BMKG Adakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VII Tahun 2023 dengan Fokus Menghadapi Tantangan Kompleks BMKG ke Depan

  • Dimas Bayu Sajiwo
  • 05 Jun 2023
BMKG Adakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VII Tahun 2023 dengan Fokus Menghadapi Tantangan Kompleks BMKG ke Depan

Jakarta, (05/06) - Hadapi tantangan yang semakin besar dan kompleks di bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, menghadiri dan membuka kegiatan pelatihan kepemimpinan administrator Angkatan VII Tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh peserta pelatihan dari UPT BMKG berbagai daerah di Indonesia. Dalam pembukaannya, Dwi Budi membahas tantangan BMKG yang berkaitan dengan multi bencana, perubahan lingkungan strategis, dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan informasi MKG.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Dwi Budi mengungkapkan bahwa tantangan BMKG kedepan meliputi fenomena bencana yang semakin kompleks, seperti bencana Geo-Hidrometeorologi yang melibatkan ancaman multi bencana, yaitu kejadian bencana geologi bersamaan dengan kejadian bencana hidrometeorologi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal ini disebabkan oleh posisi Indonesia yang berada di kawasan pergerakan lempeng tektonik yang semakin aktif, serta sebagai negara kepulauan maritim yang rentan terhadap perubahan iklim global.

Selain itu, perubahan lingkungan strategis yang berkembang dengan cepat dan tidak dapat diprediksi dengan pasti juga menjadi tantangan bagi BMKG. Hal ini menuntut BMKG untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi situasi yang berubah dengan cepat dan membutuhkan prediksi yang akurat.
Untuk menghadapi tantangan yang kompleks tersebut, pimpinan BMKG telah menetapkan arah kebijakan yang komprehensif seperti fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui Program SDM Unggul, yang bertujuan untuk memiliki tenaga kerja yang handal dan berbasis merit system, kemudian melakukan penataan organisasi untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penyerderhanaan struktural birokrasi, serta melanjutkan upaya modernisasi dan otomatisasi sarana operasional. Pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), big data, dan Internet of Things (IoT) akan digunakan untuk meningkatkan layanan BMKG agar lebih spesifik, tematik, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna informasi BMKG.
Dwi Budi menegaskan pentingnya mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan masa depan dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas BMKG dalam memberikan layanan informasi yang berkualitas kepada masyarakat.

Kegiatan pelatihan kepemimpinan administrator Angkatan VII Tahun 2023 akan berlangsung selama beberapa hari dengan berbagai materi dan kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan peserta. Peserta pelatihan diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan dinamis di bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Gempabumi Terkini

  • 24 Juli 2024, 07:22:09 WIB
  • 5.3
  • 26 km
  • 2.86 LS - 139.38 BT
  • Pusat gempa berada di darat 96 km timur laut Kobagma
  • Dirasakan (Skala MMI): II Genyem
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 96 km timur laut Kobagma
  • Dirasakan (Skala MMI): II Genyem
  • Selengkapnya →

Siaran Pers