BMKG Berperan Aktif dalam Kegiatan Indonesia Geospatial Technology Exhibition - IGTE 2019

  • Hatif Thirafi
  • 22 Agu 2019
BMKG Berperan Aktif dalam Kegiatan Indonesia Geospatial Technology Exhibition - IGTE 2019

Jakarta - Memperingati Hari Informasi Geospasial Nasional ke-50, Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan IGTE 2019 (Indonesia Geospatial Technology Exhibition 2019) dengan mengambil tema : "Geospatial Information for Sustainable Development of Indonesia".

Kegiatan yang diadakan selama dua hari mulai tanggal 21-22 Agustus 2019 di Hotel Raffless Ciputra World ini diikuti oleh perwakilan dari kementerian/lembaga, pemerintah provinsi/kabupaten/kota, akademisi, lembaga sertifikasi profesi dan asosiasi, perusahaan survei dan pemetaan serta mengundang para pemenang 10 besar Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial dari pemerintah daerah di Indonesia.

Acara IGTE 2019 dibuka oleh Kepala Badan Informasi Geospasial Prof. Dr. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc didampingi oleh Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial Drs. Adi Rusmanto. Hadir pula Mr. Jack Dangermond sebagai pembicara utama dalam acara launching IGTE 2019 CEO dari ESRI (Environmental Systems Research Institute) yang merupakan perusahaan software Sistem Informasi Geografi Internasional, Amerika Serikat.

Dalam paparannya, Jack Dangermond yang juga merupakan Presiden dari ESRI memberikan pengarahan perihal berkomitmen membantu pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Geospasial di Indonesia.

Kegiatan IGTE 2019 juga diisi dengan workshop penggunaan informasi geospasial yang dipandu oleh Mrs. Leande dari Twente University - Belanda. Leande juga menjelaskan tentang informasi program kerjasama dengan BIG, JCP-3 yang melibatkan beberapa kementerian/ lembaga di Indonesia dan Belanda termasuk BMKG. Pada workshop ini, dilakukan diskusi mengenai produk geospasial yang ada di BIG. Diskusi ini diikuti oleh semua perwakilan peserta IGTE 2019.

BMKG meramaikan kegiatan Exhibition dengan membuat satu booth pameran yang berisi produk geospatial berupa peta potensi energi matahari, peta potensi energi angin, peta curah hujan dan peta hari hujan. Peta - peta tersebut telah terstandart dan di publish melalui Portal GIS BMKG yang dapat diakses melalui link http://gis.bmkg.go.id/. Produk spasial lainnya meliputi informasi layanan meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Selain itu, BMKG juga membuat aplikasi informasi geospasial yang dibuat oleh kerjasama BMKG dan ESRI Indonesia guna mendukung perhelatan ASIAN Games 2018 di Indonesia sebagai hasil karya anak bangsa yang mendapat apresiasi dari CEO ESRI dari Amerika tersebut.

Pada kesempatan ini, ESRI Indonesia juga mengadakan Geo-Innovation Award 2019 dan memberikan penghargaan tersebut pada BMKG yang diterima oleh Kepala Pusat Database, Ir. Edward Trihadi, MSEM.

IGTE 2019 ini diharapkan menjadi media penting pertemuan antara para penyelenggara geospasial di kementerian, lembaga pemerintah, pemerintah daerah, serta perguruan tinggi dengan industri geospasial untuk terciptanya geospasial yang akurat, detail, cepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna untuk mendukung pembangunan Indonesia pada umumnya dan BMKG khususnya.

Gempabumi Terkini

  • 21 September 2019, 03:59:16 WIB
  • 5.1
  • 10 km
  • 0.95 LS - 128.65 BT
  • 120 km TimurLaut HALMAHERASELATAN-MALUT
  • tidak berpotensi TSUNAMI
  • Selengkapnya →
  • 120 km TimurLaut HALMAHERASELATAN-MALUT
  • tidak berpotensi TSUNAMI
  • Selengkapnya →

Siaran Pers