SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH RI NO 4 TAHUN 2012 DAN PERATURAN PEMERINTAH NO 46 TAHUN 2012


Biro Hukum Dan Organisasi melalui bagian Peraturan Perundangan dan Bantuan hukum menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada BMKG dan Peraturan Pemerintah RI No. 46 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Kamis (18/10) di Chrysant Room Hotel Plaza Inn, Kendari. Peserta dari KUPT dan pegawai antara lain Stasiun Meteorologi Bau-Bau, Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Stasiun Geofisika Kendari, Stasiun Meteorologi Pomalaa Kolaka di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.
Diawali sambutan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Beto Ambari Bau-Bau Addi Setiadi SIP, selaku Koordinator UPT BMKG untuk Provinsi Sulawesi Tenggara bahwa acara sosialisasi ini diselenggarakan di kota Kendari melalui Biro Hukum dan Organisasi terkait dengan Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada BMKG dan Peraturan Pemerintah RI No. 46 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sehingga dapat memberikan pemahaman terkait Peraturan Pemerintah.   
Dilanjutkan dengan Arahan Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG sekaligus membuka acara sosialisasi, menjelaskan tentang hal yang sangat perlu diperhatikan berkaitan dengan PP mengenai PNBP BMKG adalah seluruh PNBP yang diterima di lingkungan BMKG wajib disetor langsung / secepatnya ke kas negara dan penyetoran PNBP tidak boleh dilakukan lebih dari 24 jam dan dilarang dimasukkan ke rekening pribadi.
Dalam sambutan Kepala BMKG yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Darwahyuniati SH. MH, mengatakan dalam Peraturan Pemerintah tersebut juga mengatur bahwa PNBP dapat dikenakan tarif sebesar nol rupiah, dengan syarat tertentu untuk kegiatan antara lain berkaitan dengan komitmen internasional, penanggulangan bencana, kegiatan sosial dan keagamaan, hankam, pendidikan dan penelitian non komersil dengan melampirkan surat keterangan, perjanjian pelaksanaan pemerintah daerah maupun pusat  dengan BMKG atau MoU.
Dalam presentasinya Ibu Darwahyuniati juga menjelaskan bahwa Peraturan Pemerintah No. 46  yang terbagi dalam 7 Bab ini merupakan pendelegasian dari UU MKG No. 31 Tahun 2009, pada Bab I penjelasan mengenai Ketentuan umum, bab II-IV mengenai permasalahan pokok dalam Pengamatan, Pengelolaan data, dan Prasarana serta sarana penyelenggaraan pengamatan dan pengelolaan data, bab   V mengenai Pembinaan, bab VI sanksi administratif dan bab VII mengenai Ketentuan penutup. Dalam Peraturan Pemerintah ini terdapat 15 pendelegasian pengaturan lebih lanjut, yang ditetapkan Kepala Badan, baik itu bersifat Pengaturan maupun Penetapan.
::: Humas


  » Informasi lainnya...

KOMISI V DPR SEPAKATI PENYERAPAN ANGGARAN BMKG [4/9/2015]
JAKARTA, Rabu (3/9). Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francais menyerahkan laporan hasil kunjungan kerja ke daerah-daerah dari data dan informasi yang diperoleh dari sektor Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika kepada Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng di saksikan Wakil Ketua Komisi V Lasarus, S.Sos, M.Si di Ruang Rapat Komisi V Gedung Nusantara DPR MPR.


BANGUN SINERGI, BMKG GELAR SARASEHAN [3/9/2015]
Jambi, Kamis (3/9), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar kegiatan sarasehan survei indeks kepuasan masyarakat (SIKM). Pada periode tahun anggaran 2015 sarasehan diprogramkan dilaksanakan di 3 (tiga) tempat yakni di Jambi, Mataram dan Surabaya. Sarasehan SIKM di Jambi, dilaksanakan pada hari Kamis, 3 September bertempat di Hotel Ratu Residence, dihadiri 60 orang peserta dengan mengundang kurang lebih 25 institusi pemangku kepentingan (stake holder) dari berbagai sektor meliputi pertanian, perkebunan, pelayaran, penerbangan, pendidikan dan lingkungan hidup serta penanggulangan bencana.


WORKSHOP SIMAK BMN TAHUN 2015 [2/9/2015]
CITEKO, BOGOR(2/9/2015) - Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya,M.Eng dalam sambutan pembukaan acara Workshop SIMAK Barang Milik Negara (BMN) yang diikuti 148 peserta di lingkungan BMKG mengatakan bahwa penyusunan laporan BMN yang tepat dan akurat merupakan urat nadi dari sebuah organisasi. Hal ini sangat penting sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) atau Wajar Dengan Pengecualian(WDP) yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai dari tunjangan kinerja.


DATA INFORMASI MKG DARI BMKG JELAS SANGAT DIBUTUHKAN [1/9/2015]
Jakarta, Demikian ungkapan yang diutarakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Rizal Ramli pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara BMKG dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (1/9) di Kantor Menko Maritim Gedung BPPT 1


TINGKATKAN KAPASITAS MARITIM BMKG GELAR WORKSHOP [31/8/2015]
Denpasar, Senin (24/8) Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan informasi cuaca maritim, Pusat Meteorologi Penerbangan dan Maritim melaksanakan kegitan Workshop Meteorologi Maritim tahun 2015 dengan tema Optimalisasi Model Gelombang untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Cuaca Maritim Workshop ini dilakukan untuk memfokuskan teknis operasional produk layanan informasi cuaca maritim agar tercapai adanya keseragaman informasi yang dikeluarkan BMKG Pusat dan UPT BMKG daerah sehingga pengguna jasa yang mendapatkan informasi BMKG tidak mendapatkan kerancuan dan salah persepsi. Oleh karenanya perlu segera diberlakukan petunjuk teknis operasional meteorologi maritim yang baru sebagai pengganti petunjuk teknis yang lama yaitu SK.170/ME.007/KB/BMG-2006 Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 24-28 Agustus 2015 di Kantor Balai Besar Wilayah III - Denpasar. Workshop yang dibuka oleh Kepala Balai Besar Wilayah III, I Wayan Suardana, SE, MM mewakili Deputi Bidang Meteorologi BMKGini dihadiri oleh 31 peserta dari seluruh Stasiun Meteorologi Maritim dan Stasiun Meteorologi yang diperbantukan untuk menyediakan layanan cuaca Informasi Meteorologi Maritim. Di sela-sela kegiatan workshop, peserta melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL-KKP) di Perancak, Negara-Jembrana disertai dengan pemaparan project INDESO oleh Kepala BPOL, Dr. Bambang Sukresno, M.Si dan diakhiri dengan kunjungan ke ruangan operasional BPOL untuk melihat aktivitas riset dan penelitan tentang kelautan. Hal ini dilakukan dengan harapan agar instansi BMKG dan BPOL-KKP dapat saling bertukar data dan informasi kemaritiman. Di akhir kegiatan worskhop ditutup oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng yang dihadiri oleh Kepala Balai Besar Wilayah III dan Kepala UPT BMKG se-Bali. Kiranya workshop meteorologi maritim tahun 2015 bisa semakin meningkatkan kemampuan dan inovasi pelayanan cuaca maritim yang akurat dan terpercaya.


BMKG SIAPKAN GOVERNMENT PUBLIC RELATION [29/8/2015]
Bandung - Freddy Tulung perwakilan dari dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Eko Sulistiyo dari Kantor Staf Presiden(KSP), Heri Rachmadi dari Kementerian PAN RB, hadir sebagai narasumber dalam acara Kongres Humas Indonesia. Acara tersebut mengemukakan pentingnya Government Public Relation (GPR). Menyambut GPR, wakil dari BMKG untuk menghadiri kongres, Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media, Ahmad Taufan Maulana beserta dua orang staf Humas BMKG.


KUNJUNGAN HUMAS WMO KE BMKG [28/8/2015]
Jakarta (8/28) Clare Nullis, Press Officer dari World Meteorological Organization (WMO), mengunjungi BMKG untuk bertemu dengan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.


DELEGASI INDONESIA HADIRI ASEAN-SCMG KE 37 DI KUALA LUMPUR [28/8/2015]
Asean Sub - Committe On Meteorology And Geophysics (ASEAN-SCMG) sebagai Sub-Komite yang berada di bawah naungan ASEAN dan bergerak di bidang jasa pelayanan meteorologi dan geofisika menyelenggarakan kegiatan pertemuan ke 37, Selasa - Kamis (25-27/8) di Kuala Lumpur, Malaysia.


BIMBINGAN TEKNIS REVIU RENCANA KERJA ANGGARAN KEMENTERIAN LEMBAGA [27/8/2015]
Jakarta (8/27) Bertempat di Ruang Rapat G 1 BMKG Pusat, BMKG mengadakan bimbingan teknis Reviu Rencana Kerja Anggaran Kementrian / Lembaga (RKA-K/L).


SEKOLAH LAPANG IKLIM MENDAPAT PERHATIAN FAO [27/8/2015]
Jakarta, (8/27) BMKG mendapat kunjungan dari perwakilan FAO, UN Red Cross dan OCHA Indonesia. Mark Smulders sebagai FAO Representative, beserta beberapa staf FAO lainnya, disambut langsung oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng yang didampingi oleh Drs. Yunus Subagyo Swarinoto, M.Si, Drs. Untung Merdijanto, M.Si dan Dra. Nurhayati, M.Sc.



Prakiraan Cuaca
05 September 2015
Medan
Hujan Ringan
23 - 33°C
Padang
Berawan
23 - 31°C
Palembang
Berawan
23 - 34°C
Bengkulu
Cerah Berawan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Ringan
25 - 35°C
Palangkaraya
Cerah Berawan
20 - 34°C
Manado
Berawan
22 - 34°C
Makassar
Cerah
21 - 34°C
Ternate
Hujan Ringan
23 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
21 - 29°C
Jayapura
Berawan
23 - 33°C
Sorong
Hujan Ringan
23 - 31°C
Kupang
Cerah
21 - 33°C
Denpasar
Berawan
24 - 31°C
Jakarta
Cerah Berawan
24 - 34°C
Bandung
Cerah Berawan
18 - 32°C
Semarang
Cerah
23 - 35°C
Surabaya
Cerah
22 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
05 September 2015 - 03:08:31 WIB


Lokasi :
8.23 LS - 107.31 BT
Kedalaman : 10 Km

109 km BaratDaya GARUT-JABAR
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya