SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH RI NO 4 TAHUN 2012 DAN PERATURAN PEMERINTAH NO 46 TAHUN 2012


Biro Hukum Dan Organisasi melalui bagian Peraturan Perundangan dan Bantuan hukum menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada BMKG dan Peraturan Pemerintah RI No. 46 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Kamis (18/10) di Chrysant Room Hotel Plaza Inn, Kendari. Peserta dari KUPT dan pegawai antara lain Stasiun Meteorologi Bau-Bau, Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Stasiun Geofisika Kendari, Stasiun Meteorologi Pomalaa Kolaka di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.
Diawali sambutan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Beto Ambari Bau-Bau Addi Setiadi SIP, selaku Koordinator UPT BMKG untuk Provinsi Sulawesi Tenggara bahwa acara sosialisasi ini diselenggarakan di kota Kendari melalui Biro Hukum dan Organisasi terkait dengan Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada BMKG dan Peraturan Pemerintah RI No. 46 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sehingga dapat memberikan pemahaman terkait Peraturan Pemerintah.   
Dilanjutkan dengan Arahan Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG sekaligus membuka acara sosialisasi, menjelaskan tentang hal yang sangat perlu diperhatikan berkaitan dengan PP mengenai PNBP BMKG adalah seluruh PNBP yang diterima di lingkungan BMKG wajib disetor langsung / secepatnya ke kas negara dan penyetoran PNBP tidak boleh dilakukan lebih dari 24 jam dan dilarang dimasukkan ke rekening pribadi.
Dalam sambutan Kepala BMKG yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Darwahyuniati SH. MH, mengatakan dalam Peraturan Pemerintah tersebut juga mengatur bahwa PNBP dapat dikenakan tarif sebesar nol rupiah, dengan syarat tertentu untuk kegiatan antara lain berkaitan dengan komitmen internasional, penanggulangan bencana, kegiatan sosial dan keagamaan, hankam, pendidikan dan penelitian non komersil dengan melampirkan surat keterangan, perjanjian pelaksanaan pemerintah daerah maupun pusat  dengan BMKG atau MoU.
Dalam presentasinya Ibu Darwahyuniati juga menjelaskan bahwa Peraturan Pemerintah No. 46  yang terbagi dalam 7 Bab ini merupakan pendelegasian dari UU MKG No. 31 Tahun 2009, pada Bab I penjelasan mengenai Ketentuan umum, bab II-IV mengenai permasalahan pokok dalam Pengamatan, Pengelolaan data, dan Prasarana serta sarana penyelenggaraan pengamatan dan pengelolaan data, bab   V mengenai Pembinaan, bab VI sanksi administratif dan bab VII mengenai Ketentuan penutup. Dalam Peraturan Pemerintah ini terdapat 15 pendelegasian pengaturan lebih lanjut, yang ditetapkan Kepala Badan, baik itu bersifat Pengaturan maupun Penetapan.
::: Humas


  » Informasi lainnya...

INDONESIA MAMPU LAKUKAN OBSERVASI DI SAMUDERA HINDIA [22/5/2015]
AKARTA-Jumat, (22/5). Kegiatan pelayaran Indonesia PRIMA ini merupakan suatu misi pelayaran yang merupakan kerjasama antara BMKG dengan NOAA dan didukung oleh BPPT yang bertujuan untuk melakukan pengamatan cuaca dan iklim di kelautan. Kegiatan ini pertama kali dilakukan oleh BMKG. Hal ini diutarakan oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng didepan media massa saat penutupan kegiatan pelayaran Indonesia Prima yang telah dilakukan selama satu bulan dari 16 April-15 Mei 2015 dengan menggunakan kapal suvey Baruna Jaya I milik BPPT di Pasifik Place.


ASEAN CLIMATE OUTLOOK FORUM (ASEANCOF-4) [21/5/2015]
Jakarta (21/5) BMKG menjadi tuan rumah dalam gelaran ke 4 ASEAN Climate Outlook Forum. Acara yang diadakan di gedung Serbaguna BMKG Pusat ini, akan diadakan selama 2 hari dari tanggal 21-22 Mei 2015.


PEMBINAAN SISTEM AKUNTANSI BMKG [20/5/2015]
Bogor-Selasa(19/5/2015) - Dengan tema implementasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual(SAIBA) menuju laporan keuangan yang akuntabel, Kepala BMKG, Dr.Andi Eka Sakya,M.Eng membuka dan memberikan arahan dalam acara pembinaan sistem akuntansi keuangan dengan peserta dari lingkungan BMKG Pusat maupun daerah yang digelar pada tanggal 18-22 Mei 2015 di gedung serba guna Citeko, Bogor.


