WORKSHOP PENINGKATAN MONITORING JARINGAN GEMPABUMI KUAT


Rabu, ( 14/11) bertempat di di The Media Hotel and Tower diselenggarakan workshop Peningkatan Monitoring Jaringan Gempabumi Kuat, dengan tema Penyusunan Peta resiko Gempabumi Skala Mikro Untuk Pengurangan Resiko Gempa dan Perencanaan Bangunan tahan Gempa. Workshop dibuka Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc dengan didampingi Kepala Pusat Penelitian Mitigasi Bencana Institut teknologi Bandung Prof. Masyhur Irsyam, MSE, Ph.D, Deputi Bidang Geofisika Dr. P.J. Prih Harjadi, Deputi Bidang Inskal Jarkom Drs. Sunarjo, Msc, serta pejabat Eselon II-IV di Kedeputian Geofisika.

Kegiatan ini terselenggara atas dasar pengamatan dan identifikasi karakteristik gempabumi kuat di Indonesia, dan sejauh ini BMKG telah membangun jaringan monitoring gempabumi kuat berupa jaringan stasiun akselerograf.   Dengan adanya aktivitas gempabumi kuat di Indonesia, terutama yang mempengaruhi kota- kota besar serta kebutuhan data akselerogram dalam penyusunan peta resiko gempabumi skala mikro dan perencanaan bangunan tahan gempa, maka dengan adanya workshop ini diharapkan bisa memperoleh masukan para praktis dari narasumber untuk peningkatan jaringan monitoring gempabumi kuat BMKG, sehingga dapat mendukung kegiatan penyusunan peta resiko skala mikro yang ditetapkan SK Menko Kesra No. 41 tahun 2011.

 Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah para pakar yang memiliki latar belakang keilmuan Seismoteknik, Geoteknik dan rekayasa struktur dalam penyusunan peta resiko gempabumi skala mikro untuk pengurangan reseiko gempa dan perencanaan bangunan tahan gempa. 

Dari tujuan dan sasaran kegiatan yang ada, maka Dr. Sri Woro dalam sambutannya mengharapkan agar  peserta  bisa merumuskan kembali kegiatan tahun 2011 yang belum terselesaikan, melakukan evaluasi kinerja tim penyusun peta resiko gempabumi tahun 2012, serta menyusun target dan strategi kegiatan penyusuna peta resiko gempabumi skala mikro tahun 2013.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta, yang terdiri dari perwakilan Menko Kesra, ITB, AFDR (Australia),Ristek, GFZ,  Kementerian Pekerjaan Umum, PEMDA Jakarta dan BMKG. Dan pada sesi diskusi peserta dibagi ke dalam 3 Group diskusi yakni: group Seismoteknik/Kegempaan, group Geoteknik/Kondisi tanah dan group  Kerentanan Bangunan. 

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BMKG GELAR SOSIALISASI DI KOTA KENDARI [12/9/2014]
Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan kota yang menjadi target pelaksanaan kegiatan Soalisasi Undang-Undang No. 31 Tahun 2009 dan Sosialisasi Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika kepada media massa, Jumat (12/9) di Ballroom Lotus I Hotel PlazaInn Kendari.


WAPRES BERI BMKG PENGHARGAAN WTP [12/9/2014]
Jakarta-Wakil Presiden RI Boediono memberikan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) secara langsung kepada Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan pada acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah, Jumat (12/9/2014).


LAUNCHING WITH GLOBE [11/9/2014]
Sebuah media visualisasi hasil observasi fenomena cuaca bumi dengan nama WITH GLOBE diluncurkan di BMKG, Kamis (11/9) di lobby kantor pusat BMKG.


10 NEGARA IKUTI KONFERENSI MOMSEI [9/9/2014]
Ilmuwan muda dari 10 negara lingkar pasifik barat ikut ambil bagian dalam kegiatan 5th WESTPAC Summer School on the Monsoon Onset Monitoring and Its Social and Ecosystem Impacts (MOMSEI). Ajang pertemuan para peneliti muda ini sebagai upaya memahami dampak adanya pergeseran awal musim baik hujan maupun kemarau akibat perubahan iklim beserta interaksinya terhadap dinamika laut terhadap keseimbangan ekosistem dan pengaruhnya kepada social ekonomi masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penelitan dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan Achmad Poernomo di Hotel Nam Centre Jakarta, Selasa (9/9).


PERTEMUAN SETNAS ASEAN-INDONESIA [8/9/2014]
Senin (8/9), Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng bersama Kepala Biro Hukum dan Organisasi Darwahyuniati, SH, MH, dan Kepala Bagian Kerjasama Drs. Maman Sudarisman hadiri pertemuan Sekretariat Nasional (SETNAS) ASEAN-Indonesia di Hotel San Pasific Jakarta.


THE 36th OF ASEAN SUB COMMITEE ON METEOROLOGY AND GEOPHYSICS [8/9/2014]
Asean Sub - Committe On Meteorology And Geophysics (ASEAN-SCMG) sebagai Sub-Komite yang berada di bawah naungan ASEAN dan bergerak di bidang jasa pelayanan meteorologi dan geofisika menyelenggarakan kegiatan konferensi ke 36, Senin-Rabu (1-3/9) di Vientiane, Laos.


BMKG FASILITASI KOMUNITAS PENELITI INTERNASIONAL DINAMIKA ATMOSFER [7/9/2014]
Jumat (5/9), BMKG fasilitasi komunitas peneliti internasional dinamika atmosfer di benua maritim Indonesia pada Kick of meeting Year of Maritime Continental (YMC) di Swiss-Belhotel Mangga Besar Jakarta.


BMKG JELASKAN KENAPA TERDAPAT BACK LOG USULAN ANGGARAN 2015 SEBESAR RP.487 MILYAR [3/9/2014]
Komisi V DPR RI akan mendalami penjelaskan BMKG lebih lanjut bersama mitra Komisi V lainnya Kemen Perumahan Rakyat, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Basarnas, BPLS, dan BPWS terhadap kekurangan anggaran (back log) usulan pagu anggaran tahun 2015 pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) mendatang. Selanjutnya Komisi V DPR RI juga akan memperjuangkan kenaikan pagu anggaran sesuai kebutuhan terhadap usulan kekurangan pagu anggaran tahun 2015 mealalui Badan Anggaran DPR RI sesuai laporan singkat pada RDP di DPR RI, Selasa (2/9).


DIKLAT KOMUNIKASI PUBLIK [2/9/2014]
Meningkatnya kebutuhan akan informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG), diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mampu menyampaikan informasi cuaca dengan cepat, akurat dan komunikatif, penyampaian informasi MKG tidak hanya diperlukan pemahaman, analisa dan prakiraan yang tepat dan akurat namun diperlukan keterampilan dalam menyampaikan informasi kepada pengguna, oleh karenanya Pusdiklat BMKG menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Komunikasi Publik bertempat di Wisma Anggraini Cisarua Bogor, Selasa (2/9).


7 SEAS SOUTHEAST ASIAN STUDIES WORKSHOP [2/9/2014]
Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar kelima di dunia, saat ini sedang menghadapi permasalahan kualitas udara yang sangat kompleks. Saat ini kita sedang memasuki era perubahan iklim yang sangat cepat, dimana implikasi terhadap kualitas udara yang disebabkan oleh asap pabrik, erupsi gunung berapi, kebakaran hutan perlu dipahami lebih mendalam, sehingga kualitas udara saat ini bisa dikelola dengan baik.



Prakiraan Cuaca
15 September 2014
Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Padang
Berawan
21 - 31°C
Palembang
Berawan
24 - 34°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 31°C
Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Palangkaraya
Cerah Berawan
21 - 33°C
Manado
Berawan
21 - 33°C
Makassar
Cerah Berawan
20 - 35°C
Ternate
Cerah Berawan
25 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
23 - 28°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Sorong
Berawan
24 - 31°C
Kupang
Cerah
20 - 30°C
Denpasar
Berawan
22 - 31°C
Jakarta
Cerah Berawan
23 - 34°C
Bandung
Berawan
21 - 32°C
Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Surabaya
Cerah Berawan
23 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
14 September 2014 - 23:34:20 WIB


Lokasi :
1.18 LU - 97.21 BT
Kedalaman : 10 Km

25 km BaratDaya NIASUTARA-SUMUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya