SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH RI NO 4 TAHUN 2012 DAN PERATURAN PEMERINTAH NO 46 TAHUN 2012


Biro Hukum Dan Organisasi melalui bagian Peraturan Perundangan dan Bantuan hukum menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada BMKG dan Peraturan Pemerintah RI No. 46 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Kamis (18/10) di Chrysant Room Hotel Plaza Inn, Kendari. Peserta dari KUPT dan pegawai antara lain Stasiun Meteorologi Bau-Bau, Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Stasiun Geofisika Kendari, Stasiun Meteorologi Pomalaa Kolaka di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.
Diawali sambutan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Beto Ambari Bau-Bau Addi Setiadi SIP, selaku Koordinator UPT BMKG untuk Provinsi Sulawesi Tenggara bahwa acara sosialisasi ini diselenggarakan di kota Kendari melalui Biro Hukum dan Organisasi terkait dengan Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada BMKG dan Peraturan Pemerintah RI No. 46 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sehingga dapat memberikan pemahaman terkait Peraturan Pemerintah.   
Dilanjutkan dengan Arahan Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG sekaligus membuka acara sosialisasi, menjelaskan tentang hal yang sangat perlu diperhatikan berkaitan dengan PP mengenai PNBP BMKG adalah seluruh PNBP yang diterima di lingkungan BMKG wajib disetor langsung / secepatnya ke kas negara dan penyetoran PNBP tidak boleh dilakukan lebih dari 24 jam dan dilarang dimasukkan ke rekening pribadi.
Dalam sambutan Kepala BMKG yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Darwahyuniati SH. MH, mengatakan dalam Peraturan Pemerintah tersebut juga mengatur bahwa PNBP dapat dikenakan tarif sebesar nol rupiah, dengan syarat tertentu untuk kegiatan antara lain berkaitan dengan komitmen internasional, penanggulangan bencana, kegiatan sosial dan keagamaan, hankam, pendidikan dan penelitian non komersil dengan melampirkan surat keterangan, perjanjian pelaksanaan pemerintah daerah maupun pusat  dengan BMKG atau MoU.
Dalam presentasinya Ibu Darwahyuniati juga menjelaskan bahwa Peraturan Pemerintah No. 46  yang terbagi dalam 7 Bab ini merupakan pendelegasian dari UU MKG No. 31 Tahun 2009, pada Bab I penjelasan mengenai Ketentuan umum, bab II-IV mengenai permasalahan pokok dalam Pengamatan, Pengelolaan data, dan Prasarana serta sarana penyelenggaraan pengamatan dan pengelolaan data, bab   V mengenai Pembinaan, bab VI sanksi administratif dan bab VII mengenai Ketentuan penutup. Dalam Peraturan Pemerintah ini terdapat 15 pendelegasian pengaturan lebih lanjut, yang ditetapkan Kepala Badan, baik itu bersifat Pengaturan maupun Penetapan.
::: Humas


  » Informasi lainnya...

BMKG JADI KANDIDAT KANTOR PERWAKILAN WMO [25/2/2015]
Jakarta, Selasa (24/2)-Indonesia melalui BMKG menjadi kandidat kantor perwakilan World meteorology Organization (WMO) Wilayah Asia dan Pasifik Barat Daya. Tim WMO berkunjung ke BMKG untuk mengevaluasi proposal yang diajukan Indonesia.


KEPALA STAF TNI ANGKATAN LAUT RI TINJAU BMKG [24/2/2015]
JAKARTA, Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi Drs. Untung Merdijanto, M.Sc Deputi Inskalrekjarkom, menerima lawatan kunjungan kerja Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi di Kantor BMKG Kemayoran, Selasa (24/2).


DIKLAT SAKIP MENJADIKAN PROFESIONALISME SDM BMKG [24/2/2015]
JAKARTA, 30 peserta terdiri dari 25 pegawai BMKG Pusat dan 5 dari Daerah mengikuti DIklat SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Tahun 2015, yang di gelar oleh Pusdiklat BMKG di Ruang Serbaguna BMKG, Selasa (24/2).


TINGKATKAN KINERJA, BMKG GELAR DIKLAT [24/2/2015]
Citeko-Bogor, Selasa(24/2/2015) - Instruksi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kemampuan aparatur sipil negara ditindaklanjuti BMKG dengan melaksanakan Diklat fungsional PMG Ahli angkatan I,II, dan ToT Sekolah Lapang Iklim (SLI) tahun 2015 yang dibuka oleh Plt.Sestama Dr.Masturyono.


BMKG MOU DENGAN BASARNAS [20/2/2015]
Cariu,Bogor - BMKG memberikan Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika untuk layanan jasa Search And Rescue (SAR) kepada masyarakat. Untuk kelancaran koordinasinya maka dilakukan Memorandum Saling Pengertian antara BMKG dengan Basarnas bersama dengan BPPT, ORARI, IOF, Federasi Pilot Ind...


USA BERI DUKUNGAN PENUH UNTUK BMKG [18/2/2015]
Jakarta, Selasa (17/2) Harapan Presiden Jokowi untuk mengembalikan Indonesia menjadi bangsa pelaut kembali nampaknya direspon cukup cepat oleh Kementerian/Lembaga di era Kabinet Kerja saat ini.


AKSI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PROVINSI RIAU [17/2/2015]
Pekanbaru, Senin (16/2) Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi Deputi Meteorologi Dr. Yunus Subagyo Swarinoto,M.Si,Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Drs. Hery Saroso serta Kasmet Pekanbaru dan Rengat mengikuti Rapat Koordinasi Rencana Aksi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla yang dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, di Gedung Daerah Prov. Riau.


SINDO TRIJAYA FM MERAMBAH `DAPUR` BMKG [13/2/2015]
Jakarta-(13/2). BMKG saat ini tidak hanya sebagai teman tetapi sudah menjadi kerabat karena setiap pagi, selalu ada laporan cuaca dari forecaster BMKG.Kami sangat berterima kasih kepada BMKG sangat cepat dalam memberikan layanan informasi . Hal ini diutarakan oleh Gaib, Pimpinan Redaksi Trijaya FM saat melakukan kunjungan ke BMKG.


NATIONAL CLIMATE OUTLOOK FORUM [12/2/2015]
JAKARTA, Kamis (12/2) Dra. Nurhayati, M. Sc Kepala Pusat Iklim, Agroklimat dan Iklim Maritim yang mewakili Kepala BMKG, membuka secara resmi National Climate Outlook Forum (NCOF), bertempat di Ruang Rapat BMKG Lantai 12, yang dihadiri oleh Perwakilan Stakeholder terkait diantaranya dari BNPB, LAPAN, Kementerian Pertanian, BPPT, IPB, ITB dan Balitbang Kemen PU serta Pejabat Eselon II,III dan IV Bidang Klimatologi.


INDONESIA PERLU DATA SEISMIK DAN DATA BUOY [11/2/2015]
Jakarta, Rabu(11/2/2015) - Kerjasama antara Indonesia yang diwakili oleh BMKG dengan negara-negara di kawasan Laut Cina Selatan, khususnya mitigasi bencana dan peringatan dini tsunami terus ditingkatkan dalam bentuk pelaksanaan program pertukaran data seismik dan data buoy dengan negara-negara dikawasan Laut Cina Selatan.



Prakiraan Cuaca
28 February 2015
Medan
Berawan
23 - 34°C
Padang
Hujan Ringan
22 - 32°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
24 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 34°C
Manado
Hujan Ringan
22 - 31°C
Makassar
Hujan Ringan
24 - 31°C
Ternate
Hujan Ringan
24 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 31°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Kupang
Hujan Ringan
24 - 31°C
Denpasar
Hujan Ringan
24 - 33°C
Jakarta
Hujan Ringan
24 - 32°C
Bandung
Hujan Sedang
22 - 31°C
Semarang
Hujan Ringan
24 - 32°C
Surabaya
Hujan Ringan
23 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
28 Februari 2015 - 17:53:04 WIB


Lokasi :
9.05 LS - 118.91 BT
Kedalaman : 114 Km

36 km Tenggara BIMA-NTB
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya