WORKSHOP PENINGKATAN MONITORING JARINGAN GEMPABUMI KUAT


Rabu, ( 14/11) bertempat di di The Media Hotel and Tower diselenggarakan workshop Peningkatan Monitoring Jaringan Gempabumi Kuat, dengan tema Penyusunan Peta resiko Gempabumi Skala Mikro Untuk Pengurangan Resiko Gempa dan Perencanaan Bangunan tahan Gempa. Workshop dibuka Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc dengan didampingi Kepala Pusat Penelitian Mitigasi Bencana Institut teknologi Bandung Prof. Masyhur Irsyam, MSE, Ph.D, Deputi Bidang Geofisika Dr. P.J. Prih Harjadi, Deputi Bidang Inskal Jarkom Drs. Sunarjo, Msc, serta pejabat Eselon II-IV di Kedeputian Geofisika.

Kegiatan ini terselenggara atas dasar pengamatan dan identifikasi karakteristik gempabumi kuat di Indonesia, dan sejauh ini BMKG telah membangun jaringan monitoring gempabumi kuat berupa jaringan stasiun akselerograf.   Dengan adanya aktivitas gempabumi kuat di Indonesia, terutama yang mempengaruhi kota- kota besar serta kebutuhan data akselerogram dalam penyusunan peta resiko gempabumi skala mikro dan perencanaan bangunan tahan gempa, maka dengan adanya workshop ini diharapkan bisa memperoleh masukan para praktis dari narasumber untuk peningkatan jaringan monitoring gempabumi kuat BMKG, sehingga dapat mendukung kegiatan penyusunan peta resiko skala mikro yang ditetapkan SK Menko Kesra No. 41 tahun 2011.

 Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah para pakar yang memiliki latar belakang keilmuan Seismoteknik, Geoteknik dan rekayasa struktur dalam penyusunan peta resiko gempabumi skala mikro untuk pengurangan reseiko gempa dan perencanaan bangunan tahan gempa. 

Dari tujuan dan sasaran kegiatan yang ada, maka Dr. Sri Woro dalam sambutannya mengharapkan agar  peserta  bisa merumuskan kembali kegiatan tahun 2011 yang belum terselesaikan, melakukan evaluasi kinerja tim penyusun peta resiko gempabumi tahun 2012, serta menyusun target dan strategi kegiatan penyusuna peta resiko gempabumi skala mikro tahun 2013.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta, yang terdiri dari perwakilan Menko Kesra, ITB, AFDR (Australia),Ristek, GFZ,  Kementerian Pekerjaan Umum, PEMDA Jakarta dan BMKG. Dan pada sesi diskusi peserta dibagi ke dalam 3 Group diskusi yakni: group Seismoteknik/Kegempaan, group Geoteknik/Kondisi tanah dan group  Kerentanan Bangunan. 

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BMKG DUKUNG KEMENKEU TINGKATKAN PROSES PENGELOLAAN BMN [30/7/2015]
Jakarta,Kamis(30/7/2015)-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika - di wakili oleh Kepala Biro Umum, Drs.Yusuf Supriyadi,M.T dan Kepala Bagian Perlengkapan, Puspita,S.Si - merupakan satu-satunya K/L yang mendapat kehormatan mendampingi Menteri Keuangan Bambang PS Brojonegoro dalam rangka Launching Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) di gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta.


IMBAS EL-NINO, INDONESIA MENGALAMI KEMARAU PANJANG [30/7/2015]
Jakarta, (30/7). Daerah-daerah seperti Jawa, Sulawesi Selatan, Lampung, Bali, NTB, dan NTT telah mengalami hari tanpa hujan lebih dari 60 hari . Berdasarkan pantauan peta monitoring Hari Tanpa Hujan, wilayah-wilayah tersebut telah kering sejak Mei 2015. Hal ini diutarakan Kepala BMKG, Dr Andi Eka Skaya di depan puluhan media massa cetak, elektronik, dan online pada Jumpa Pers hari kamis siang ini.


BMKG PERKUAT PUBLIC COMMUNICATION DAN BRANDING DENGAN MENGADAKAN WORKSHOP [28/7/2015]
Jakarta, Selasa (28/7) Bekerjasama dengan Meteo France Internasional, tim Strengthening BMKG beserta Bagian Humas BMKG, mengadakan Public Communication and Branding Meteorological Service Workshop dari tanggal 28-29 Juli di Swiss Bell Inn Kemayoran. Workshop ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi para pejabat BMKG, khususnya yang biasa berhadapan lansung dengan media. Selain itu, workshop ini juga diadakan untuk memberikan pemahaman dasar tentang bagaimana membangun brand BMKG sehingga dikenali masyarakat hingga bisa dipergunakan untuk memperluas jangkauan layanan informasi yang diberikan oleh BMKG.


MENTERI JONAN MENGHARGAI KINERJA BMKG [28/7/2015]
JAKARTA, Terima Kasih Kepada BMKG atas kesigapan, kooperatif dan informatif dalam memberikan informasi layanan cuaca selama 24 jam dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu, Tegas Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, saat menutup secara resmi Koordinasi Monitoring Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2015 (1436 H) Tingkat Nasional di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan, Selasa (28/7).


BMKG JAJAKI KERJASAMA DENGAN RUTGERS UNIVERSITY [23/7/2015]
Jakarta, Kamis (23/7) BMKG kedatangan tamu dari Negara Paman Sam. Tepatnya dari kota New Jersey. Rutgers University mendatangi BMKG untuk menjajaki kemungkinan kerjasama bidang Oceanographic. Disambut langsung oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, Rutgers University yang diwakili oleh Dr. Scott Glen dan Dr. Josh Kohut, menyampaikan keinginan mereka untuk bisa bekerjasama dalam hal transfer teknologi dan juga penelitian dengan BMKG. Dr. Scott Glen dan Dr. Josh Kohut, juga menyampaikan presentasi mengenai penelitian dan kerjasama yang mereka harapkan dihadapan pejabat BMKG.


POSKO LAYANAN CUACA LEBARAN 2015 [13/7/2015]
Dalam rangka menunjang dan memperluas penyampaian layanan infomasi cuaca kepada masyarakat pada kegiatan posko angkutan lebaran terpadu tahun 2015/1436 H, BMKG melakukan operasional mobil Weather Emergency Service Unit di Pelabuhan Dermaga-2, Merak, Serang, Banten. Kegiatan ini di awali dengan kegiatan Apel Kesiapan posko terpadu gabungan dari TNI/POLRI, ASDP, BPPD daerah, BASARNAS, Pemda dan dinas terkait yang dipimpin oleh Kapolda Banten, Drs. Brigjen Boy Rafli Amar dan Dirjen Perhubungan Darat yang mewakili Menteri Perhubungan pada tanggal 9 Juli 2015.


PANEN MENINGKAT BERKAT SLI [12/7/2015]
CIREBON, Sabtu (11/7/2015) - Kepala BMKG, Andi Eka Sakya bersama Deputi Bidang Klimatologi, Widada Sulistya dan rombongan, beserta anggota Komisi V DPR RI, Yoseph Umar Hadi, hadir memberikan apresiasi kepada para petani dari desa leuwidingding Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon karena usai mengikuti Sekolah Lapang Iklim (SLI) dan sukses meningkatkan hasil panen.


REKONSILIASI LAPORAN KEUANGAN SEMESTER I TAHUN 2015 BALAI BESAR MKG WILAYAH III DENPASAR [10/7/2015]
Denpasar,Selasa (7/7) Balai Besar MKG wilayah III Denpasar mengadakan kegiatan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester I Tahun 2015 yang dilaksanakan selama 4 hari di ruang rapat utama BBMKG wilayah III, dan dibuka oleh Deputi Bidang Meteorologi Dr. Yunus S. Swarinoto, M.Si.


LANGKAH STRATEGIS, BMKG GELAR DIKLAT [6/7/2015]
Citeko - Bogor, Peran BMKG dalam mendukung program pemerintah sangatlah strategis, dikatakan Dr. Yunus S. Swarinoto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Saat membuka Diklat Manajemen Bencana dan Diklat Pembantu Observer Meteorologi Tahun 2015 di Gedung Serbaguna Citeko-Bogor, Senin (6/7).


KEPALA BMKG KALUNGI KOIN EMAS DARI ITB [3/7/2015]
Bandung, Karena dedikasinya sebagai individu yang telah memberikan prestasi dalam pengembangan Institut Teknologi Bandung Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menerima penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama di Aula Barat ITB, Jumat (3/7).



Prakiraan Cuaca
04 August 2015
Medan
Hujan Ringan
23 - 33°C
Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 32°C
Pontianak
Berawan
23 - 34°C
Palangkaraya
Berawan
21 - 31°C
Manado
Berawan
22 - 33°C
Makassar
Berawan
25 - 32°C
Ternate
Berawan
25 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
21 - 29°C
Jayapura
Cerah Berawan
24 - 29°C
Sorong
Hujan Ringan
22 - 30°C
Kupang
Cerah Berawan
22 - 33°C
Denpasar
Berawan
23 - 32°C
Jakarta
Berawan
24 - 33°C
Bandung
Cerah Berawan
17 - 31°C
Semarang
Cerah Berawan
23 - 34°C
Surabaya
Cerah Berawan
22 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
01 Agustus 2015 - 05:26:07 WIB


Lokasi :
8.12 LS - 118.20 BT
Kedalaman : 10 Km

22 km TimurLaut BIMA-NTB
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya