SOSIALISASI KE MEDIA MASSA BALIKPAPAN


Dalam paparannya Hary Tirto,ST selaku nara sumber bidang meteorologi, menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan media massa ketika menanyakan perubahan cuaca tiga bulan kedepan. Tentu  pertanyaan ini membingungkan. Sebab cuaca itu dinamis, selalu berubah-ubah. Sekarang dan besok belum tentu sama. Kemudian rentang waktu cuaca hanya bebarapa hari. Jadi untuk pertanyaan tiga bulan kedepan itu masuk pada iklim bukan cuaca, ujar Hary Tirto.
Begitu juga ketika ada berita Badai Katherina akan menerjang Indonesia. Menurut Joko Budi Utomo,ST  dalam paparan bidang klimatologi, hal itu tidak mungkin. Karena nama Badai Katherina adalah nama badai yang sudah dipatenkan di Amerika untuk kejadian badai kala itu. Kemudian melihat data, Indonesia bukan daerah yang dilalui badai. Jadi bila ada berita demikian itu hanyalah isu.
Kemudian Drs. Budi Waluyo, Dipl. Seis  dalam paparan bidang geofisika menjelaskan bahwa Kalimantan relatif aman dari gempa dan tsunami bila dilihat dari letak geografisnya. Jadi, Jika ada berita terkait gempa dan tsunami di Kalimantan jangan langsung dipercaya.
Selanjutnya Ketua UPT BMKG Sepinggan Balikpapan, Drs.Imam Mashudi menyampaikan kesiapannya untuk one stop shoping informasi MKG bagi wartawan. Silahkan datang ke kantor, kami siap memeberikan informasi yang Anda butuhkan, Ujarnya.
Kemudian menurut Redaktur Pelaksana Tribun Kaltim, Priyo Purnomo mengakui terjadinya gab pengetahuan yang besar antara BMKG dengan wartawan. Untuk itu perlu dilakukan transfer pengetahuan kepada wartawan. Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan supaya gab tersebut mengecil. Dan perlu diketahui wartawan disini adalah wartawan sapu jagat, dalam arti semua bidang ditangani.
Kegiatan yang dihadiri para pekerja media massa di Balikpapan dibuka Walikota H. Rizal Effendi, SE. Pada kesempatan itu, beliau menyapaikan harapannya kepada media massa supaya dapat meliput informasi MKG dengan baik yang merupakan produk BMKG seperti cuaca ekstrim yang sering dialami di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. 
Terkait dengan peran media massa, Sekretaris Utama BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.,  dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya peran media massa dalam menyebarkan informasi produk BMKG. Dalam proses pelayanan informasi publik harus dilakukan secara cepat, tepat, teliti, dan menjangkau secara keseluruhan  serta dapat dipahami masyarakat dari Sabang sampai Marauke. Untuk membuat informasi MKG dipahami masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, peran media massa dalam hal ini sangatlah penting, ujarnya.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

KEPALA BMKG KALUNGI KOIN EMAS DARI ITB [3/7/2015]
Bandung, Karena dedikasinya sebagai individu yang telah memberikan prestasi dalam pengembangan Institut Teknologi Bandung Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menerima penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama di Aula Barat ITB, Jumat (3/7).


KEMENHUB BUKA POSKO LEBARAN, BMKG SIAP PANTAU [2/7/2015]
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyatakan kesiapannya dalam posko pemantauan mudik Lebaran 2015. Hal ini ditekankan saat Kementerian Perhubungan gelar apel gabungan angkutan lebaran dan peresmian posko pemantauan mudik Lebaran yang dipimpin oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis(2/7/2015).


RAPAT KOORDINASI INFORMASI CUACA ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2015 [1/7/2015]
Jakarta, Rabu (01/7) Rapat Koordinasi Informasi Cuaca Angkutan Lebaran tahun 2015, telah berlansung mulai tanggal 29 Juni - 1 Juli di Swiss-Belinn Hotel Kemayoran. Para peserta rapat adalah perwakilan dari 32 Stasiun Kordinator Posko Lebaran di seluruh Indonesia.


RAPAT PEMBAHASAN PRAKIRAAN MUSIM HUJAN 2015 [1/7/2015]
BOGOR - Deputi Bidang Klimatologi Dr.Widada Sulistya,DEA membuka sekaligus memberikan pengarahan seputar diseminasi informasi iklim, penentuan normal awal musim, selintas prakiraan musim sejak jaman jawa kuno sampai pengumpulan data ilmiah mutakhir kepada peserta rapat prakiraan musim hujan 2015/2016, senin(29/6) di ruang istana hotel salak Bogor.


SOSIALISASI POLA KARIR DAN MANAJEMEN ASN [29/6/2015]
JAKARTA, Kamis(25/6) - Pelaksanaan UU ASN Nomor 5 tahun 2014 yang berkaitan dengan manajemen ASN merupakan jalur untuk promosi dan pola karir. Sosialisasi pola karir dan manajemen ASN yang dibuka oleh Kepala BMKG, Dr.Andi Eka Sakya,M.Eng diikuti oleh pejabat eselon I, II, III, IV di lingkungan BMKG Pusat.


PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL BMKG TAHUN 2015 [26/6/2015]
Jakarta, Jumat (26/6) Sebanyak 30 orang pejabat struktural BMKG dilantik Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng di ruang Auditorium Kantor BMKG Pusat serta dihadiri oleh seluruh pejabat eselon I-IV kantor pusat.


RDP PENETAPAN PENDAHULUAN RAPBN TAHUN 2016 DAN PERSIAPAN MENYAMBUT IDUL FITRI [25/6/2015]
Jakarta, Rabu (24/6) Komisi V DPR -RI sebelum memasuki masa resesnya pada (3/7) kembali mengundang beberapa Kementerian/Lembaga untuk mengikuti Rapat Dengar Pendapat dengan 2 agenda pembahasan yakni terkait persiapan sarana dan prasarana transportasi dalam rangka penanganan arus mudik tahun 2015, serta penetapan pembicaraan pendahuluan RAPBN tahun 2016 di ruang rapat kerja Komisi V DPR-RI.


KONGRES WMO-17 DARI PERJUANGAN INDONESIA HINGGA PEMILIHAN SEKJEN WMO [25/6/2015]
(Kamis, 25/6) Kongres WMO ke-17, yang berlansung di kota Jenewa dari mulai 25 Mei hingga 17 Juni 2015, telah berakhir. Pada tahun ini, pertemuan Internasional WMO meliputi kegiatan 34th Meeting of The Financial Advisory Committee (FINAC-34) and BUR-74th Session (23-24 Mei), 17th World Meteorological Congress (25 Mei-12 Juni) dan juga pertemuan Executive Council-67th Session/EC-67th (15-17 Juni).


MONITORING PERKEMBANGAN EL NINO 2015 DAN ANTIPASI DAMPAKNYA DI INDONESIA [24/6/2015]
El Nino adalah suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut (SPL/SST) di samudera Pasifik sekitar ekuator khususnya di bagian tengah dan timur (sekitar pantai Peru) dan menurunnya suhu permukaan laut di samudera Pasifik sekitar ekuator bagian barat. Karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang saling terhubung, maka penyimpangan kondisi laut ini menyebabkan terjadinya penyimpangan pada kondisi atmosfer yang pada akhirnya berakibat pada terjadinya penyimpangan iklim.


KEMARAU TIBA, PROV RIAU ANTISIPASI KARHUTLA [23/6/2015]
Pekanbaru, Senin (22/6) Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, didampingi Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman, Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nur Masripatih, dan Sekretaris Umum Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi (BPPT),Sestama BNPB, Dody Ruswandi, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Danlanud RSN ,Kolonel PNB. M. Khairil Lubis, Kapus Meteorologi Publik BMKG, Drs. M. Prabowo, M.Sc, Kepala Stasiun Meteorologi Klas I Bandara SSK II Pekanbaru, Sugarin, mengikuti launching pelaksanaan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau penyemaian awan untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Posko Satgas Penanganan Karhutla, di Pangkalan TNI Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.



Prakiraan Cuaca
04 July 2015
Medan
Berawan
23 - 35°C
Padang
Cerah
23 - 32°C
Palembang
Berawan
24 - 33°C
Bengkulu
Cerah Berawan
23 - 32°C
Pontianak
Berawan
24 - 34°C
Palangkaraya
Berawan
23 - 33°C
Manado
Berawan
27 - 32°C
Makassar
Cerah Berawan
22 - 33°C
Ternate
Cerah Berawan
24 - 31°C
Ambon
Berawan
22 - 28°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 31°C
Sorong
Berawan
25 - 30°C
Kupang
Cerah
22 - 32°C
Denpasar
Berawan
22 - 32°C
Jakarta
Cerah Berawan
24 - 34°C
Bandung
Berawan
18 - 31°C
Semarang
Cerah Berawan
22 - 33°C
Surabaya
Cerah Berawan
22 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
03 Juli 2015 - 15:38:34 WIB


Lokasi :
1.29 LU - 127.12 BT
Kedalaman : 72 Km

49 km BaratDaya HALMAHERABARAT-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya