Ravalnas BMKG 2023 - Evaluasi Anggaran BMKG untuk Mewujudkan Perencanaan yang Efisien, Efektif, Akuntabel dan Berkualitas

  • Ibrahim
  • 21 Jan 2023
Ravalnas BMKG 2023 - Evaluasi Anggaran BMKG untuk Mewujudkan Perencanaan yang Efisien, Efektif, Akuntabel dan Berkualitas

Jakarta (19/01) - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika menyelenggarakan kegiatan Rapat Evaluasi Nasional (Ravalnas) selama 3 hari , 19-21 Januari 2023 yang diselenggarakan di Hotel Le Meridien Jakarta, Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir dari rangkaian Siklus Kegiatan Perencanaan BMKG yang di laksanakan setiap tahunnya.

Dengan mengambil tema "Evaluasi Anggaran BMKG untuk Mewujudkan Perencanaan yang Efisien, Efektif, Akuntabel dan Berkualitas", penyelenggaran Ravalnas yang diselenggarakan selama 3 hari secara Hybrid sukses terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak. Turut hadir Pejabat Tinggi Pratama BMKG Pusat, Para Kepala Stasiun MKG Koordinator Provinsi,Para Koordinator di lingkungan BMKG Pusat, Kepala Satuan Kerja Daerah. Serta PPK Pusat dan Daerah, dan Taskforce Perencanaan Penganggaran yang hadir secara online.

Dari Kegiatan Ravalnas ini diharapkan dapat memperoleh rekomendasi dan persamaan persepsi antara pusat dan daerah terkait kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan baik berupa kebijakan sumberdaya pembangunan, sistem penganggaran, strategi pelaksanaan dan sistem pengawasan untuk mencapai tujuan BMKG.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para Pelaku Pembangunan MKG di seluruh Indonesia, khususnya Kepala Stasiun MKG, Kepala Balai Besar MKG Wilayah I s/d V dan Kepala Unit Kerja Tingkat Pusat atas semua yang dilakukan untuk BMKG pada tahun 2022.

Dwikorita menyampaikan bahwa Forum ini terselenggara selain untuk melakukan refleksi yang sudah kita capai dan melihat kendala yang dihadapi pada tahun 2022, juga sebagai bahan masukan dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan di tahun 2023.

Lebih Lanjut, Dwikorita menjelaskan bahwa Tahun 2023 merupakan tahun keempat dalam pelaksanaan Rencana Strategis BMKG Tahun 2020-2024, dan sesuai dengan Roadmap BMKG Tahun 2023 bahwa BMKG akan meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia dan para stakeholders terhadap layanan informasi BMKG dengan mengoptimalkan Big Data, AI dan Implementation Smart Intellegence Information System 5.0 yang didukung dengan SDM BMKG yang siap untuk level kelas dunia.

Dwikorita berharap, untuk mendukung Rencana Strategis dan Roadmap BMKG terlaksana menuju level kelas dunia, segenap pelaku pembangunan MKG harus bekerja dengan mengedepankan "Trust" kepada Publik. Publik harus memiliki Kepercayaan terhadap informasi yang dikeluarkan BMKG. sehingga hasilnya dapat meningkatkan pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap informasi BMKG yang cepat, tepat, akurat, luas jangkauan, mudah dipahami untuk mitigasi bencana hidrometeorologi, gempabumi dan tsunami demi mewujudkan zero victims.

Dalam Laporannya, Aries Erwanto selaku Kepala Biro Perencanaan menyatakan bahwa adapun hasil rekomendasi Ravalnas ini akan digunakan dalam penyusunan kebijakan tahun berikutnya (tahun 2024), yang akan dibahas dalam RAPERNAS Tahun 2023 yang rencananya dilaksanakan pada Minggu II bulan Februari tahun 2023, dilajutkan dengan RAKORPROV pada minggu III Februari 2023, dan RAKORWIL pada minggu akhir Februari s/d minggu II Maret 2023.

Gempabumi Terkini

  • 05 Februari 2023, 18:43:23 WIB
  • 3.0
  • 7 km
  • 2.42 LS - 140.68 BT
  • Pusat gempa berada di laut 13 km BaratLaut Kota Jayapura
  • Dirasakan (Skala MMI): II Kota Jayapura
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 13 km BaratLaut Kota Jayapura
  • Dirasakan (Skala MMI): II Kota Jayapura
  • Selengkapnya →

Siaran Pers