Selebrasi Pusdiklat BMKG Online Group Discussion#100

  • Ayu Isrianti Putri
  • 28 Jul 2020
Selebrasi Pusdiklat BMKG Online Group Discussion#100

Jakarta - Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BMKG hari ini (28/7) menyelenggarakan kegiatan seminar edisi special selebrasi Online Group Discussion OGD#100. seminar ini merupakan bentuk peringatan Pusdiklat BMKG dalam menyelenggarakan Online Group Discussion (OGD) yang ke-100. Dengan mengusung tema "BMKG Corporate University'', menjadi langkah awal setelah Kick Off BMKG Corporate University dengan tujuan dapat memberikan pemahaman secara komprehensif kepada seluruh pegawai BMKG tentang Corporate University dan manfaat penerapannya.

Sebelum masa pendemik COVID-19, Pusdiklat BMKG sudah aktif melakukan aktivitas E-Learning dengan para rekan - rekan Diklat yg berada di dalam maupun luar negeri. Inisiasi OGD ini pun telah dilakukan oleh Pusdiklat BMKG semenjak tahun 2013 dan resmi dimulai pertama kali pada Mei tahun 2014, sehingga OGD yang diinisiasi oleh Pusdiklat BMKG ini telah dikenal oleh World Meteorological Organization (WMO) dan menjadi salah satu produk BMKG yang dikenal dengan nama "Indonesia Regional Training Centre" untuk wilayah Regional V.

Dalam kesempatan kali ini Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG, Drs. Maman Sudarisman, DEA dalam sambutannya mengatakan bahwa sampai saat ini kebutuhan pengembangan SDM BMKG dalam memenuhi tuntutan pengguna belum semua dapat dipenuhi seutuhnya oleh Pusdiklat, hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara kebutuhan BMKG dan kemampuan Pusdiklat dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sebagai upaya Pengembangan Kompetensi.

Lebih lanjut Ia menambahkan, Dibutuhkan adanya suatu transformasi dalam bentuk pengembangan sistem penyelenggaraan pelatihan dan strataegi alternative untuk mewujudkan keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara pembelajaran, pengelolaan kompetensi, dan pencapaian sasaran kinerja organisasi.

"Berdasarkan kajian permasalahan, tantangan dan peluang dalam pengembangan kompetensi di BMKG, alternative solusi yang dapat ditawarkan adalah transformasi Pusdiklat BMKG menjadi BMKG Corporate University" tambahnya.

Corporate University merupakan entitas pendidikan yang merupakan perangkat strategis yang didesain untuk membantu organisasi induknya dalam mencapai sasarannya, dengan menyelenggarakan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pembelajaran, pengetahuandan kebijaksanaan baik secara individual maupun organisasional. Konsep Corporate University diharapkan akan membentuk BMKG menjadi tempat belajar, dan mendorong setiap pegawai menjadi pembelajar.

Transformasi kelembagaan merupakan kelanjutan dari program Reformasi Birokrasi. program difokuskan kepada perubahan budaya sekaligus sebagai wujud dari manajemen perubahan menuju BMKG yang lebih efektif, efisien, kredibel dan berperan strategis dalam skala nasional maupun global.

Tentunya langkah ini juga diperlukan dukungan pimpinan BMKG secara massif dan komprehensif dalam bentuk sinergitas kebijakan untuk pengembangan SDM BMKG yang professional dan berkelas dunia.

Pada selebrasi OGD#100 kali ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Bapak Drs R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc selaku Widyaiswara Utama Pusdiklat yang membahas tentang Tantangan Pengembangan SDM BMKG di era VUCA menuju BMKG Corporate University dan juga dihadiri oleh Ibu Anna Maria, M.Eng, Ph. D yang membahas tentang Corporate University di BMKG. Selain itu kegiatan diikuti oleh para peserta baik dari BMKG Pusat maupun UPT daerah melalui aplikasi Zoom dan juga disiarkan di Youtube "InfoBMKG".

 

Gempabumi Terkini

  • 07 Agu 2020, 15:56 WIB
  • 3.7
  • 5 km
  • 2.48 LS - 121.14 BT
  • Pusat gempa berada di darat 6 km Utara Wasupando Luwu Timur
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sorowako, II-III Malili
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 6 km Utara Wasupando Luwu Timur
  • Dirasakan (Skala MMI): III Sorowako, II-III Malili
  • Selengkapnya →

Siaran Pers