Syarat dan Ketentuan Pembuatan Email BMKG

Pengantar

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BMKG. Sehingga dapat meningkatkan citra positif kepada publik serta demi terciptanya tertib administrasi secara elektronik, dan berdasarkan peraturan perundang-undangan, maka PUSJARKOM BMKG menyediakan Layanan Email. Email yang dimaksud yakni akun dengan <username>[at]bmkg.go.id.

Perubahan Perjanjian

PUSJARKOM BMKG sesekali dapat melakukan perubahan pada Ketentuan Layanan karena alasan yang sah, seperti meningkatkan fungsi atau fitur yang ada atau menambahkan fungsi atau fitur baru ke Layanan, dan penyesuaian teknis yang wajar pada Layanan, memastikan pengoperasian keamanan Layanan, dan karena alasan hukum atau peraturan. Saat PUSJARKOM BMKG melakukan perubahan yang signifikan pada Ketentuan Layanan, PUSJARKOM BMKG akan memberikan pemberitahuan yang sesuai dengan keadaan, misalnya dengan menampilkan pemberitahuan penting atau dengan mengirimkan email kepada Anda.

Ketentuan Layanan

  1. Email Individu/Perorangan
    1. Penggunaannya diperuntukkan bagi para pegawai aktif BMKG (Pusat, Balai Besar dan Stasiun)
    2. Penamaan username berupa:
      1. nama_depan[at]bmkg.go.id (Jika terdiri hanya satu nama);
      2. nama_depan[dot]nama_belakang[at]bmkg.go.id atau sebaliknya (jika terdiri dari 2 nama atau lebih);
      3. nama_depan[dot]angka[at]bmkg.go.id jika username telah digunakan oleh pengguna aktif lain.

    3. Jumlah karakter username apabila melebihi 20 karakter, maka boleh hanya menggunakan satu nama saja.
    4. Penamaan username tidak boleh sama dengan username yang telah digunakan oleh pegawai aktif.
    5. Kuota yang diberikan adalah sebesar 3 GB.
    6. Pembuatan email individu menggunakan link pendaftaran online yang ada pada tautan https://bmkg.go.id/email/form.bmkg.

  2. Email Non Individu
    1. Penggunaannya diperuntukkan bagi unit kerja yang ada di BMKG, penamaan username email yakni : [at]bmkg.go.id
    2. Penggunaannya diperuntukkan bagi publik agar username mudah diingat atau ditulis dan tidak memiliki makna lain. Penamaan username email yakni : [at]bmkg.go.id
    3. Kuota yang diberikan adalah sebesar 3 GB.
    4. Alamat Email Grup / Mailing List adalah suatu alamat email yang diperuntukkan untuk internal atau publik di BMKG dalam melakukan suatu kegiatan saling berbagi maupun tukar menukar berbagai macam informasi dari dan atau ke anggota milis. Adapun pesan yang di kirimkan menuju alamat sebuah milis dengan cara otomatis yang selanjutnya akan di teruskan ke alamat email dari setiap anggotanya. Prosedur penerimaan dan pengiriman milis dari dan atau ke anggota group milis diatur oleh admin milis.
    5. Pembuatan email non individu menggunakan surat pengantar dan form pendaftaran email non individu yang ditujukan kepada Kepala Pusat Jaringan Komunikasi dengan tembusan ke Deputi Instrumentasi Kalibrasi dan Jaringan Komunikasi. Dan dikirimkan email Operasional Teknologi Informasi (support@bmkg.go.id).

  3. Mailing List (Milis)

Penghentian Layanan

PUSJARKOM BMKG dapat menghentikan penggunaan layanan, secara otomatis melalui sistem ataupun secara manual melalui administrator terkait dengan hal-hal berikut :
  1. Pengguna tidak pernah login. Sistem secara otomatis akan menonaktifkan akun, jika selama 3 bulan tidak pernah melakukan akses;
  2. Kuota pengguna penuh. Sistem secara otomatis akan memberikan notifikasi pada inbox pengguna, jika kuota yang diberikan sebesar 3 Gb telah digunakan sebanyak 95%, dan pangguna menjadi tidak dapat menerima email;
  3. Pengguna menyebarkan spam. Sistem secara otomatis akan menonaktifkan akun dan administrator berhak menonaktifkan secara manual ketika akun email BMKG terindikasi digunakan penyebar spam, untuk mengaktifkan kembali dapat melalui pendaftaran online yang ada pada tautan https://bmkg.go.id/email/form.bmkg.
  4. Dipergunakan untuk keperluan selain dinas. Akun akan dinonaktifkan oleh administrator (JFT OTI)

Dukungan Pengguna

Untuk dukungan pengguna dapat ditujukan melalui alamat email Operasional Teknologi Informasi (support@bmkg.go.id). Kami akan melakukan upaya yang wajar untuk menanggapi semua Pertanyaan Dukungan Pengguna dalam jangka waktu yang wajar, tetapi kami tidak berjanji bahwa Pertanyaan Dukungan Pengguna akan ditanggapi dalam kurun waktu tertentu dan/atau bahwa kami akan dapat memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.