WORKSHOP PENINGKATAN MONITORING JARINGAN GEMPABUMI KUAT


Rabu, ( 14/11) bertempat di di The Media Hotel and Tower diselenggarakan workshop Peningkatan Monitoring Jaringan Gempabumi Kuat, dengan tema Penyusunan Peta resiko Gempabumi Skala Mikro Untuk Pengurangan Resiko Gempa dan Perencanaan Bangunan tahan Gempa. Workshop dibuka Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc dengan didampingi Kepala Pusat Penelitian Mitigasi Bencana Institut teknologi Bandung Prof. Masyhur Irsyam, MSE, Ph.D, Deputi Bidang Geofisika Dr. P.J. Prih Harjadi, Deputi Bidang Inskal Jarkom Drs. Sunarjo, Msc, serta pejabat Eselon II-IV di Kedeputian Geofisika.

Kegiatan ini terselenggara atas dasar pengamatan dan identifikasi karakteristik gempabumi kuat di Indonesia, dan sejauh ini BMKG telah membangun jaringan monitoring gempabumi kuat berupa jaringan stasiun akselerograf.   Dengan adanya aktivitas gempabumi kuat di Indonesia, terutama yang mempengaruhi kota- kota besar serta kebutuhan data akselerogram dalam penyusunan peta resiko gempabumi skala mikro dan perencanaan bangunan tahan gempa, maka dengan adanya workshop ini diharapkan bisa memperoleh masukan para praktis dari narasumber untuk peningkatan jaringan monitoring gempabumi kuat BMKG, sehingga dapat mendukung kegiatan penyusunan peta resiko skala mikro yang ditetapkan SK Menko Kesra No. 41 tahun 2011.

 Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah para pakar yang memiliki latar belakang keilmuan Seismoteknik, Geoteknik dan rekayasa struktur dalam penyusunan peta resiko gempabumi skala mikro untuk pengurangan reseiko gempa dan perencanaan bangunan tahan gempa. 

Dari tujuan dan sasaran kegiatan yang ada, maka Dr. Sri Woro dalam sambutannya mengharapkan agar  peserta  bisa merumuskan kembali kegiatan tahun 2011 yang belum terselesaikan, melakukan evaluasi kinerja tim penyusun peta resiko gempabumi tahun 2012, serta menyusun target dan strategi kegiatan penyusuna peta resiko gempabumi skala mikro tahun 2013.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta, yang terdiri dari perwakilan Menko Kesra, ITB, AFDR (Australia),Ristek, GFZ,  Kementerian Pekerjaan Umum, PEMDA Jakarta dan BMKG. Dan pada sesi diskusi peserta dibagi ke dalam 3 Group diskusi yakni: group Seismoteknik/Kegempaan, group Geoteknik/Kondisi tanah dan group  Kerentanan Bangunan. 

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BUKA RAKORNAS, MENKO MARITIM APRESIASI BMKG [5/5/2015]
JAKARTA, 5 Mei 2015 - ``Kita hidup di wilayah supermarket bencana, baik geologis maupun hidrometeorologis,`` terang Menteri Koordinator bidang Kemaritiman DR. Dwisuryo Indroyono Susilo dalam sambutan pembukaan acara Rapat Koordinasi Nasional BMKG tahun 2015. Acara dibuka Menko Maritim dengan pemukulan gong disaksikan Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, para menteri Kabinet Kerja, Wakil Ketua KPK, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat, Kepolisian RI, BNPB, LAPAN, Basarnas, Ristek, dan seluruh peserta Rakornas di auditorium gedung utama BMKG.


BUKA RAKORNAS, MENKO MARITIM APRESIASI BMKG [5/5/2015]
JAKARTA, 5 Mei 2015 - ``Kita hidup di wilayah supermarket bencana, baik geologis maupun hidrometeorologis,`` terang Menteri Koordinator bidang Kemaritiman DR. Dwisuryo Indroyono Susilo dalam sambutan pembukaan acara Rapat Koordinasi Nasional BMKG tahun 2015. Acara dibuka Menko Maritim dengan pemukulan gong disaksikan Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, para menteri Kabinet Kerja, Wakil Ketua KPK, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat, Kepolisian RI, BNPB, LAPAN, Basarnas, Ristek, dan seluruh peserta Rakornas di auditorium gedung utama BMKG.


GEMPABUMI PAPUA NEW GUINEA TANGGAL 5 MEI 2015 KEKUATAN 7.4 Mw TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI DI WILAYAH INDONESIA [5/5/2015]
Gempabumi berkekuatan 7.4 Mw terjadi di Papua New Guinea tanggal 5 Mei 2015 pukul 08:44:08 WIB 5.60 LS 152.01 BT dengan kedalaman 51 km, untuk gempa ini BMKG tidak mendiseminasikan peringatan dini tsunami.


DIKLATPIM TINGKAT IV POLA BARU TAHUN 2015 [4/5/2015]
BOGOR, 4 MEI 2015 - Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang diklat jabatan PNS yang menetapkan bahwa Pegawai Negeri Sipil yang telah atau akan duduk dalam jabatan struktural eselon IV dituntut untuk mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV. BMKG merespon hal itu dengan menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV pola baru dengan system on dan off campus yang dilaksanakan oleh Pusdiklat BMKG di Citeko, Bogor dari tanggal 4 Mei-13 Agustus 2015 dengan jumlah 30 peserta dari pusat dan dari lingkungan unit pelaksana teknis di seluruh UPT.


