STMKG Luluskan Sebanyak 262 Taruna di Tahun 2021

  • Hatif Thirafi
  • 18 Nov 2021
STMKG Luluskan Sebanyak 262 Taruna di Tahun 2021

Jakarta - Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) melaksanakan prosesi wisuda bagi lulusan Sarjana Terapan tahun 2021, Kamis (18/11). Prosesi wisuda dilaksanakan di Auditorium BMKG sekaligus secara daring dikarenakan STMKG masih memberlakukan pembelajaran jarak jauh.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati secara langsung mewisuda taruna taruni tingkat akhir yang diwakili oleh 5 orang lulusan terbaik dari tiap Program Studi. Sebanyak 262 taruna/taruni yang terdiri dari 69 taruna/i Prodi Meteorologi, 37 taruna/i Prodi Klimatologi, 31 taruna/i Prodi Geofisika, dan 125 taruna/i Prodi Instrumentasi.

Dalam sambutannya, Dwikorita Karnawati menyebutkan tantangan BMKG sebagai satu-satunya institusi pemerintah di Indonesia yang menyelenggarakan urusan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika semakin kompleks. Karenanya, ia meminta kepada seluruh lulusan STMKG untuk terus berinovasi dan menciptakan terobosan-terobosan sesuai keahliannya.

"Jangan berhenti belajar, terutama mengenai kebidangan BMKG. BMKG membutuhkan semangat muda untuk terus berinovasi. Dengan belajar itulah, jangan malu, justru itu semakin tajam dalam membuat terobosan. Terobosan kadang tidak mengikuti tradisi. Tapi kadang dibutuhkan," ungkap Dwikorita.

Dwikorita mengatakan, saat ini BMKG sendiri terus berupaya melakukan inovasi teknologi dan juga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) agar risiko kejadian multi bencana geo-hidrometeorologi bisa semakin ditekan. Realitas yang terjadi di Indonesia saat ini, ungkap Dwikorita, tidak lepas dari fenomena cuaca, iklim, dan tektonik di Indonesia yang semakin dinamis, kompleks, tidak pasti dan ekstrem. Indonesia sendiri berada dalam kepungan lempeng-lempeng tektonik aktif dan dikelilingi oleh cincin api.

"Kami harus terus melakukan lompatan-lompatan agar tidak tertinggal. Ini bagian dari cara BMKG mewujudkan zero victim. Karenanya kami (BMKG-red) ingin para lulusan STMKG bisa menciptakan terobosan dan inovasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dwikorita juga meminta para lulusan STMKG untuk terus setia kepada negara setelah mengucapkan ikrar, diantaranya adalah mau ditempatkan di mana saja tanpa ada perasaan berat hati. Menurutnya, meski tidak ditempatkan di daerah yang diinginkan, namun harus tetap semangat dan berdedikasi dalam bekerja.

Pada wisuda tahun ini, lulusan terbaik diraih oleh taruna Dendi Rona Purnama dengan IPK 3,76 dari Program Studi Meteorologi asal Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gempabumi Terkini

  • 05 Desember 2021, 12:19:49 WIB
  • 4.0
  • 10 km
  • 3.46 LS - 129.47 BT
  • Pusat gempa berada di laut 9 km Selatan Tehoru-Maluku Tengah
  • Dirasakan (Skala MMI): III Masohi
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 9 km Selatan Tehoru-Maluku Tengah
  • Dirasakan (Skala MMI): III Masohi
  • Selengkapnya →

Siaran Pers