SOSIALISASI UNDANG UNDANG NO 31 TAHUN 2009 DAN PERATURAN PEMERINTAH NO 46


Biro Hukum dan Organisasi melalui Bagian Peraturan dan Perundangan dan Bantuan Hukum BMKG mengadakan kegiatan Sosialisasi Undang - undang No. 31 tahun 2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2012 mengenai penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data MKG di Hotel Bumi Surabaya, Senin (24/9). Dalam kegiatan ini turut mengundang Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Drs. Sudarmawan. MM, Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM Nasrudin SH. MH, serta peserta dari lingkungan BPBD, Pemerintah Provinsi, Kesbang Polimas, Stasiun Meteorologi dan Geofisika BMKG di wilayah Jawa Timur. 

Acara dimulai dengan pembacaan kata sambutan Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc yang disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah III, I Wayan Suardana, SE. MM. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa penyusunan Undang - Undang tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika berdasar pada penyelenggaraan cuaca, iklim dan kegempaan yang sebelumnya regulasinya tersebar di dalam berbagai undang-undang, maka dari itu dibentuklah Undang - Undang No. 31 tahun 2009 tentang MKG yang memiliki Visi Terwujudnya landasan hukum dalam pelaksanaan penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk menjamin tersedianya informasi MKG yang cepat, tepat sasaran, dan akurat untuk keselamatan dan kesejahteraaan masyarakat, yang dalam hal ini  informasi peringatan  dini tentang MKG sangat diperlukan untuk mengurangi dampak kerugian terutama korban jiwa. Selain itu pembentukan undang - undang tentang MKG ini juga berguna untuk menjawab perkembangan penyelenggaraan MKG sampai kurun waktu 20 tahun mendatang.

Pembicara pertama dalam sosialisasi Sekretaris Utama BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menjelaskan mulai dari latar belakang terciptanya Undang - undang No. 31 tahun 2009, Kronologis dan Proses Penyusunan, Anatomi UU Nomor 31 Tahun 2009 serta Penjelasan Bab per Bab. Undang - undang No. 31 tahun 2009 ini tercipta atas dasar berbagai bencana yang terjadi dalam kehidupan masyarakat baik itu yang disebabkan oleh alam maupun manusia, kurangnya pemahaman manusia terhadap karakteristik bencana, kurang tepatnya informasi peringatan dini, serta ketidakberdayaan manusia.

Dilanjutkan dengan pembicara kedua Nasrudin SH. MH yang menjelaskan lebih detail mengenai  Undang - Undang No. 31 tahun 2009 dan  Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2012 mengenai penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaaan data MKG. Kemudian sebelum acara berakhir, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan kedua pembicara.   

::: Humas


  » Informasi lainnya...

PRESS RELEASE GEMPABUMI SUMBA BARAT (12 FEBRUARI 2016) [12/2/2016]
Menanggapi peristiwa gempabumi tektonik yang terjadi di Sumba Barat-NTT. Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, walaupun gempabumi berpusat di pantai selatan Sumba, karena kekuatannya tidak cukup kuat untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.


DEPUTI BIDANG KLIMATOLOGI BMKG DILANTIK [12/2/2016]
Jakarta, Jumat (12/02/2016) Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo,M.Sc resmi dilantik sebagai Deputi Bidang Klimatologi BMKG oleh Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya,M.Eng di ruang serbaguna kantor BMKG Pusat. Bersamaan dengan dilantiknya Deputi Bidang Klimatologi, sebanyak 65 Pejabat dari Pusat dan daerah turut dilantik bersama oleh Dr. Andi Eka Sakya dengan saksi Sekretaris Utama Dr. Widada Sulistya,DEA dan Deputi Bidang Geofisika Dr. Masturyono, M.Sc.


9 MARET, FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL TERJADI DI WILAYAH INDONESIA [11/2/2016]
Jakarta, (11/2). Gerhana Matahari Total (GMT) adalah fenomena alam dimana pisis atau kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi pada satu garis lurus. Dampak dari kejadian ini , sebagian Bumi akan terkena bayangan gelap Bulan, sehingga tidak melihat matahari. Hal ini diutarakan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng didepan media massa saat memberikan keterangan pers tekait kejadian Gerhana Matahari Total (GMT).