REGIONAL FORUM ON METEOROLOGICAL SERVICES FOR AVIATION SAFETY IN SOUTHEAST ASIA [29/4/2015]
Jakarta, 29 April 2015 - Perkembangan industri penerbangan di kawasan Asia Tenggara merupakan yang terbesar di dunia. Pertumbuhan ekonomi dan industri pariwisata belakangan ini merupakan pemicu berkembangnya industri penerbangan di Asia Tenggara. Menurut IATA, lalu lintas penerbangan di asia tenggara menempati ke-5 terpadat di dunia. Pada kenyataannya, operasional penerbangan di Indonesia dan sebagian negara di kawasan Asia Tenggara sangat di pengaruhi oleh gangguan tropis seperti turbulensi, thunderstorm, badai tropis dan aktivitas gunung berapi. Tragedi Air Asia (QZ8501) baru-baru ini (laporan resmi investigasi masih menunggu dari KNKT),mengingatkan kita kembali betapa kondisi cuaca di rute penerbangan berpengaruh serius terhadap penerbangan.


WORKSHOP BAGI OBSERVER DAN FORECASTER KLIMATOLOGI [28/4/2015]
Citeko, Selasa (28/4) Setelah mendapatkan pengetahuan bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik kepada publik, dan penggunaan media dalam penyampaian informasi klimatologi kepada masyarakat yqng disampaikan oleh Jurnalis RCTI Inne Sudjono Senin (27/4) di gedung auditorium BMKG pusat, para peserta workshop observer dan forecaster Klimatologi kali ini akan menambah pengetahuannya dalam bidang teknis mulai dari pengamatan hingga analisanya, di gedung serbaguna BMKG citeko.


DIKLAT PRA JABATAN GOLONGAN III [28/4/2015]
CITEKO - BOGOR, 59 orang Calon Pegawai Negeri Sipil BMKG yang terdiri dari Angkatan I sebanyak 30 orang dan Angkatan II sebanyak 29 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan Golongan III yang di gelar Pusdiklat BMKG di Gedung Serbaguna Citeko Bogor, resmi dibuka oleh Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, Selasa (28/4) pagi.


INDONESIA HADIRI TWENTY-SIXTH SESSION OF THE INTERGOVERNMENTAL COORDINATION GROUP FOR THE PACIFIC TSUNAMI WARNING AND MITIGATION SYSTEM DI HAWAII AMERIKA SERIKAT. [28/4/2015]
Setelah kejadian tsunami 2004 di Sumatera, Chilie 2010/ 2014 , dan di Jepang 2011 yang telah mengakibatkan korban jiwa dalam jumlah yang sangat besar, negara-negara di dunia, khususnya yang berpotensi menghadapi tsunami, secara terus menerus berupaya untuk mempersiapkan diri. Bencana alam memang tidak dapat dicegah akan tetapi persiapan yang baik dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat bencana.


BERKOMUNIKASI DENGAN MEDIA [27/4/2015]
Jakarta, (27/4). Media merupakan penghubung antar media dengan komiunikator untuk disampaikan kepada masyarakat. Untuk itu kita harus mengetahui latar belakang dari media tersebut, apakah media ini online, cetak, atau elektronik. Hal ini diutarakan oleh Inne Sudjono, Penyiar berita RCTI pada kegiatan Sosialisasi Komunikasi Publik dengan tema Berkomunikasi dengan Media. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Workshop Observer dan Forecaster Klimatologi yang akan dilakukan dari 27 April hingga 1 Mei di Citeko.


REKONSILIASI DATA MKG [24/4/2015]
Denpasar, (20/4). Pada era keterbukaan ini, data dan informasi meteorologi klimatologi dan geofisika (MKG) menjadi komoditi yang sangat berharga bagi pengguna, terlebih ketika sedang terjadi bencana alam dan kecelakaan transportasi. Dalam rangka menyediakan informasi MKG, data menjadi bahan utama yang harus selalu tersedia. Hal ini diutarakan Kepala Pusat Database, Ir. Jaumil Achyar Dewantoro, M. Sc. yang mewakili Deputi Bidang Instrumentasi Kalibrasi Rekayasa dan Jarkom saat membuka acara Rekonsiliasi Data Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar yang dilakukan selama 5 (lima) hari 20-24 April.



Prakiraan Cuaca
06 May 2015
Medan
Hujan Ringan
25 - 33°C
Padang
Berawan
22 - 31°C
Palembang
Berawan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Sedang
23 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 33°C
Makassar
Hujan Ringan
25 - 33°C
Ternate
Hujan Sedang
24 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
23 - 30°C
Jayapura
Cerah Berawan
24 - 31°C
Sorong
Hujan Ringan
23 - 31°C
Kupang
Cerah
22 - 33°C
Denpasar
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jakarta
Hujan Sedang
24 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
22 - 31°C
Semarang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Surabaya
Hujan Ringan
23 - 32°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
01 Mei 2015 - 09:46:22 WIB


Lokasi :
9.60 LS - 112.87 BT
Kedalaman : 103 Km

155 km Tenggara KAB-MALANG-JATIM
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya