Layanan Jaringan Komunikasi

A. TERSEDIANYA DOKUMEN LAYANAN JARINGAN KOMUNIKASI

  1. SOP di Lingkungan Pusat Jaringan Komunikasi
  2. Sertifikat ISO/IEC 27001: 2013 (Keamanan Informasi)
  3. Dokumen Kebijakan Keamanan Informasi
  4. Dokumen Layanan VSAT Mandiri
Berkas dokumen dapat menghubungi Sub Bidang Manajemen Teknologi Komunikasi di ext.1714/1720

B. PENGELOLAAN PENGGUNAAN IZIN FREKUENSI / KONSENSI RADIO

Prosedur Pengelolaan penggunaan ISR ini ditujukan untuk memandu proses pengajuan Izin Stasiun Radio (ISR) Baru, Mutasi Izin Stasiun Radio dan Penggudangan Izin Stasiun Radio pada perangkat komunikasi yang akan menggunakan, memanfaatkan pita dan atau kanal frekuensi yang terdapat di Kantor BMKG Pusat dan seluruh UPT BMKG.

Pengelolaan Pengunaan Izin Frekuensi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang terdiri dari :

  • Izin Stasiun Radio (ISR) Baru
  • Mutasi Izin Stasiun Radio (ISR)
  • Penggudangan Izin Stasiun Radio (ISR)
isr_baru

Mutasi ISR

Penggudangan-ISR

C. PERMOHONAN PEMASANGAN JARINGAN VSAT MANDIRI

Prosedur ini sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan khususnya dalam hal pemasangan jaringan VSAT Mandiri di lingkungan BMKG, dan memastikan bahwa kegiatan pengelolaan VSAT Mandiri dilaksanakan sesuai dengan kebijakan keamanan informasi yang berlaku.

pemasangan_vsat

D. PENANGANAN GANGGUAN JARINGAN VSAT MANDIRI

Prosedur ini sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan khususnya dalam hal penanganan gangguan jaringan VSAT Mandiri di lingkungan BMKG

gangguan_vsat

E. PERMINTAAN IP ADDRESS

Prosedur Permintaan IP Address ini dimaksudkan untuk memandu proses permintaan IP Address dan memudahkan user atau calon user mendapatkan IP Address dengan cara yang benar dan tertata dengan baik agar user mendapatkan porsi IP Address sesuai kebutuhan operasional.

permintaan_ip

Form permintaan layanan jaringan dapat diunduh disini

F. KATALOG LAYANAN PUSAT JARINGAN KOMUNIKASI

NO. LAYANAN DEFINISI
1. LAYANAN PUSAT (LAN / WIFI & INTERNET) Layanan Jaringan LAN meliputi layanan LAN dan Internet di kantor pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Tujuan layanan ini adalah untuk terwujudnya layanan jaringan komunikasi yang handal di kantor pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Layanan jaringan LAN meliputi:
  1. Wi-Fi
  2. Pengkabelan
  3. Router dan modem
  4. Bandwidth
  5. MPLS
2. LAYANAN VSAT MANDIRI Layanan VSAT Mandiri dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan kepada ISP. Jaringan VSAT Mandiri di lingkungan BMKG dipasang dan dikelola oleh Pusat Jaringan Komunikasi BMKG. Pusat Jaringan Komunikasi bertanggung jawab untuk pemasangan dan penanganan gangguan VSAT Mandiri.
3. PENGELOLAAN SERVER Pengelolaan server di BMKG dipusatkan pada Pusat Jaringan Komunikasi. Server-server dari kedeputian, pusat dan UPT ditempatkan dalam satu area agar terkondisi.
4. APLIKASI WEB Aplikasi yang menggunakan internet melalui web browser sebagai sarana keterbukaan informasi publik. Aplikasi web BMKG adalah www.bmkg.go.id, yang memberikan layanan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika serta informasi lainnya yang terkait dengan BMKG kepada masyarakat.
5. APLIKASI MOBILE Aplikasi yang dapat dijalankan atau digunakan dengan menggunakan internet pada perangkat nirkabel atau smarphone sehingga memungkinkan untuk dilakukannya mobilitas. Aplikasi mobile yang digunakan BMKG saat ini adalah Info BMKG yang dapat diunduh di PlayStore untuk Android dan di App Store untuk iOS.
6. DNS DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS ini yang akan mengkonversi nama suatu situs web menjadi IP Address dan sebaliknya.
7. IP ADDRESS Internet Protocol Address atau disingkat IP Address adalah deretan angka biner yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet berbasis TCP/IP. Untuk memudahkan pembacaan oleh manusia maka biasanya deretan biner tsb ditulis dalam format decimal. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6).
8. EMAIL SERVER Server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail satu sama lain dalam stu jaringan atau dengan internet. layanan ini menggunakan arsitektur client-server, Artinya ada aplikasi client mengakses server email. Protocol yang umum digunakan adalah protocol SMTP (SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL), pop3 (post office protocol v3) imap smtp digunakan sebagai setandar untuk menampung data mendistribusikan email. sedangkan pop3 dan imap digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote.
9. SUPPORTING WEB Perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung layanan web dan hosting.
10. CMSS DAN TRANSMET CMSS : Computerize Message Switching System, Sistem Pengiriman Pesan Terkomputerisasi, adalah aplikasi untuk komunikasi data atau pesan (message) berbasiskan TCP/IP yang terpasang di BMKG Pusat, Cengkareng dan Lima Balai Besar BMKG. Transmet dengan apilkasi AMSS, Automatic Message Switching System, Sistem Pengiriman Pesan Otomatis adalah aplikasi untuk komunikasi data atau pesan (message) yang terpasang di BMKG Pusat, Cengkareng dan Lima Balai Besar BMKG. AMSS identik dengan CMSS hanya lebih canggih dari sisi teknologi.
11. SEWA KOMUNIKASI Dalam rangka menyediakan sewa sewa jalur komunikasi fiber optic dan Radio Link dari BMKG ke Gedung Cyber sebagai pusat komunikasi internet Indonesia dan terhubung ke switch IIX atau Open IXP dengan banyak provider sebagai penyeimbang dan pembanding saluran komunikasi.
12. SISTEM KOMUNIKASI RADAR Sistem pemantauan Radar Cuaca dan Analisis Parameter Cuaca (APC) yang berbasis jaringan dan beroperasi 24 jam per hari, memerlukan sistem, prosedur, mekanisme operasional. Menjamin tersedianya jaringan komunikasi data baik menggunakan media teresterial maupun satelit beserta dengan sarana pendukungnya untuk keperluan operasional sistem pemantauan Radar Cuaca dan Analisis Parameter Cuaca (APC) BMKG.
13. STREAMING DAN VICON Streaming adalah sebuah teknologi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara Real Time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital berupa (video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus. Video conference (Vicon) adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. Streaming dan vicon digunakan BMKG sebagai sarana komunikasi untuk melakukan interaksi antar internal BMKG maupun external BMKG.
14. SISTEM KOMUNIKASI OBSERVASI METEOROLOGI Sistem komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan data2 observasi (pengamatan) meteorologi yang dihasilkan oleh UPT Meteorologi yang tersebar di seluruh wilayah indonesia dengan sistem CMSS.
15. SISTEM KOMUNIKASI OBSERVASI KLIMATOLOGI (AWS, ARG, AAWS) AWS merupakan suatu peralatan atau sistem terpadu yang di didesain untuk pengumpulan data iklim secara otomatis.

Penakar hujan otomatis atau Automatic Rain Gauge (ARG) adalah peralatan yang digunakan untuk menghitung jumlah curah hujan dalam satuan waktu tertentu secara otomatis dengan bantuan baterai sebagai sumber tenaganya. Pengenalan peralatan ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana peralatan ini beroperasi, bagaimana pemasangannya, bagaimana melihat datanya dan bagaimana mengambil datanya.

AAWS (Automatic Agroclimate and Weather Station) atau Pos Pemantau Otomatis Agroklimat dan Cuaca adalah alat yang dipasang BMKG untuk mengamati unsur-unsur cuaca dan iklim secara otomatis untuk pemanfaatannya diarahkan ke sektor pertanian. Peralatan observasi agroklimat otomatis menghasilkan data agroklimat di lokasi tersebut dan sekitarnya yang pengelolaannya bekerja sama dengan instansi lain dari sektor pertanian.

