SOSIALISASI UNDANG UNDANG NO 31 TAHUN 2009 DAN PERATURAN PEMERINTAH NO 46


Biro Hukum dan Organisasi melalui Bagian Peraturan dan Perundangan dan Bantuan Hukum BMKG mengadakan kegiatan Sosialisasi Undang - undang No. 31 tahun 2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2012 mengenai penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data MKG di Hotel Bumi Surabaya, Senin (24/9). Dalam kegiatan ini turut mengundang Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Drs. Sudarmawan. MM, Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM Nasrudin SH. MH, serta peserta dari lingkungan BPBD, Pemerintah Provinsi, Kesbang Polimas, Stasiun Meteorologi dan Geofisika BMKG di wilayah Jawa Timur. 

Acara dimulai dengan pembacaan kata sambutan Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc yang disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah III, I Wayan Suardana, SE. MM. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa penyusunan Undang - Undang tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika berdasar pada penyelenggaraan cuaca, iklim dan kegempaan yang sebelumnya regulasinya tersebar di dalam berbagai undang-undang, maka dari itu dibentuklah Undang - Undang No. 31 tahun 2009 tentang MKG yang memiliki Visi Terwujudnya landasan hukum dalam pelaksanaan penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk menjamin tersedianya informasi MKG yang cepat, tepat sasaran, dan akurat untuk keselamatan dan kesejahteraaan masyarakat, yang dalam hal ini  informasi peringatan  dini tentang MKG sangat diperlukan untuk mengurangi dampak kerugian terutama korban jiwa. Selain itu pembentukan undang - undang tentang MKG ini juga berguna untuk menjawab perkembangan penyelenggaraan MKG sampai kurun waktu 20 tahun mendatang.

Pembicara pertama dalam sosialisasi Sekretaris Utama BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menjelaskan mulai dari latar belakang terciptanya Undang - undang No. 31 tahun 2009, Kronologis dan Proses Penyusunan, Anatomi UU Nomor 31 Tahun 2009 serta Penjelasan Bab per Bab. Undang - undang No. 31 tahun 2009 ini tercipta atas dasar berbagai bencana yang terjadi dalam kehidupan masyarakat baik itu yang disebabkan oleh alam maupun manusia, kurangnya pemahaman manusia terhadap karakteristik bencana, kurang tepatnya informasi peringatan dini, serta ketidakberdayaan manusia.

Dilanjutkan dengan pembicara kedua Nasrudin SH. MH yang menjelaskan lebih detail mengenai  Undang - Undang No. 31 tahun 2009 dan  Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2012 mengenai penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaaan data MKG. Kemudian sebelum acara berakhir, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan kedua pembicara.   

::: Humas


  » Informasi lainnya...

TINGKATKAN KAPASITAS MARITIM BMKG GELAR WORKSHOP [31/8/2015]
Denpasar, Senin (24/8) Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan informasi cuaca maritim, Pusat Meteorologi Penerbangan dan Maritim melaksanakan kegitan Workshop Meteorologi Maritim tahun 2015 dengan tema Optimalisasi Model Gelombang untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Cuaca Maritim Workshop ini dilakukan untuk memfokuskan teknis operasional produk layanan informasi cuaca maritim agar tercapai adanya keseragaman informasi yang dikeluarkan BMKG Pusat dan UPT BMKG daerah sehingga pengguna jasa yang mendapatkan informasi BMKG tidak mendapatkan kerancuan dan salah persepsi. Oleh karenanya perlu segera diberlakukan petunjuk teknis operasional meteorologi maritim yang baru sebagai pengganti petunjuk teknis yang lama yaitu SK.170/ME.007/KB/BMG-2006 Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 24-28 Agustus 2015 di Kantor Balai Besar Wilayah III - Denpasar. Workshop yang dibuka oleh Kepala Balai Besar Wilayah III, I Wayan Suardana, SE, MM mewakili Deputi Bidang Meteorologi BMKGini dihadiri oleh 31 peserta dari seluruh Stasiun Meteorologi Maritim dan Stasiun Meteorologi yang diperbantukan untuk menyediakan layanan cuaca Informasi Meteorologi Maritim. Di sela-sela kegiatan workshop, peserta melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL-KKP) di Perancak, Negara-Jembrana disertai dengan pemaparan project INDESO oleh Kepala BPOL, Dr. Bambang Sukresno, M.Si dan diakhiri dengan kunjungan ke ruangan operasional BPOL untuk melihat aktivitas riset dan penelitan tentang kelautan. Hal ini dilakukan dengan harapan agar instansi BMKG dan BPOL-KKP dapat saling bertukar data dan informasi kemaritiman. Di akhir kegiatan worskhop ditutup oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng yang dihadiri oleh Kepala Balai Besar Wilayah III dan Kepala UPT BMKG se-Bali. Kiranya workshop meteorologi maritim tahun 2015 bisa semakin meningkatkan kemampuan dan inovasi pelayanan cuaca maritim yang akurat dan terpercaya.


BMKG SIAPKAN GOVERNMENT PUBLIC RELATION [29/8/2015]
Bandung - Freddy Tulung perwakilan dari dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Eko Sulistiyo dari Kantor Staf Presiden(KSP), Heri Rachmadi dari Kementerian PAN RB, hadir sebagai narasumber dalam acara Kongres Humas Indonesia. Acara tersebut mengemukakan pentingnya Government Public Relation (GPR). Menyambut GPR, wakil dari BMKG untuk menghadiri kongres, Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media, Ahmad Taufan Maulana beserta dua orang staf Humas BMKG.


KUNJUNGAN HUMAS WMO KE BMKG [28/8/2015]
Jakarta (8/28) Clare Nullis, Press Officer dari World Meteorological Organization (WMO), mengunjungi BMKG untuk bertemu dengan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.


DELEGASI INDONESIA HADIRI ASEAN-SCMG KE 37 DI KUALA LUMPUR [28/8/2015]
Asean Sub - Committe On Meteorology And Geophysics (ASEAN-SCMG) sebagai Sub-Komite yang berada di bawah naungan ASEAN dan bergerak di bidang jasa pelayanan meteorologi dan geofisika menyelenggarakan kegiatan pertemuan ke 37, Selasa - Kamis (25-27/8) di Kuala Lumpur, Malaysia.


BIMBINGAN TEKNIS REVIU RENCANA KERJA ANGGARAN KEMENTERIAN LEMBAGA [27/8/2015]
Jakarta (8/27) Bertempat di Ruang Rapat G 1 BMKG Pusat, BMKG mengadakan bimbingan teknis Reviu Rencana Kerja Anggaran Kementrian / Lembaga (RKA-K/L).


SEKOLAH LAPANG IKLIM MENDAPAT PERHATIAN FAO [27/8/2015]
Jakarta, (8/27) BMKG mendapat kunjungan dari perwakilan FAO, UN Red Cross dan OCHA Indonesia. Mark Smulders sebagai FAO Representative, beserta beberapa staf FAO lainnya, disambut langsung oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng yang didampingi oleh Drs. Yunus Subagyo Swarinoto, M.Si, Drs. Untung Merdijanto, M.Si dan Dra. Nurhayati, M.Sc.


TRAINING OF TRAINER COURSE CFS FOR ASIA PACIFIC [25/8/2015]
Citeko, Selasa (25/8) Semenjak tahun 2011 BMKG telah menyelenggarakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim secara bertahap hingga pada tahun 2015, dan sampai saat ini kegiatan SLI yang telah sukses sudah diselenggarakan di 33 Provinsi di Indonesia.


BMKG DAN LIPI SEPAKATI KERJASAMA [24/8/2015]
Cibinong, Dalam rangka mewujudkan kepedulian dan partisipasi dalam memberikan sumbangan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara. BMKG dan LIPI menandatangani Nota Kesepahaman bersama di Gedung LIPI - Cibinong Bogor, Senin (24/8).


PENUTUPAN PEKAN OLAH RAGA DALAM RANGKA PERINGATAN HMKGN KE 68 DAN HUT RI KE 70 [21/8/2015]
Jakarta, Jumat (21/8) Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng, secara resmi menutup pekan olah raga dalam rangka memperingati hari Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Nasional ke 68 serta ulang tahun Republik Indonesia yang ke 70, yang berlansung sejak tanggal 24 Juli hingga 21 Agustus 2015. Kepala BMKG dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya pada panitia yang sudah memberikan usaha terbaik dalam menyukseskan perayaan HMKGN dan HUT RI tahun ini.


UKUR GAS RUMAH KACA, BMKG OPERASIKAN GAW [18/8/2015]
Jakarta, Selasa(18/8/2015)- Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya,M.Eng dalam acara Internasional Workshop of GAW Activity 2015 di Jakarta, menjelaskan dua Stasiun Pemantau Atmosfer Global atau Global Atmosphere Watch (GAW) milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan beroperasi di Bariri-Palu(mewakili bagian Tengah) dan Sorong-Papua(mewakili bagian Timur) pada 2016.



Prakiraan Cuaca
01 September 2015
Medan
Hujan Ringan
23 - 34°C
Padang
Berawan
23 - 31°C
Palembang
Cerah Berawan
23 - 34°C
Bengkulu
Berawan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Ringan
25 - 34°C
Palangkaraya
Cerah Berawan
21 - 34°C
Manado
Cerah Berawan
23 - 33°C
Makassar
Cerah Berawan
25 - 32°C
Ternate
Berawan
24 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
23 - 28°C
Jayapura
Cerah Berawan
24 - 33°C
Sorong
Berawan
23 - 31°C
Kupang
Cerah
21 - 32°C
Denpasar
Hujan Ringan
23 - 31°C
Jakarta
Cerah Berawan
23 - 34°C
Bandung
Cerah Berawan
18 - 32°C
Semarang
Cerah Berawan
23 - 34°C
Surabaya
Cerah
23 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
31 Agustus 2015 - 15:12:56 WIB


Lokasi :
2.13 LU - 127.58 BT
Kedalaman : 10 Km

77 km BaratLaut HALMAHERAUTARA-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya