Sestama » Humas

SEMINAR SCIENTIFIC JURNAL CLUB


Rabu ( 18/4 ) Pusat Penelitian Dan pengembangan BMKG meyelenggarakan kegiatan Seminar bulanan Scientific Jurnal Club bertempat di ruang Crisis Center. Dihadiri Kepala Pusat Litbang Dr. Masturyono, dengan  pembicara yang berasal dari Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, juga Kantor Pusat. Pembicara pertama dalam seminar ini Drs. Prajuto, Dipl.Seis membicarakan tentang bagaimana cara menulis dan melakukan presentasi yang baik. Dijelaskan dalam paparannya untuk penulis dan penyaji perlu menggunakan kaidah - kaidah yang baku dalam melakukan setiap tugasnya, untuk mengurangi kesalahan dalam struktur yang ada, sehingga dapat diperoleh kesimpulan yang pasti sesuai dengan objektifnya ujar Prajuto.

Karena tema kali ini Geofisika, maka tim precursor gempa bumi kali ini mempresentasikan tentang Studi Awal Prediksi Gempa Bumi Melalui Fenomena Rekaman Emisi Radon. Dalam studi ini digunakan metoda pengukuran dengan merekam konsentrasi  Radon (Rn-222) untuk mengenal tanda awal (Precursor) gempabumi tektonik di sekitar sesar Lembang.

Kemudian presentasi selanjutnya dengan tema Studi Tsunami Source pada Tsunami Mentawai 2010 dari Inversi  Tsunami dan Analisa INSAR, dijelaskan fringes hasil kalkulasi dari data INSAR menunjukan satu siklus warna yang mempresentasikan perubahan fase sebesar 2 pi radian yang menunjukan perubahan sebesar 2,8 cm displacement along the radar line of sight (LOS) untuk area pagai selatan Kepulauan Mentawai. Dan presentasi terakhir dengan tema Model Atenuasi Intensitas Seismik dan Hubungan empiris Intesitas Seismik dengan Parameter Getaran Tanah di Wilayah Jawa Barat dibawakan oleh tim geofisika dari Pusdiklat BMKG dan Institut Teknologi Bandung. 

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BERKOMUNIKASI DENGAN MEDIA [27/4/2015]
Jakarta, (27/4). Media merupakan penghubung antar media dengan komiunikator untuk disampaikan kepada masyarakat. Untuk itu kita harus mengetahui latar belakang dari media tersebut, apakah media ini online, cetak, atau elektronik. Hal ini diutarakan oleh Inne Sudjono, Penyiar berita RCTI pada kegiatan Sosialisasi Komunikasi Publik dengan tema Berkomunikasi dengan Media. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Workshop Observer dan Forecaster Klimatologi yang akan dilakukan dari 27 April hingga 1 Mei di Citeko.


REKONSILIASI DATA MKG [24/4/2015]
Denpasar, (20/4). Pada era keterbukaan ini, data dan informasi meteorologi klimatologi dan geofisika (MKG) menjadi komoditi yang sangat berharga bagi pengguna, terlebih ketika sedang terjadi bencana alam dan kecelakaan transportasi. Dalam rangka menyediakan informasi MKG, data menjadi bahan utama yang harus selalu tersedia. Hal ini diutarakan Kepala Pusat Database, Ir. Jaumil Achyar Dewantoro, M. Sc. yang mewakili Deputi Bidang Instrumentasi Kalibrasi Rekayasa dan Jarkom saat membuka acara Rekonsiliasi Data Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar yang dilakukan selama 5 (lima) hari 20-24 April.


PERUBAHAN IKLIM, MERUBAH ANCAMAN JADI TANTANGAN [23/4/2015]
Bandung, Rabu (22/4)- Menurut Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, ancaman dan dampak negatif perubahan iklim dapat diubah menjadi tantangan, jika dapat mengendalikan pola kecenderungan perubahan fisiko-kimia cuaca atau iklim lokal dan memanfaatkannya sebagai modal pembangunan maupun indikator pembangunan. Hal ini disampaikan pada Studium Generale di ITB Bandung yang diikuti sekurangnya 300 mahasiswa.


MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM TIDAK BISA DILAKUKAN SENDIRI [23/4/2015]
Bandung, Rabu (22/4) - Bertepatan dengan Hari Bumi Dunia (22 April), Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menyampaikan prespekstif informasi cuaca dan iklim terhadap kelestarian lingkungan pada Seminar Nasional Sains Atmosfer 2015 di LAPAN Bandung. Beliau pun menegaskan, ``tidak satupun lembaga dapat menyelesaikannya secara sendiri.``


BIMTEK APLIKASI RKA - KL [23/4/2015]
Jakarta, Rabu (22/4) Dalam rangka mempertahankan keberhasilan dan pembangunan BMKG ke depannya, terutama terhadap capaian-capaian prestasi yang telah diraih selama ini, Biro perencanaan BMKG mengadakan kegiatan bimbingan teknis penggunaan aplikasi RKA/KL di gedung serbaguna kantor BMKG Pusat.


BMKG DAN WMO BAHAS PERSIAPAN WORKSHOP WIGOS BERSAMA PARA PAKAR [21/4/2015]
Jakarta, Selasa (21/4). BMKG hari ini menerima beberapa pakar dunia untuk membahas persiapan Joint Workshop WMO Integrated Global Observation System (WIGOS) for Disaster Risk Reduction (DRR) antara wilayah RA II dan wilayah RA V. Selain para pakar, hadir juga dalam pertemuan ini perwakilan dari WMO.


DELEGASI UK BIDANG PERUBAHAN IKLIM KUNJUNGI BMKG [21/4/2015]
Jakarta, Senin (20/4) - BMKG mendapat kunjungan dari Kedutaan United Kingdom (UK) untuk Indonesia yang membidangi perubahan iklim, Sir David King beserta empat delegasi lainnya. Delegasi UK ini mengiginkan BMKG dapat berperan mengajak para politisi di Indonesia untuk memperhatikan tantangan perubahan iklim.


PETANI LEUWIDINGDING DALAMI SEKOLAH LAPANG IKLIM [18/4/2015]
LEMAH ABANG - CIREBON, Pemanasan global telah menganggu sistem iklim global dan menyebabkan meningkatnya frekuensi dan intensitas kejadian iklim ekstrim. Tidak hanya suhu yang berubah, tetapi juga hujan, yang cenderung semakin basah dan semakin mengering. Dampak perubahan iklim dilahan usaha tani akan mengancam ketahanan pangan nasional.


RAKOR EVALUASI BENCANA ASAP [17/4/2015]
Pontianak, Kamis 16/4 Dalam rangka Evaluasi Bencana Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2014 dan Upaya Penanggulangannya Tahun 2015, Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan Rapat Koordinasi Regional se-Provinsi Kalimantan.


PELEPASAN PELAYARAN KAPAL RISET OBSERVASI LAUT [16/4/2015]
Jakarta, Kamis (16/4) Gagasan Presiden terpilih Jokowi-JK periode 2014-2019 untuk menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia nampaknya mendapat perhatian luas dan respons cepat dari masyarakat maupun Kementerian/Lembaga yang menangani bidang kemaritiman.



Prakiraan Cuaca
27 April 2015
Medan
Hujan Ringan
25 - 33°C
Padang
Hujan Ringan
23 - 30°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 32°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 31°C
Pontianak
Hujan Ringan
23 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
23 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
22 - 33°C
Makassar
Hujan Sedang
25 - 32°C
Ternate
Hujan Sedang
25 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 30°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 32°C
Kupang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Denpasar
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Bandung
Hujan Ringan
22 - 31°C
Semarang
Hujan Sedang
24 - 32°C
Surabaya
Hujan Ringan
24 - 32°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
26 April 2015 - 19:55:00 WIB


Lokasi :
1.75 LS - 100.26 BT
Kedalaman : 10 Km

62 km BaratDaya PSISIRSELATAN-SUMBAR
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya