SOSIALISASI KE MEDIA MASSA BALIKPAPAN


Dalam paparannya Hary Tirto,ST selaku nara sumber bidang meteorologi, menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan media massa ketika menanyakan perubahan cuaca tiga bulan kedepan. Tentu  pertanyaan ini membingungkan. Sebab cuaca itu dinamis, selalu berubah-ubah. Sekarang dan besok belum tentu sama. Kemudian rentang waktu cuaca hanya bebarapa hari. Jadi untuk pertanyaan tiga bulan kedepan itu masuk pada iklim bukan cuaca, ujar Hary Tirto.
Begitu juga ketika ada berita Badai Katherina akan menerjang Indonesia. Menurut Joko Budi Utomo,ST  dalam paparan bidang klimatologi, hal itu tidak mungkin. Karena nama Badai Katherina adalah nama badai yang sudah dipatenkan di Amerika untuk kejadian badai kala itu. Kemudian melihat data, Indonesia bukan daerah yang dilalui badai. Jadi bila ada berita demikian itu hanyalah isu.
Kemudian Drs. Budi Waluyo, Dipl. Seis  dalam paparan bidang geofisika menjelaskan bahwa Kalimantan relatif aman dari gempa dan tsunami bila dilihat dari letak geografisnya. Jadi, Jika ada berita terkait gempa dan tsunami di Kalimantan jangan langsung dipercaya.
Selanjutnya Ketua UPT BMKG Sepinggan Balikpapan, Drs.Imam Mashudi menyampaikan kesiapannya untuk one stop shoping informasi MKG bagi wartawan. Silahkan datang ke kantor, kami siap memeberikan informasi yang Anda butuhkan, Ujarnya.
Kemudian menurut Redaktur Pelaksana Tribun Kaltim, Priyo Purnomo mengakui terjadinya gab pengetahuan yang besar antara BMKG dengan wartawan. Untuk itu perlu dilakukan transfer pengetahuan kepada wartawan. Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan supaya gab tersebut mengecil. Dan perlu diketahui wartawan disini adalah wartawan sapu jagat, dalam arti semua bidang ditangani.
Kegiatan yang dihadiri para pekerja media massa di Balikpapan dibuka Walikota H. Rizal Effendi, SE. Pada kesempatan itu, beliau menyapaikan harapannya kepada media massa supaya dapat meliput informasi MKG dengan baik yang merupakan produk BMKG seperti cuaca ekstrim yang sering dialami di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. 
Terkait dengan peran media massa, Sekretaris Utama BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.,  dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya peran media massa dalam menyebarkan informasi produk BMKG. Dalam proses pelayanan informasi publik harus dilakukan secara cepat, tepat, teliti, dan menjangkau secara keseluruhan  serta dapat dipahami masyarakat dari Sabang sampai Marauke. Untuk membuat informasi MKG dipahami masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, peran media massa dalam hal ini sangatlah penting, ujarnya.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BMKG DAN BTPN SEPAKATI KERJASAMA [28/6/2016]
JAKARTA - Selasa (28/6/2016), Dalam rangka program pembekalan pensiun dan layanan perbankan kepada Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan GeofisiKa, BMKG sepakat menandatangani nota kesepahaman bersama dengan PT. Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) di gedung Serbaguna BMKG.


RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN ROAD MAP REFORMASI BIROKRASI [28/6/2016]
JAKARTA - Selasa (28/6/2016), Dalam rangka tindak lanjut pelaksanaan Road Map Reformasi Birokrasi tahun 2015 - 2019, BMKG lakukan Rapat Koordinasi Yang pimpin oleh Sekretaris Utama Dr. Widada Sulistya, DEA dan diikuti oleh Pejabat Eselon I, II, III, dan IV, STMKG, Inspektorat dan Pusdiklat BMKG di gedung Serbaguna BMKG.


RDP LANJUTAN MENGENAI PEMBAHASAN PENETAPAN PERUBAHAN PROGRAM DAN ALOKASI ANGGARAN RAPBN P TA 2016 [28/6/2016]
Jakarta, Sejumlah mitra kerja Komisi V DPR RI seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, BMKG, BASARNAS,BPWS dan BPLS memenuhi undangan rapat dengar pendapat dari Komisi V DPR-RI yang diselenggarakan di ruang Rapat Kerja Komisi V dengan agenda Pembahasan penetapan program dan alokasi anggaran Lembaga/Badan mitra kerja Komisi V DPR RI dalam RAPBN-P TA 2016.


MENHUB BUKA POSKO LEBARAN, BMKG SIAP BERIKAN PELAYANAN [24/6/2016]
JAKARTA - Jumat (24/6), Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membuka secara Resmi Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016/1437 H, Kesiapan tersebut ditandai dengan digelarnya Upacara di Halaman Kantor Kementerian Perhubungan yang di pimpin langsung oleh Menteri Perhubungan RI.


MEDIA BRIEFING BENCANA EKOLOGIS DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN IKLIM [23/6/2016]
Jakarta, Rabu (23/06/2016)Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adakan media briefing dengan tema ``Bencana Ekologis Dalam Perspektif Perubahan Iklim`` bertempat di ruang rapat museum perpustakaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


RDP KOORDINASI KESIAPAN ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2016 [21/6/2016]
Jakarta, Senin (20/06/2016) Jelang mudik lebaran tahun 2016, Komisi V DPR-RI mengundang para mitra kerjanya seperti Kementerian Perhubungan,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, WaKakorlantas POLRI BMKG, BASARNAS untuk menghadiri rapat koordinasi terkait dengan angkutan lebaran serta kesiapan sarana dan prasarana dalam menyambut mudik lebaran dan arus balik tahun 2016.


ANGKASA PURA I KUNJUNGI BMKG [21/6/2016]
Jakarta/ BMKG menerima kunjungan dari Angkasa Pura I (21/6) terkait mengenai pertemuan lanjutan perkembangan rencana pembangunan bandar udara baru di wilayah Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng dengan didampingi oleh Deputi Bidang Meteorologi, Dr. Yunus Subagyo Swarinoto, M.Si, Deputi Bidang Geofisika, Dr. Masturyono, M.Sc dan Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi, Drs. Untung Merdijanto, M.Si.


MANAGEMENT GROUP MEETING RA V [20/6/2016]
Jenewa/ Disela-sela sidang Executive Council (EC) ke 68 Badan Meteorologi Dunia (WMO), wilayah Regional V (RA V) mengadakan pertemuan Management Group (MG) yang ke 14 (17/6). Presiden RA V yang dijabat oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, memimpin pertemuan tersebut dengan didampingi oleh Dr. Chung Kyu, Park yang merupakan Director of Regional Office for Asia & the South-West Pacific.


WMO GELAR PENANDATANGANAN AOMSUC [17/6/2016]
Jenewa/ Anggota Asia-Oceania Meteorological Satellite Users Conference (AOMSUC) yang terdiri dari Australia, China, India, Indonesia, Japan, the Russian Federation and the Republic of Korea kemaren (16/6) melakukan penandatangan kerjasama AOMSUC di kantor World Meteorological Organization (WMO) di Jenewa.


BMKG TANDATANGANI MOU DENGAN UK METOFFICE [16/6/2016]
Jenewa/ Bertempat di ruang rapat lantai 8 Kantor World Meteorological Organization (WMO) Jenewa, BMKG dan UK MetOffice menandatangani MoU mengenai `Kerjasama dibidang Meteorologi dan Klimatologi`. Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menandatangani perjanjian ini bersama dengan Rob Varley, Chief Executive of The United Kingdom Meteorological Office. Penandatangan MoU ini juga disaksikan langsung oleh Bapak Michael Tene, selaku Duta Besar (Deputy Permanent Representative RI 1) untuk UN, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa.



Prakiraan Cuaca
30 June 2016
Medan
Hujan Ringan
25 - 35°C
Padang
Hujan Ringan
21 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 32°C
Bengkulu
Cerah Berawan
25 - 33°C
Pontianak
Berawan
25 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 32°C
Makassar
Hujan Ringan
25 - 32°C
Ternate
Hujan Sedang
23 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 31°C
Jayapura
Berawan
23 - 33°C
Sorong
Hujan Ringan
25 - 32°C
Kupang
Cerah Berawan
23 - 32°C
Denpasar
Hujan Sedang
24 - 32°C
Jakarta
Hujan Ringan
26 - 33°C
Bandung
Hujan Ringan
19 - 30°C
Semarang
Hujan Sedang
24 - 33°C
Surabaya
Hujan Sedang
24 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
28 Juni 2016 - 20:55:52 WIB


Lokasi :
4.18 LS - 133.84 BT
Kedalaman : 10 Km

99 km BaratDaya KAIMANA-PAPUABRT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya