Pembukaan Rapat Rekonsiliasi Laporan Keuangan BMKG Semester II Tahun 2017 BBMKG Wilayah II

  • Murni Kemala Dewi
  • 16 Jan 2018
Pembukaan Rapat Rekonsiliasi Laporan Keuangan BMKG Semester II Tahun 2017 BBMKG Wilayah II

Solo - Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun 2017 Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II (BBMKG Wilayah II) diikuti oleh 201 orang peserta yang berasal dari seluruh UPT di Lingkungan BBMKG Wilayah II, Satker STMKG, Sekretariat Utama BMKG Pusat, Puslitbang, Pusdiklat dan Inspektorat. Acara ini diadakan di wilayah Solo mulai dari tanggal 15 sampai dengan 18 Januari 2018 di Hotel Swiss Belinn Saripetojo, Solo dan dibuka oleh Deputi Bidang Meteorologi, Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc (15/1).

Acara pembukaan dimulai dengan pembacaan laporan pelaksanaan acara oleh Kepala BBMKG Wilayah II, Joko Siswanto, S.Sos. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Deputi Bidang Meteorologi yang membacakan sambutan dari Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Ph.D. KBMKG dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada banyak tantangan yang saat ini dihadapi oleh BMKG. Untuk menjawab tantangan tersebut maka BMKG perlu melakukan langkah-langkah yang konkrit, terencana, terintegrasi dan terukur. Terkait hal tersebut maka penyelenggaraan rekonsiliasi mempunyai nilai yang sangat penting dan strategis dalam mendukung langkah-langkah yang nantinya akan diambil oleh BMKG.

Selain itu KBMKG juga menyampaikan bahwa dalam rangka memasuki pelaksanaan anggaran Tahun 2018 dan mengacu pada Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan BMKG tahun 2016 oleh BPK, masih terdapat beberapa catatan/temuan di beberapa Satker, baik di Pusat maupun Daerah. Agar tidak terjadi temuan berulang, KBMKG menginstruksikan:

  1. Seluruh KPA dan PPK untuk segera memeriksa DIPA dan segera mengusulkan revisi apabila diperlukan;
  2. PPK dan Pejabat Pengadaan segera melakukan proses tender paling lambat akhir Maret 2018 dimana seluruh kegiatan telah dikontrakkan;
  3. PPK dan Panitia penerima agar lebih cermat dalam memverifikasi hasil pekerjaan;
  4. Agar PPK mematuhi ketentuan pelaksanaan anggaran mengacu kepada bagan akun standar;
  5. Agar Kepala Biro Perencanaan lebih cermat dalam memperhatikan klasifikasi jenis belanja yang diajukan oleh satker;
  6. Agar para KPA, PPK beserta Staf PPK dan petugas SIMAK BMN untuk mempedomani Standar Akuntansi Pemerintahan tentang Akuntasi Aset Tetap;
  7. Agar para KPA dan PPK untuk mempertanggung jawabkan bukti pertanggungjawaban perjalanan dinas sesuai ketentuan;
  8. Agar Inspektur BMKG meningkatkan pengawasan dan pembinaan mengenai implementasi ketentuan perundangan.
KBMKG mengharapkan output dari kegiatan rekonsiliasi ini adalah untuk menghasilkan "Laporan Keuangan BMKG yang berkualitas, yakni Laporan Keuangan yang akuntabel dan transparan serta sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)". Laporan ini sekaligus nantinya untuk mempertahankan opini WTP (Murni) terhadap Laporan Keuangan BMKG 2017 yang akan datang.

Setelah acara pembukaan, juga diadakan diskusi antara Deputi Bidang Meteorologi dan para peserta rapat rekonsiliasi.

  • 13 Agu 2018, 00:23:12 WIB
  • 5.4 SR
  • 10 Km
  • 2.84 LU - 128.06 BT
  • 15 Agu 2018, 16:04:10 WIB
  • 4.7
  • 10 Km
  • 8.23 LS 116.6 BT
  • Pusat gempa berada di laut 31Km Timur Laut Lombok Timur
  • Dirasakan (Skala MMI) : II Lombok Timur,
  • Selengkapnya →

Siaran Pers & Info Aktual