BMKG Selenggarakan Program MOSAIC untuk Mendukung Pengembangan Sektor Pariwisata Indonesia

  • Hatif Thirafi
  • 07 Agu 2019
BMKG Selenggarakan Program MOSAIC untuk Mendukung Pengembangan Sektor Pariwisata Indonesia

Belitung - Di tengah gencarnya pengembangan sektor pariwisata oleh pemerintah Indonesia baik pusat maupun daerah, BMKG turut memberikan dukungan dengan menyajikan layanan informasi cuaca dan iklim khusus sektor pariwisata.

Bertempat di kabupaten Belitung, BMKG menyelenggarakan program edukasi masyarakat bertajuk Masyarakat Indonesia Sadar Iklim dan Cuaca (MOSAIC). Program ini merupakan salah satu rangkaian dari penerapan informasi cuaca BMKG berbasis dampak. Kegiatan diselenggarakan selama 3 hari, mulai 6 sampai 8 Agustus 2019.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo bersama Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie membuka kegiatan MOSAIC di Hotel Swiss Bell Resort Tanjung Binga Belitung, Selasa (6/8). Turut hadir Kepala Stasiun Depati Amir Pangkalpinang Nanang Purnadi serta Kepala Stasiun Meteorologi Hasan Hananjoedin Tanjung Pandang Charles.

Peserta yang turut serta dalam kegiatan MOSAIC kali ini adalah para penggiat bidang pariwisata di provinsi Bangka Belitung. Jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti kegiatan MOSAIC ini sebanyak 34 peserta yang berasal dari berbagai komunitas/ organisasi/ instansi di antaranya Dinas Pariwisata Kab. Belitung, Dinas Pariwisata Kab. Belitung Timur, agen perjalanan & liburan, pemandu wisata, komunitas perahu wisata, komunitas diving, SMKN Pariwisata, pengelola wisata Gusong Bugis, dan komunitas driver pariwisata.

Dalam sambutannya, Prabowo menegaskan bahwa kegiatan MOSAIC ini merupakan wujud pengabdian BMKG kepada masyarakat dalam rangka berbagi wawasan terkait cuaca dan iklim di Indonesia serta memberikan pengetahuan khususnya pada pelaku industri pariwisata untuk menggunakan informasi yang telah disediakan BMKG. Sehingga diharapkan sepulang dari kegiatan MOSAIC ini peserta menjadi lebih memahami tentang dinamika cuaca dan mampu turut mengedukasi masyarakat Bangka Belitung.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie dalam sambutannya menyebutkan bahwa BMKG telah banyak membantu Kabupaten Belitung untuk membangun pariwisata, dan terus berharap BMKG mendukung upaya Belitung menjadi salah satu wisata geopark dunia. Secara khusus, Isyak mengucapkan terima kasih atas dukungan BMKG di sektor pariwisata Kabupaten Belitung.

Dalam kegiatan ini, peserta akan dibekali dengan berbagai materi terkait pemanfaatan informasi cuaca dan iklim sehingga informasi yang disediakan BMKG dapat dimanfaatkan dengan jauh lebih optimal dalam mendukung kegiatan pariwisata. Selain itu dengan beberapa materi brainstorming serta games menarik, diharapkan mampu meningkatkan keakraban antara stakeholder pariwisata dengan BMKG setempat.

Gempabumi Terkini

  • 17 November 2019, 21:08:00 WIB
  • 2.9
  • 10 km
  • 3.55 LS - 128.27 BT
  • Pusat gempa berada di darat 19 km TimurLaut Ambon
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Tulehu
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 19 km TimurLaut Ambon
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Tulehu
  • Selengkapnya →

Siaran Pers