SLI Tahap 2 Kab. Samosir

  • Rozar Putratama
  • 13 Mar 2019
SLI Tahap 2 Kab. Samosir

Bertempat di Hotel Rogate Kabupaten Samosir, Stasiun Klimatologi Deli Serdang menyelenggarakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) tahap II sebagai bentuk upaya BMKG dalam meningkatkan literasi iklim dan desiminasi informasi iklim untuk pertanian, sesuai dengan program Nawacita Pemerintah, yaitu program nawacita ketujuh untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Sekolah Lapang Iklim merupakan suatu bentuk pendekatan yang memberdayakan petani dan penyuluh untuk memahami dan memanfaatkan informasi iklim secara efektif dalam mendukung pertanian dan dalam mengantisipasi iklim ekstrim. Sebagaimana diketahui bahwa produk informasi iklim bermanfaat untuk mendukung berbagai kegiatan, terutama sektor pertanian dan perkebunan.

Kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) merupakan suatu kegiatan interaktif menggunakan metode Belajar Sambil Praktek (Learning by doing). Melalui kegiatan SLI ini, BMKG berkeinginan untuk mensosialisasikan pentingnya informasi iklim dalam mendukung kegiatan pertanian di Indonesia. Selain itu, kegiatan SLI merupakan cara BMKG sebagai penyedia informasi dan petani sebagai end-user berinteraksi melalui penyuluh petani lapangan. Sekolah Lapang Iklim ini mengangkat tema " Informasi Iklim Yang Cepat, Tepat, Akurat, Luas Dan Mudah Dipahami Untuk Mendukung Ketahanan Pangan". Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari, yaitu tanggal 01 Maret 2018, yang diikuti oleh 80 orang peserta dan dibuka oleh Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I Medan yaitu Edison Kurniawan, S. Si, M. Si.

Edison Kurniawan, S. Si, M. Si menyampaikan bahwa pada beberapa tahun terakhir kondisi iklim yang sangat beragam merupakan tantangan utama dalam pengelolaan di berbagai sektor terutama terganggunya ketahanan pangan di sektor pertanian. Oleh karena itu BMKG melakukan pendekatan guna mengantisipasi atau mengatasai masalah iklim tersebut dengan menambah pelayanan digital untuk mempermudah dan mempercepat informasi pelayanan untuk masyarakat, salah satunya pelayanan terhadap petani. Penyebaran informasi cuaca dan iklim dengan cara digital akan meningkatkan pelayanan terhadap petani di seluruh Indonesia. Sehingga petani bisa mendapatkan informasi terkait cuaca, iklim dan kualitas udara dengan lebih cepat dengan memanfaatkan mobile phone. Dengan peningkatan layanan digital maka ketahanan pangan di Indonesia juga bisa semakin ditingkatkan.

Beberapa pelayanan digital telah dilaksanakan oleh Stasiun Klimatologi Deli Serdang yaitu: web resmi http://bmkgsampali.net/ dan Aplikasi MANDAPOT (Manajemen Data dan Pelayanan Jasa Online Terpadu) untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan data dan informasi. Melalui Aplikasi ini masyarakat dapat melakukan permohonan data dari rumah dengan mengakses web iklimsumut.info. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan layanan secara online.

Melalui serangkaian kegiatan ini, Klaus Johannes Apoh Damanik selaku Kepala Stasiun Klimatologi Deli Serdang berharap dengan terselenggaranya kegiatan SLI dapat meningkatkan pengetahuan terkait cuaca dan iklim serta dapat bertukar pikiran antar stakeholder dan penyuluh pertanian demi peningkatan pelayanan jasa klimatologi ke depannya.

Sementara itu, Angota Komisi V DPR RI, drh Jhoni Allen Marbun, MM berharap peserta SLI bisa terus didik sehingga para peserta hasil SLI ini bisa menularkan pengetahuannya kepada petani-petani lainnya. Beliau berharap peserta SLI tetap menjaga hubungan dengan BMKG dan terus memperbaharui ilmu mereka terkait cuaca dan iklim.

  • 22 Mar 2019, 10:16:38 WIB
  • 5.1
  • 48 Km
  • 8.94 LS - 124.03 BT
  • 23 Mar 2019, 02:10:48 WIB
  • 4.5
  • 10 Km
  • 2.21 LS 120.52 BT
  • Pusat gempa berada di darat 61 km timur laut Luwu Utara
  • Dirasakan (Skala MMI) : II-III Masamba,
  • Selengkapnya →

Siaran Pers