal di atas senada dengan pengantar yang disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Kualanamu, Fachkrurazi, SP, dimana pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang baik merupakan kewajiban sekaligus tantangan bagi setiap Lembaga Negara, termasuk BMKG, sehingga optimalisasi pengelolaan aset harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Untuk itu, sangat diperlukan peningkatan disiplin dari petugas pengelola. Monitoring dan evaluasi harus dilakukan secara terus-menerus.

Untuk menghasilkan pengelolaan BMN yang optimal, sangat diperlukan persamaan persepsi atas pelaksanaan implementasi peraturan-peraturan di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, sarana komunikasi dalam rangka mencari win win solution terhadap permasalahan terkait pengelolaan BMN serta sharing knowledge dalam rangka revaluasi aset.

Oleh karena itu, Seminar Online Meteonet-Disc seri ke-7 mengangkat tema "Optimalisasi Penatausahaan Aset BMN" dan menghadirkan dua Narasumber yang kompeten dalam pengelolaan BMN. Narasumber pertama, Hendra Jan Sadarmo Purba, S.H., M.Ec. Dev (Plt. Kepala Seksi PKN - KPKNL Medan). Narasumber kedua, Khusnul Jakin Imron, SP, MMSi (Kepala Bagian Perlengkan dan BMN BMKG). Seminar ini diharapkan mampu membuka wawasan peserta terkait pengelolaan aset BMN yang optimal.

Seminar online Meteonet-Disc #07 dilaksanakan secara langsung melalui ZOOM Meeting dan YouTube. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar serratus dua puluh peserta secara Nasional dari internal BMKG, stakeholder, dan masyarakat yang sebagian besar adalah staf pengelola BMN di UPT masing-masing.

(Seminar Meteonet-Disc #08 akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021 dengan tema "Gempa Bumi dan Tsunami di Wilayah Indonesia". Untuk Bapak/Ibu yang ingin menjadi Narasumber dalam kegiatan Meteonet-Disc dapat mengajukan permohonan melalui link https://bit.ly/NarasumberMeteonetdisc atau melalui email ke polonia.stamet@gmail.com )

Gempabumi Terkini

  • 04 Agustus 2021, 05:41:23 WIB
  • 2.4
  • 4 km
  • 6.92 LS - 107.02 BT
  • Pusat gempa berada di darat 9 km tenggara kota Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): II Cireunghas
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 9 km tenggara kota Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): II Cireunghas
  • Selengkapnya →

Siaran Pers