
Kembali ke Berita
BMKG Borong Dua Penghargaan di GSMS Award 2025, Wujud Konsistensi di Ruang Digital
17 April 2025
Miftah Fauziah
Berita

Jakarta, 17 April 2025 – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus menjangkau masyarakat melalui media sosial. Dalam ajang Government Social Media (GSM) Award 2025 yang digelar di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, BMKG meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus, yakni Most Active Lembaga dan Best Account Lembaga.
GSM Award merupakan agenda tahunan yang digagas oleh lembaga independen dan menjadi ajang apresiasi bagi institusi pemerintah yang aktif membangun komunikasi publik melalui media sosial. Ajang ini menjadi titik temu pengelola media sosial instansi pemerintah untuk saling berbagi, belajar, dan berkolaborasi demi pelayanan informasi publik yang lebih baik dan adaptif.
Plt. Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BMKG, Akhmad Taufan Maulana yang hadir secara luring, mengungkapkan bahwa capaian ini adalah bentuk komitmen BMKG dalam menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Ia percaya bahwa media sosial adalah wadah yang efektif untuk menyebarluaskan informasi cuaca, iklim, gempabumi, dan tsunami dari BMKG secara luas dan cepat.
“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada BMKG. Kami berharap dapat terus mempertahankan capaian ini, dan semoga masyarakat selalu menikmati karya serta inovasi konten kami di media sosial,” ujarnya.
Dalam ajang tersebut, BMKG dinobatkan sebagai pemenang kategori Most Active Lembaga, mengungguli dua institusi besar lainnya, yaitu Polri dan TNI. Kategori ini mengapresiasi lembaga pemerintah yang secara konsisten menunjukkan keaktifan dan interaksi tinggi dengan masyarakat melalui berbagai platform media sosial.
BMKG juga berhasil menyabet penghargaan sebagai Best Account Lembaga, sebuah kategori yang diberikan kepada akun lembaga dengan pengelolaan media sosial terbaik berdasarkan akumulasi kinerja dari berbagai kategori penilaian lainnya. Capaian ini menjadi pengakuan atas kinerja tim pengelola media sosial BMKG dalam menyajikan konten-konten yang edukatif, informatif, dan mudah dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat.
Bagi BMKG, media sosial bukan sekadar sarana berbagi informasi, tetapi juga ruang untuk membangun kedekatan dengan masyarakat. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi BMKG untuk terus memperkuat peran sebagai lembaga yang selalu hadir di tengah masyarakat dengan semangat keterbukaan dan pelayanan publik yang prima.
Pada akhirnya, capaian ini tidak akan membuat BMKG berpuas diri. BMKG menyadari masih banyak yang harus ditingkatkan dan oleh karenanya, ke depan BMKG senantiasa berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat demi memberikan informasi yang andal dan terpercaya.