THE 7ITWCVP [18/5/2015]
Jakarta, Senin, (18/5) Bertempat di ruang Esquire Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama dengan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat, World Meteorological Organization (WMO), dan United States Agency for International Development (USAID) menyelenggarakan ``Seventh International Training Workshop Climate Variability and Prediction (7ITWCVP)``. Kegiatan ini diikuti oleh 7 negara ASEAN : Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Indonesia sebagai tuan rumah.


TINGKATKAN KUALITAS SDM, KEDEPUTIAN BIDANG GEOFISIKA ADAKAN WORKSHOP [18/5/2015]
Jakarta, Senin (18/5) Dibuka lansung oleh Dr. Masturyono, M.Sc , Deputi Bidang Geofisika adakan Workshop 3 hari dimulai dari tanggal 18 hingga 20 Mei 2015. Acara ini dihadiri oleh Drs. Untung Merdijanto, M.Si, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami, Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika dan Tanda Waktu, Kepala Biro Perencanaan, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kedeputian Bidang Geofisika, Kepala Bidang Geofisika Puslitbang dan para peserta.


SEKOLAH LAPANG IKLIM TAHAP I KEPUALAUAN BABEL [18/5/2015]
Senin, (11/5) Stasiun Meteorologi Klas I Pangkalpinang mengadakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim Tahap I yang diselenggarakan di Bada Diklat Provinsi Kepulaluan Bangka Belitung. Acara dibuka Kepala Pusat Iklim Agroklimat dan Iklim Maritim Dra. Nurhayati, M.Sc dan dihadiri Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Babel Dr. Ir. Rubiyo, M.Si.


AKREDITASI JURNAL ILMIAH [15/5/2015]
JAKARTA, Jurnal Meteorologi dan Geofisika yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan akhirnya kembali memperoleh pengakuan sebagai jurnal ilmiah dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) setelah mendapatkan sertifikat akreditasi jurnal ilmiah yang diserahkan oleh Wakil Kepala LIPI, Kamis (30/4/2015).


MOU BMKG DENGAN KEMKOMINFO [12/5/2015]
Jakarta, Selasa (12/5) Dalam rangka peningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk penyebaran infromasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, BMKG melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi di ruang serbaguna Kemkominfo. Penandatanganan ini dilakukan dengan maksud untuk memberikan dukungan legalitas formal bagi masing-masing Instansi dalam menjalankan operasionalnya.


GEMPABUMI SOLOMON ISLAND TANGGAL 7 MEI 2015 KEKUATAN 7.1 Mw TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI DI WILAYAH INDONESIA [7/5/2015]
Gempabumi berkekuatan 7.1 Mw terjadi di Solomon Island tanggal 7 Mei 2015 pukul 14:10:25 WIB 7.32 LS 154.49 BT dengan kedalaman 38 km, untuk gempa ini BMKG tidak mendiseminasikan peringatan dini tsunami.


BUKA RAKORNAS, MENKO MARITIM APRESIASI BMKG [5/5/2015]
JAKARTA, 5 Mei 2015 - ``Kita hidup di wilayah supermarket bencana, baik geologis maupun hidrometeorologis,`` terang Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Prof. DR. Dwisuryo Indroyono Susilo dalam sambutan pembukaan acara Rapat Koordinasi Nasional BMKG tahun 2015. Acara dibuka Menko Maritim dengan pemukulan gong disaksikan Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya, Wakil Ketua Komisi V DPR RI,Wakil Ketua KPK, wakil dari : para menteri kabinet kerja, TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat, Kepolisian RI, BNPB, LAPAN, Basarnas, Ristek, dan seluruh peserta Rakornas di auditorium gedung utama BMKG.



Prakiraan Cuaca
23 May 2015
Medan
Hujan Ringan
25 - 33°C
Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Palembang
Berawan
25 - 34°C
Bengkulu
Cerah Berawan
24 - 33°C
Pontianak
Hujan Ringan
24 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 33°C
Makassar
Berawan
25 - 33°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
25 - 31°C
Jayapura
Hujan Sedang
23 - 33°C
Sorong
Hujan Ringan
25 - 32°C
Kupang
Berawan
23 - 32°C
Denpasar
Berawan
22 - 32°C
Jakarta
Cerah Berawan
26 - 34°C
Bandung
Berawan
22 - 31°C
Semarang
Cerah Berawan
24 - 34°C
Surabaya
Cerah Berawan
23 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
23 Mei 2015 - 02:37:57 WIB


Lokasi :
3.67 LS - 135.92 BT
Kedalaman : 10 Km

47 km TimurLaut DOGIYAI-PAPUA
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya