Mahasiswa S-1 Fisika Universitas NU Blitar Pelajari Ilmu Geofisika di Stageof Malang

  • Rozar Putratama
  • 29 Feb 2024
Mahasiswa S-1 Fisika Universitas NU Blitar Pelajari Ilmu Geofisika di Stageof Malang

Malang, (29/2) - Pada hari Kamis, 29 Februari 2024 Stasiun Geofisika Kelas III Malang menerima kunjungan sebanyak 28 mahasiswa/I beserta 6 dosen pendamping dari Program Studi S1 Fisika, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar.

Kunjungan ini dalam rangka Studi Lapangan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam kegiatan proses belajar mengajar serta dapat mengikuti perkembangan teknologi pengukuran di Stasiun Geofisika Kelas III Malang. Rombongan disambut oleh Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Malang, Ma'muri, S. Si., M. TI. dan jajaran Staf Operasional.

Pada kegiatan Studi Lapangan ini, mahasiswa/i diberikan beberapa materi yang terbagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama mahasiswa/i diberikan penjelasan materi tentang pengenalan gempabumi dan tsunami, proses terjadinya serta mitigasinya dan juga diperkenalkan tentang sistem monitoring Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) dan dampak ikutan gempa yang dapat merugikan seperti likuifaksi, longsor, tanah terbelah dan lain sebagainya. Pemberian materi ini disampaikan oleh petugas operasional yaitu Dana Ristanto, S. Si.. Pada sesi ini juga dilakukan tanya-jawab tentang materi yang disampaikan.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu pengenalan peralatan yang ada di Stasiun Geofisika Malang. Yang pertama yaitu pengenalan peralatan Meteorologi yaitu pengenalan peralatan yang ada di Taman Alat Meteorologi dengan pemateri Yeni Kurniawati, S. T.. Di taman alat siswa/i diberikan materi alat-alat meteorologi yang dipakai untuk mengamati unsur cuaca serta bagaimana cara kerjanya yang membuat para siswa/i menjadi antusias dan tertarik dalam belajar. Yang kedua yaitu, pengenalan peralatan Geofisika. Peralatan Geofisika yang dikenalkan antara lain peralatan pengamatan gempabumi beserta software Analisa Seiscomp, peralatan pengamatan listrik udara Nexstorm, peralatan WRS NG, dan Intensitymeter dengan pemateri yaitu, Umi Eka Sabrina, S. Si. dan M. Rizha Alhafiz, S. Tr.. Setelah mendapatkan materi dan mengenal peralatan yang digunakan, acara kunjungan ini kemudian ditutup dengan kegiatan foto bersama.

Kepala Stasiun Geofisika Malang mengucapkan terima kasih kepada pihak universitas yang memfasilitasi mahasiswa/i pada kunjungan Studi Lapangan ini dan semoga bermanfaat khususnya kepada mahasiswa/i terkait gempabumi dan tsunami, mitigasinya, serta perkembangan peralatan pengamatan yang ada di BMKG. Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh dosen perwakilan dari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dan permohonan maaf apabila ada kekurangan.

Dari kegiatan Studi Lapangan ini diharapkan para mahasiswa/i dapat lebih mengenal BMKG khususnya Stasiun Geofisika Malang serta untuk mempersiapkan generasi yang cerdas, siap, dan tangguh dalam menghadapi bencana alam.

Gempabumi Terkini

  • 12 April 2024, 21:43:40 WIB
  • 4.2
  • 5 km
  • 5.69 LS - 112.57 BT
  • Pusat gempa berada di laut 146 km timur laut Tuban
  • Dirasakan (Skala MMI): II Bawean
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 146 km timur laut Tuban
  • Dirasakan (Skala MMI): II Bawean
  • Selengkapnya →

Siaran Pers