Kembali ke Berita Kegiatan

Optimalisasi Standar Pelayanan, BMKG Gelar Forum Konsultasi Publik

17 October 2025

Tri Wahyuningsih

Berita Kegiatan

Optimalisasi Standar Pelayanan, BMKG Gelar Forum Konsultasi Publik

Jakarta, 17 Oktober 2025. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP)  bertema “Optimalisasi Standar Pelayanan PTSP BMKG Menuju Layanan Publik Berkualitas”. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mengoptimalkan standar pelayanan PTSP BMKG.

RR. Rima Eryani, Kepala Biro Hukum,  Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BMKG dalam sambutannya menyampaikan, pelayanan publik merupakan wajah dari sebuah instansi, “Kepercayaan masyarakat tumbuh apabila pelayanan yang diberikan cepat, tepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan”, jelas Rima.

Lebih lanjut Rima menjelaskan, melalui Forum Konsultasi Publik ini BMKG memberikan ruang diskusi dan dialog partisipatif seluas-luasnya, khususnya kepada stakeholder dan masyarakat pengguna layanan MKG, “Saran, masukan serta rekomendasi dari para peserta merupakan kontribusi berharga dalam rangka peningkatan pelayanan PTSP BMKG menuju layanan publik berkualitas.” tegas Rima.

Sementara itu, Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat BMKG, A. Taufan Maulana dalam laporan pembukaan kegiatan FKP menyampaikan, PTSP BMKG merupakan unit pelayanan publik yang memberikan layanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses, dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap penyelesaian produk layanan.

FKP yang dilaksanakan oleh PTSP BMKG merupakan kegiatan dialog partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat/pengguna layanan. “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap unsur waktu pelayanan”, tutur Taufan.

Usai dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BMKG, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel. Sesi pertama diisi oleh Ayu Apriyanti dari Kemenpan-RB yang memaparkan materi mengenai standar waktu pelayanan.

Dalam paparannya, Ayu menjelaskan bahwa standar pelayanan komprehensif bukan sekadar indikator teknis, melainkan ukuran nyata komitmen lembaga terhadap kepuasan masyarakat. Karena itu, ia mendorong BMKG untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan PTSP baik dari sisi digitalisasi proses layanan maupun mekanisme umpan balik langsung.

Diskusi panel ini juga menghadirkan Dr. Iqbal dari Direktorat Data dan Komputasi BMKG. Ia memaparkan alur bisnis situs web PTSP, mulai dari proses permintaan data oleh pelanggan, melakukan pembayaran, hingga menerima informasi yang telah diolah.

Kegiatan yang diselenggarakan di Grand Orchadz melibatkan partisipasi peserta dari berbagai elemen, yang mencakup perwakilan dari BASARNAS, pelanggan PTSP, akademisi, jurnalis, LSM, serta pihak internal BMKG.

Sebagai kesimpulan, forum ini menghasilkan penandatanganan Berita Acara yang memuat komitmen untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada sesuai dengan kerangka waktu yang disepakati bersama.

Selain itu, forum ini juga diharapkan menjadi landasan untuk menciptakan komunikasi dua arah yang produktif, meningkatkan kesepahaman antar pemangku kepentingan, dan memperkuat komitmen bersama dalam menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

 

Berita Kegiatan Lainnya

Optimalisasi Standar Pelayanan, BMKG Gelar Forum Konsultasi Publik

Optimalisasi Standar Pelayanan, BMKG Gelar Forum Konsultasi Publik

Operasi Modifikasi Cuaca di Waduk Sutami Dimulai, Perkuat Ketahanan Pangan, Air, dan Energi Nasional

Operasi Modifikasi Cuaca di Waduk Sutami Dimulai, Perkuat Ketahanan Pangan, Air, dan Energi Nasional

BMKG Dorong Pemuda Jadi Agen Perubahan dalam Membangun Masa Depan Tangguh Iklim

BMKG Dorong Pemuda Jadi Agen Perubahan dalam Membangun Masa Depan Tangguh Iklim