Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BMKG dan Universitas Pertamina

  • Ayu Isrianti Putri
  • 30 Jul 2021
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BMKG dan Universitas Pertamina

Jakarta, (30/7) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman secara daring Dengan Universitas Pertamina. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergitas BMKG dengan Universitas Pertamina untuk mendukung Pembangunan Nasional. Penandatanganan Nota Kesepahaman di wakili oleh Sekretaris Utama BMKG, Ir Budi Sutrisno, M.Sc beserta jajaran sedangkan dari Pihak Universitas Pertamina diwakili oleh Plt. Rektor Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto, Ph.D.

Dwi Budi Sutrisno sangat menyambut baik dengan adanya Kerjasama yang terjalin antara BMKG dengan Universitas Pertamina. Universitas tentunya adalah juga mitra strategis untuk menguatkan peran BMKG yang sejalan dengan visi dan misi perguruan tinggi tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang memiliki tugas dalam penyebarluasan informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat juga memiliki concern terhadap peningkatan kapasitas dan pemahaman masyarakat Indonesia di bidang MKG yang terus diupayakan melalui berbagai program literasi dan edukasi yang dilaksanakan oleh BMKG.

Dwi Budi berharap melalui kerja sama dengan Universitas Pertamina, kapasitas sumber daya manusia BMKG dan Universitas Pertamina serta masyarakat Indonesia pada umumnya, dapat ditingkatkan. Selain itu civitas academika Universitas Pertamina sebagai komponen masyarakat cerdik pandai, dapat ikut mencerdaskan masyarakat luas dengan membantu penyebarluasan info MKG yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat interpretasinya.

Dalam sambutannya, Plt. Rektor Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto, Ph.D, mengungkapkan bahwa Universitas Pertamina merupakan universitas yang lahir dari Industri dan didirikan oleh Perusahaan Pertamina (Persero) tbk. Kerjasama ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka pengembangan Universitas Pertamina dalam mewujudkan visi misi untuk menjadi World Class Univeristy.

Selain itu, menurut Budi W. Soetjipto, Universitas Pertamina juga ingin mendorong, menyukseskan dan mengembangkan kolaborasi secara Triplehelix yaitu kolaborasi antara Universitas Pertamina, Pemerintah (BMKG) dan Industri. Diharapkan Kerjasama ini dapat diimplementasikan dan mempunyai manfaat untuk banyak pihak.

Adapun kegiatan yang menjadi fokus kerjasama antara BMKG dengan Universitas Pertamina antara lain sebagai berikut :

  1. pemanfaatan sarana dan prasarana,
  2. pemanfaatan dan penyebarluasan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika,
  3. peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan dan pendidikan formal,
  4. penelitian dan pengembangan bersama di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika,
  5. kegiatan magang mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); serta kegiatan lainnya yang disepakati oleh BMKG dan Universitas Pertamina.

sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman maka akan disusun Perjanjian Kerjasama (PKS) sebagai payung hukum kegiatan kerjasama tentang pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penelitian dan publikasi bersama di bidang seismisitas dan topografi, pengembangan peralatan geomagnetic, radar dan seismometer, serta pemagangan mahasiswa.

Gempabumi Terkini

  • 19 September 2021, 06:38:52 WIB
  • 4.8
  • 42 km
  • 7.47 LS - 106.78 BT
  • Pusat gempa berada di laut 59 Km Tenggara Kab. Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): III Cisurupan, III Cikajang, III Ciamis, III Pangandaran, III Karangnunggal, III Ciherang, III Pangalengan, III Gardu, III Cihurip
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 59 Km Tenggara Kab. Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): III Cisurupan, III Cikajang, III Ciamis, III Pangandaran, III Karangnunggal, III Ciherang, III Pangalengan, III Gardu, III Cihurip
  • Selengkapnya →

Siaran Pers