Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XX dan XXI Tahun 2021

  • Rachmat Hidayat
  • 05 Agu 2021
Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XX dan XXI Tahun 2021

Jakarta - Kamis (5/8), Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama SDM di pemerintahan mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang memainkan peranan adalah PNS yang memiliki dan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS, mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya, memiliki kesiapan mental serta mampu menjaga sikap dan perilaku disiplin dalam menjaga tugasnya.

Untuk dapat membentuk sosok PNS profesional perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan yang dibentuk secara khusus sesuai perkembangan situasi yang ada. Pembinaan ini dilakukan melalui Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021 secara Learning atau pelatihan jarak jauh yang diadakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG.

Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III diselenggarakan dengan tujuan mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasi kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI dan menunjukan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

Latsar CPNS Golongan III Angkatan XX dan Angkatan XXI dalam pelaksanaannya secara virtual resmi dibuka oleh Sekretaris Utama BMKG Ir. Dwi Budi Sutrisno, MSc. Menurutnya, setiap ASN harus membekali diri dengan berbagai kompetensi yang dibutuhkan, baik di bidang teknis, manajerial dan sosio kultural.

sambungnya, hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS. Selain itu diperlukan upaya antisipasi melalui penguatan birokrasi berkarakter masa depan, yaitu para birokrat dengan karakter proaktif dan bekerja berbasis bukti (Evidence Based), adaptif terhadap perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi, berfokus pada hasil dan kinerja serta berorientasi tinggi terhadap pelayanan kepada masyarakat.

lebih lanjut, Sesuai Tugas dan fungsinya yang tertuang dalam UU No. 31/2009 tentang MKG, BMKG memiliki Visi mendukung keselamatan masyarakat serta keberhasilan pembangunan nasional dan berperan aktif di tingkat internasional dengan motto pelayanan MKG secara cepat, tepat, akurat, luas dan mudah dipahami, papar dwi budi

Oleh karena itu, dwi budi berharap besar kepada para peserta latsar CPNS dapat menghasilkan profil pegawai yang mampu mewujudkan pemerintahan berkelas dunia, belajarlah semaksimal mungkin, terus dan terus belajar, berinovasi sehingga dapat berkontribusi membagi ilmu pengetahuan kepada yang lain, terlebih BMKG saat ini sebagai organisasi di Indonesia harus survive baik di level regional atau dunia, ujarnya.

Pelatihan Dasar CPNS Golongan III diselenggarakan dari tanggal 5 agustus hingga 12 November 2021 terbagi menjadi dua angkatan yakni Angkatan XX dengan jumlah peserta sebanyak 41 orang dan angkatan XXI berjumlah 43 peserta.

Gempabumi Terkini

  • 19 September 2021, 06:38:52 WIB
  • 4.8
  • 42 km
  • 7.47 LS - 106.78 BT
  • Pusat gempa berada di laut 59 Km Tenggara Kab. Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): III Cisurupan, III Cikajang, III Ciamis, III Pangandaran, III Karangnunggal, III Ciherang, III Pangalengan, III Gardu, III Cihurip
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 59 Km Tenggara Kab. Sukabumi
  • Dirasakan (Skala MMI): III Cisurupan, III Cikajang, III Ciamis, III Pangandaran, III Karangnunggal, III Ciherang, III Pangalengan, III Gardu, III Cihurip
  • Selengkapnya →

Siaran Pers