Analisis Dinamika Atmosfer dan Laut Dasarian II Mei 2017

  • Mohammad Ridwan
  • 24 Mei 2017

PREDIKSI DASARIAN III MEI 2017

  • Aliran massa udara di wilayah Indonesia didominan Angin Timuran, terdapat pertemuan angin disekitar perairan barat Sumatera dan pelambatan angin disekitar Kalimantan bag Selatan dan Tengah, yang mendukung penambahan massa uap air dan pembentukan awan hujan diperkuat dengan kuatnya monsoon Asia, dan peluang MJO aktif di pase 2 diakhir Mei 2017, yang menguatkan wilayah konvektif dibagian Barat perairan Indonesia, namun kurang didukung dengan anomali SST yang cendrung normal di bagian barat Indonesia.
  • Prediksi curah hujan disebagian besar wilayah Indonesia pada kisaran menengah sampai tinggi (50-300mm/Dasarian), kecuali Jawa, Bali, Nusa Tenggara sampai bagian selatan Papua sekitar Meuroke pada kisaran rendah ( < 50mm/Das), Sifat Hujan didominasi Atas Normal (AN) hamper disebagian besar wilayah Indonesia kecuali Jawa Normal sampai Atas Normal, NTT bagian selatan dan Timur sekitar P. Sumba dan P. Timor relatif kering.
  • Wilayah yang mengalami HTH lebih dari 40 Hari (Sangat Panjang) diantaranya : Jawa Timur (Jember), NTB (Bima, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat), NTT (Sumba Tiumur, Kuoang).
PREDIKSI BULAN JUNI 2017
  • Prediksi Curah Hujan Sebagian besar Curah hujan pada kisaran rendah sampai menengah (20-150mm/bulan) Mulai bagian selatan Papua sekitar Meuroke, Nusa Tenggara, Bali Jawa sampai Sumatera, sedangkan Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua pada kisaran Menengah (100-400mm/bulan). Sifat Hujan Bawah Normal berpeluang disekitar Kalimantan bagian Barat dan Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua bag.selatan.
  • Curah Hujan tinggi selama DAS III Mei 2017 berpeluang terjadi di sekiatar Aceh dan Sumut bagian pesisir utara, Pesisir selatan Sumbar dan Bengkulu, sebagian besar Kalimanatan Sulawesi bagian tengah dan Utara, Kepulauan Maluku, Papua bagian tengah dan sebagian besar Papua Barat.
- Klik tautan ini jika PDF di atas tidak muncul.