Kerja Sama Tentang Akses Pemantauan Kamera CCTV di Airside Bandara Sam Ratulangi Jadi Yang Pertama di Indonesia Antara BMKG dan Angkasa Pura

  • Rachmat Hidayat
  • 11 Apr 2022
Kerja Sama Tentang Akses Pemantauan Kamera CCTV di Airside Bandara Sam Ratulangi Jadi Yang Pertama di Indonesia Antara BMKG dan Angkasa Pura

Manado - Kamis (07/4/2022), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado malakukan penandatanganan perjanjian Kerja Sama dengan PT. Angkasa Pura I Cabang Manado tentang Akses Pemantauan CCTV di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani oleh Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Rio Marthadi dan General Manager PT. Angkasa Pura I Cabang Manado, Minggus E.T Gandeguai. Turut hadir juga Staff pegawai Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi dan para Senior Manager PT. Angkasa Pura di bagian Security dan safety.

Dalam sambutannya, Rio Marthadi menyampaikan bahwa informasi jarak pandang mendatar (visibility) merupakan salah satu informasi cuaca penerbangan yang sangat dibutuhkan Pilot untuk melakukan pendaratan maupun lepas landas pesawat terbang. Seiring dengan perkembangan teknologi di era modern ini, perubahan cuaca juga sangat cepat terjadi entah dari baik menjadi buruk atau sebaliknya. Cuaca di Bandara Sam Ratulangi Manado adalah diantaranya yang memiliki perubahan-perubahan cuaca sangat cepat terjadi karena faktor topografi dll. Kondisi ini dapat mengganggu proses pendaratan maupun lepas landas dan juga keselamatan penerbangan sehingga dibutuhkan informasi jarak pandang yang cepat dan tepat. Kami juga terkendala untuk melihat visibility kearah Selatan karena terhalang oleh bangunan terminal dan area parkir pesawat. Kami berterima kasih kepada PT.Angkasa Pura I Cabang Manado yang memfasilitasi kami untuk mengakses CCTV di area Airside untuk mendukung informasi jarak pandang mendatar.

Minggus E.T Gandeguai dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama ini merupakan kerja sama pertama di Indonesia antara BMKG dan Angkasa Pura tentang akses CCTV di area Airside Bandar Udara. Area ini merupakan area vital yang tidak sembarangan di akses informasinya apalagi informasi kamera pemantau. Namun, untuk keselamatan penerbangan maka kami sangat mendukung perjanjian kerja sama ini. Perjanjian kerja sama ini telah mendapat persetujuan langsung oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara dengan nomor surat HU.201/6/11/DJPU.DKP-2022. Kami berharap kerja sama antara BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado dengan PT. Angkasa Pura Cabang Manado ini dapat ditiru dan diikuti oleh Stasiun Meteorologi dan Angkasa Pura lainnya yang tujuannya yaitu mendukung informasi cuaca untuk keselamatan penerbangan bagi pengguna transportasi udara.

Gempabumi Terkini

  • 21 Mei 2022, 15:29:16 WIB
  • 4.8
  • 31 km
  • 4.61 LS - 102.77 BT
  • Pusat gempa berada di laut 23 km Barat Daya Bengkulu Selatan
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Kota Manna, II Kepahiang, II Krui, II Kemiling, II Liwa
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 23 km Barat Daya Bengkulu Selatan
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Kota Manna, II Kepahiang, II Krui, II Kemiling, II Liwa
  • Selengkapnya →

Siaran Pers