Bimtek Penguatan Pelaksanaan RB BMKG

  • HB Risya
  • 13 Okt 2021
Bimtek Penguatan Pelaksanaan RB BMKG

Jakarta, Senin, (11/10). Biro Hukum dan Organisasi BMKG Menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Reformasi Birokrasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Bimtek RB BMKG) yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Utama BMKG Ir. Dwi Budi Sutrisno, M.Sc. Latar Belakang diselenggarakannya Kegiatan Bimtek ini adalah agar pelaksanaan reformasi birokrasi di BMKG dapat berjalan secara efektif, efisien, terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga dan berkelanjutan.

Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG Mohamad Muslihhuddin, S.H, M.H selaku Ketua Panitia Kegiatan dalam Laporannya menyampaikan, Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah antara lain, untuk mengevaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi di BMKG, kemudian mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki dan upaya perbaikannya dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di BMKG tahap berikutnya, dan untuk mendapatkan masukan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) selaku kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Sedangkan Sekretaris Utama BMKG dalam sambutan Pembukaannya menyampaikan beberapa poin Sasaran Reformasi Birokrasi 2020-2024, antara lain Birokrasi yang bersih dan akuntabel melalui Deregulasi, Akuntabilitas, Pengawasan, kemudian Birokrasi yang kapabel dengan Manajemen Perubahan, Organisasi, Tatalaksana, dan dengan Pelayanan Publik yang Prima dengan peningkatan SDM Aparatur, serta Pelayanan Publik.

Dwi Budi juga berpesan dari kegiatan ini diharapkan out put yang positif antara lain, meningkatnya pemahaman peserta dalam implementasi Reformasi Birokrasi di Lingkungan BMKG, kemudian diharapkan dapat memperkaya masukan dalam menyusun rencana aksi perbaikan berkelanjutan bagi pelaksanaan Reformasi Birokrasi periode atau tahun berikutnya, dan peserta juga dapat menyusun rencana Reformasi Birokrasi yang terintegrasi dengan perencanaan kinerja dan anggaran berdasarkan Visi dan Misi lembaga, serta meningkatnya Nilai Capaian Reformasi Birokrasi dan SAKIP di BMKG, tutupnya.

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) yang diwakili oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II dan Tim, adapun Peserta Bimtek berjumlah 19 orang, yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi di Lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dari 8 kelompok kerja, Ketua dan sekretaris Tim Task Force SAKIP BMKG dan Kepala Bagian Perlengkapan dan Barang Milik Negara.

 

Gempabumi Terkini

  • 26 Oktober 2021, 06:19:40 WIB
  • 3.2
  • 4 km
  • 8.06 LS - 110.43 BT
  • Pusat gempa berada di darat 19 km tenggara Bantul
  • Dirasakan (Skala MMI): II Bantul, II Gunung Kidul
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 19 km tenggara Bantul
  • Dirasakan (Skala MMI): II Bantul, II Gunung Kidul
  • Selengkapnya →

Siaran Pers