HUMAS BMKG RAIH The Best Inhouse Magazine [11/2/2016]
Selasa, (9/2). Bertepatan pada Hari Pers Nasional (HPN), tanggal 9 Februari 2016, BMKG mendapatkan trofi penghargaan Bronze dari SPS (Serikat Perusahaan Pers) sebagai The Best Inhouse Magazine (InMa) dari 180 majalah dengan kategori InMa untuk instansi pemerintah, swasta,dan BUMN pada Malam Penghargaan (Awarding Night) di Hotel Golden Palace Mataram NTB. Penyerahan trofi Penghargaan langsung diberikan oleh Dahlan Iskan sekaligus sebagai Ketua Umum SPS dengan disaksikan Wakil Gubernur NTB.


RAPAT PEMBAHASAN PRAKIRAAN MUSIM KEMARAU TAHUN 2016 [10/2/2016]
Jakarta, (10/02/2016) Setelah melalui serangkaian kegiatan rapat dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pusat Iklim Agroklimat dan Iklim Maritim BMKG menyelenggarakan kegiatan Rapat Pembahasan Prakiraan Musim Kemarau 2016 di Grand Mercure Hotel, yang diikuti oleh Kepala Stasiun Klimatologi dan Forecaster di 33 Provinsi.


BMKG TERIMA PENGHARGAAN KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN TERBAIK TAHUN 2015 [9/2/2016]
JAKARTA - Pemerintah melalui Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menyerahkan Apresiasi Penghargaan dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Tahun Anggaran 2015 Kepada 10 Kementerian/Lembaga dari 87 Kementerian/Lembaga secara Nasional, bertempat di Auditorium Kementerian Keuangan Gedung Danapala, Selasa (9/2).


PENGARAHAN PRESIDEN JOKOWI KEPADA SELURUH BIRO HUMAS DAN PUSKOM KEMENTERIAN LEMBAGA [4/2/2016]
Presiden Joko Widodo menginstrusikan kepada humas yang berada di Kementerian maupun lembaga non Kementerian memiliki kecepatan dalam merespon dan kecepatan memberikan informasi.`Jangan membalikkan dan jangan lagi saya mendengar bahwa masyarakat menemui humas saja sulit. Padahal kita yang harus mencari mereka (masyarakat) untuk memberikan informasi,` ucap Presiden pada pertemuan dengan seluruh para Kepala Biro Humas, Kepala Pusat komunikasi Informasi Publik Kementerian dan Lembaga Non kementerian, serta BUMN di Istana Negara, Kamis 4 Februari 2016.


PACIFIC-WIDE TSUNAMI EXERCIE (PacWave16) [4/2/2016]
JAKARTA, Pacific-Wide Tsunami Exercise 2016 (PacWave16) merupakan agenda tahunan Intergovermental Coordination Group/Pacific Tsunami Warning and Mitigation System (ICG/PTWS) dalam rangka untuk menguji kesiapan sistem peringatan dini tsunami untuk kawasan Samudera Pasifik ketika ada ancaman tsunami di kawasannya.


PARA AHLI METEOROLOGI DAN HIDROLOGI BERKUMPUL MEMBAHAS SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR BANDANG [3/2/2016]
Jakarta, Selasa (2/2/2016) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menjadi tuan rumah pertemuan ahli Meteorologi dan Hidrologi yakni Initial Planning Meeting for Southeastern Asia-Oceania for Flas Flood Guidance (SAOFFG) dalam rangka membahas rencana pembentukan Pusat Regional Peringatan Dini kejadian Banjir Bandang.


RAIH OPINI WTP, BBMKG MEDAN LAKUKAN REKONSILIASI KEUANGAN [2/2/2016]
MEDAN - Upaya konkrit BMKG untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara adalah penyampaian pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang tepat waktu dan disusun serta disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.



Prakiraan Cuaca
14 February 2016
Medan
Hujan Ringan
23 - 33°C
Padang
Berawan
22 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
24 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 34°C
Manado
Hujan Ringan
22 - 31°C
Makassar
Hujan Ringan
24 - 31°C
Ternate
Cerah Berawan
24 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 33°C
Sorong
Berawan
24 - 32°C
Kupang
Hujan Ringan
25 - 32°C
Denpasar
Hujan Sedang
24 - 31°C
Jakarta
Hujan Sedang
23 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
21 - 30°C
Semarang
Hujan Ringan
25 - 31°C
Surabaya
Hujan Sedang
25 - 32°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
12 Februari 2016 - 17:02:24 WIB


Lokasi :
9.77 LS - 119.34 BT
Kedalaman : 10 Km

14 km BaratDaya SUMBABARAT-NTT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya