Puncak Event Sail Sabang 2017

  • Ayu Isrianti Putri
  • 04 Des 2017
Puncak Event Sail Sabang 2017

Sabang - (02/12/17) Kegiatan pembukaan Puncak Event Sail Sabang 2017 telah selesai dilaksanakan dengan baik dan sukses. Dalam kesempatan ini turut hadir Pimpinan BMKG Pusat yang diwakili oleh Ibu Nelly Florida Riama, M.Si selaku Kepala Pusat Meteorologi Maritim. Turut hadir dalam kegiatan ini Bapak Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan (Edison Kurniawan, S.si, M.Si), Koordinator Stasiun MKG Propinsi Aceh (Fahrurrazi, SP) serta Kabid Datin (Syahnan); Irwansyah Nasution, ST, M.Si; Edi Darlupti; Eridawati, SE, MM; Wahyudin, SP, M.Si; dan Siswanto, ST, M.Si.

Dalam persiapan menjelang puncak pembukaan Event Sail Sabang 2017, Stasiun Meteorologi Cut Bau Maimun Saleh telah memberikan dukungan melalui beberapa rangkaian kegiatan. Layanan informasi MKG secara nyata dihadirkan melalui :

  1. Paparan prospek kondisi cuaca menjelang Sail Sabang 2017, dilaksanakan di kantor DISBUDPAR Propinsi Aceh.
  2. Paparan Final kondisi cuaca tanggal 2 Desember 2017 di depan Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya Oleh Stamet Cut Bau Maimun Saleh Sabang (sekretariat panitia Sail Sabang 2017) berlokasi di kantor Walikota Sabang.
  3. Pemasangan Portable AWS di lokasi puncak Sail Sabang 2017 (pelabuhan dermaga CT-3) untuk mendukung kegiatan gladi dan pertunjukan Jupiter Aerobatic Team (JAT), Penerjun Payung dan Paramotor.
  4. Briefieng pagi kepada Pilot, Penerbang JAT, Peterjun dan Atlet Paramotor di Pangkalan Udara Maimun Saleh Sabang oleh Forecaster Stamet Cut Bau Maimun Saleh Sabang.
  5. Pemberian layanan informasi khusus dalam format NDF untuk prakiraan cuaca lokasi wisata dan informasi tinggi gelombang di perairan Banda Aceh - Sabang.
  6. Serta mendiseminasikan layanan informasi prakiraan cuaca rutin harian, yang secara keseluruhan informasi tersebut di sebarluaskan melalui WAG SAIL SABANG 2017 (tergabung seluruh panitia dari Kementerian/Lembaga, TNI/Polri, para Dirjen serta Sesmenko pariwisata dan sesmenko maritim).
Selain kegiatan di atas, Stasiun Meteorologi Cut Bau Maimun Saleh Sabang turut serta membuka Posko Layanan Informasi MKG yang berada di Bandara Maimun Saleh Sabang dan Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang. Seluruh kegiatan posko berpusat dan dikendalikan dari ruang operasional Stasiun Meteorologi Cut Bau Maimun Saleh Sabang.

Dalam kesempatan ini BMKG Sabang bersama dengan Stamet Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, telah menghantarkan kegiatan Puncak Pembukaan Sail Sabang 2017 dengan baik dan sukses. Susksesnya pelaksanaan Event Sail Sabang 2017 tidak terlepas dari dukungan BMKG pusat melalui release informasi "Peringatan Dini Potensi Kenaikan Gelombang Tinggi dan Potensi Angin Kencang" yang berada di wilayah Aceh dan perairan Pulau Sabang yang disampaikan secara khusus kepada Menteri Pariwisata.

Dengan adanya release peringatan dini menjelang puncak pembukaan Sail Sabang 2017, telah membukakan mata para pimpinan tinggi di Negara Indonesia bahwa dalam penentuan dan perencanaan kegiatan, agar selalu dilatarbelakangi dengan layanan informasi MKG. (Cr : Stasiun Meteorologi Cut Bau Maimun Saleh).

  • 16 Des 2017, 07:22:28 WIB
  • 5.7 SR
  • 10 Km
  • 8.09 LS - 106.76 BT
  • 16 Des 2017, 07:22:28 WIB
  • 5.7 SR
  • 10 Km
  • 8.09 LS 106.76 BT
  • Pusat gempa berada di laut 129 km baratdaya Garut
  • Dirasakan (Skala MMI) : II Pelabuhan Ratu, II Pengalengan, II Cimahi, II Bogor,
  • Selengkapnya →

Siaran Pers & Info Aktual