Edukasi Masyarakat Terkait Potensi Bencana Hidrometeorologi, Stasiun Meteorologi Kualanamu Selenggarakan METEONET-DISC #03

  • Hatif Thirafi
  • 20 Okt 2020
Edukasi Masyarakat Terkait Potensi Bencana Hidrometeorologi, Stasiun Meteorologi Kualanamu Selenggarakan METEONET-DISC #03

Deli Serdang - Stasiun Meteorologi Kualanamu kembali menyelenggarakan Seminar Online Cuaca dan Iklim METEONET-DISC, Senin (19/10). Kegiatan seminar online METEONET-DISC seri #03 mengangkat tema "Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Untuk Mitigasi Bencana Hidrometeorologi".

Kegiatan seminar online METEONET-DISC #03 dibuka oleh Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, A. Fachri Radjab, S.Si. M.Si. Dalam opening speech, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG mengapresiasi pelaksanaan kegiatan METEONET-DISC sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

"Aktivitas kegiatan diskusi dan edukasi semacam ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas pegawai dan kualitas layanan BMKG," sebut Fachri.

Sebagaimana rilis BMKG terkait aktivitas La Nina di Samudera Pasifik berdampak pada peningkatan intensitas hujan di wilayah Indonesia dan berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi. Menindaklajuti informasi dari BMKG, Presiden Joko Widodo mengadakan rapat terbatas dengan Kementerian dan Lembaga terkait serta menginstruksikan untuk segera mengantisipasi adanya potensi bencana hidrometeorologi tersebut. Salah satu poin arahan Presiden adalah untuk menyebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepatnya ke seluruh daerah dan masyarakat.

Dalam METEONET-DISC #03 dihadirkan tiga narasumber yang kompeten, yaitu Dr. Indra Gustari, ST, M.Si (Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG) yang menyampaikan informasi iklim untuk antisipasi bencana hidrometeorologi serta update kondisi La Nina. Narasumber kedua adalah Miming Saepudin, M.Si (Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG) yang menyampaikan analisis dinamika cuaca dan layanan cuaca BMKG untuk mitigasi bencana hidrometeorologi. Sedangkan narasumber ketiga adalah Gelora Viva Sinulingga, SE, MM (Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Prov. Sumatera Utara) yang menyampaikan potensi bencana hidrometeorologi dan antisipasi serta mitigasi dengan memanfaatkan informasi meteorologi dan klimatologi BMKG.

Kegiatan seminar online METEONET-DISC#03 diselenggarakan secara live melalui ZOOM Meeting dan YouTube "BMKG Kualanamu" dan diikuti oleh peserta dari UPT BMKG, stakeholder, dan masyarakat dari berbagai wilayah secara nasional.

Adanya kegiatan seminar METEONET-DISC#03 diharapkan dapat memberikan informasi bermanfaat terkhusus untuk meningkatkan antisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi di masa aktifnya La Nina di musim hujan saat ini. Serta untuk me ingkatkan kepedulian terhadap cuaca dan iklim untuk mewujudkan Indonesia tangguh dan siap untuk selamat.

Gempabumi Terkini

  • 25 Nov 2020, 22:20 WIB
  • 5.4
  • 77 km
  • 1.85 LU - 127.28 BT
  • Pusat gempa berada di laut 64 km Barat laut, Halmahera Barat
  • Dirasakan (Skala MMI): II Siau
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 64 km Barat laut, Halmahera Barat
  • Dirasakan (Skala MMI): II Siau
  • Selengkapnya →

Siaran Pers