16. SISTEM KOMUNIKASI GEOFISIKA Kompleksitas sistem jaringan komunikasi BMKG yang tinggi menuntut adanya sarana komunikasi yang khusus digunakan untuk proses diseminasi informasi Geofisika. Menyediakan sistem jaringan komunikasi yang dikhususkan untuk sarana diseminasi peringatan dini BMKG.
  1. DVB
  2. Sirine
  3. BGAN
  4. CCTV
17. CLOUD COMPUTING Cloud Computing (Computasi awan) adalah merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer(komputasi)dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsiuntuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama.
18. DUKUNGAN SISTEM INATEWS Sistem peringatan dini tsunami yang komprehensif, yang di dalamnya telah diterapkan teknologi baru yang dikenal dengan Decision Support System (DSS). DSS adalah sebuah sistem yang mengumpulkan semua informasi dari hasil sistem monitoring gempa, simulasi tsunami, monitoring tsunami dan deformasi kerak bumi setelah gempa terjadi.
19. DUKUNGAN SISTEM STRENGTHENING Jaringan komunikasi yang mendukung kegiatan Strengthening BMKG Climate and Weather Service Capacity, yang merupakan kegiatan kerjasama antara BMKG dengan negara Perancis yang membangun sistem layanan informasi berkelas Internasional untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan sistem informasi cuaca dan iklim yang cepat, tepat, akurat, luas dan mudah dipahami, serta untuk memperkuat dan memperluas jangkauan layanan info cuaca dan iklim BMKG yang mencakup seluruh aspek operasional lembaga meteorologi. Mulai dari observasi, pengolahan data, analisis dan diseminasi kepada para pengguna jasa. Produk dari Sistem Strengthening adalah Transmet, CIPS, Clisys, dan Synergie.
20. DUKUNGAN SISTEM CEWS Jaringan komunikasi yang mendukung sistem peringatan dini iklim BMKG yaitu sistem untuk berkontribusi terhadap pemantauan iklim dan memberikan informasi iklim yang tepat waktu dan layanan untuk peringatan dini dan mitigasi terhadap dampak buruk akibat kejadian iklim ekstrim di berbagai sektor sosial-ekonomi. Dan produk peringatan dini ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi pengguna untuk melakukan kegiatan mitigasi dan adaptasi sektor yang terkait untuk pembangunan berkelanjutan di negara Indonesia.
21. DUKUNGAN SISTEM MEWS Meningkatkan kualitas dan kecepatan akses pertukaran dan pengolahan data Meteorologi.
22. LAYANAN SYNERGIE Menyediakan data meteorologi, berinteraksi secara real time, dan menampilkan informasi yang relevan dalam satu klik. Mengkombinasikan pengamatan, data satelit, citra radar, dan output model untuk meningkatkan kemampuan nowcasting dan terintegrasi dengan baik antara semua data meteorology.
23. SOSIAL MEDIA Media yang digunakan oleh BMKG untuk berinteraksi dengan masyarakat secara online dalam menyampaikan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika secara cepat, tepat dan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Social media yang digunakan BMKG saat ini adalah Twitter, Facebook, Youtube, dan Google+.
24. WIGOS WMO Integrated Global Observing System (WIGOS) adalah pendekatan menyeluruh dalam hal peningkatan dan evolusi System Observasi Global WMO.
25. WIS DPCP dan CBS Meeting WMO Information System (WIS) adalah Layanan Sistem Informasi WMO yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari Global Telecommunication System (GTS). Jika GTS bersifat terbatas aksesnya hanya pada institusi Meteorologi pada negara anggota WMO, maka WIS bersifat terbuka untuk umum dan diakses via Internet berupa tampilan Web. DCPC : Data Collection or Production Centres adalah level kedua dari hirarki pada WIS yang berfungsi sebagai Pengumpul Data dan atau Pusat Produksi (Informasi). BMKG berfungsi sebagai dcPC atau Pusat Produksi Informasi yang diolah dari berbagai hasil observasi yang dimiliki BMKG dan juga produk-produk dari negara lain. Commission for Basic Systems (CBS) adalah Komisi pada WMO yang tugas utamanya adalah pengembangan, implementasi dan operasional dari System Observasi Terintegrasi, Pemrosesan Data, manajemen data dan komunikasi data dan Provisi dari Layanan Cuaca Publik (PWS).
26. ADMINISTRASI TATA USAHA Mengelola pencatatan, pengumpulan, penyimpanan data, dan dokumen yang dapat dipergunakan untuk membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan, urusan surat menyurat serta laporan mengenai kegiatan tersebut.
27. BIMTEK Kegiatan dimana para peserta diberi pelatihan- pelatihan yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta sehingga dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kinerja.
28. KOORDINASI KERJASAMA Melakukan koordinasi kerjasama dalam melakukan kegiatan yang terkait dengan BMKG baik kerjasama antar internal BMKG maupun kerjasama dengan instansi lain.
29. IJIN FREKUENSI KONSENSI RADIO Izin Stasiun Radio atau ISR adalah perizinan yang dikeluarkan oleh Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika sebagai salah satu jenis izin penggunaan spektrum frekuensi radio dan orbit satelit. Spektrum frekuensi radio adalah sumber daya alam terbatas yang dikuasai oleh negara dan pengaturannya dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi dan penggunaannya wajib memiliki Izin Stasiun Radio. Pengelolaan ISR meliputi :
  1. ISR Baru
  2. Mutasi ISR
  3. Penggudangan ISR
30. INVENTARISASI ASET PERALATAN Pencatatan atau pendaftaran aset Teknik BMKG ke dalam suatu daftar inventaris aset secara tertib dan teratur menurut ketentuan dan tata cara yang berlaku.
31. PENGELOLAAN ATURAN TEKNIS (SOP, TTP, MOU, DLL) Mengelola peraturan-peraturan yang terkait dengan kegiatan teknis BMKG.
Jakarta, 4 Oktober 2016

Kepala Pusat Jaringan Komunikasi

Ir. EDWARD TRIHADI, MSEM.