SOSIALISASI KE MEDIA MASSA BALIKPAPAN


Dalam paparannya Hary Tirto,ST selaku nara sumber bidang meteorologi, menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan media massa ketika menanyakan perubahan cuaca tiga bulan kedepan. Tentu  pertanyaan ini membingungkan. Sebab cuaca itu dinamis, selalu berubah-ubah. Sekarang dan besok belum tentu sama. Kemudian rentang waktu cuaca hanya bebarapa hari. Jadi untuk pertanyaan tiga bulan kedepan itu masuk pada iklim bukan cuaca, ujar Hary Tirto.
Begitu juga ketika ada berita Badai Katherina akan menerjang Indonesia. Menurut Joko Budi Utomo,ST  dalam paparan bidang klimatologi, hal itu tidak mungkin. Karena nama Badai Katherina adalah nama badai yang sudah dipatenkan di Amerika untuk kejadian badai kala itu. Kemudian melihat data, Indonesia bukan daerah yang dilalui badai. Jadi bila ada berita demikian itu hanyalah isu.
Kemudian Drs. Budi Waluyo, Dipl. Seis  dalam paparan bidang geofisika menjelaskan bahwa Kalimantan relatif aman dari gempa dan tsunami bila dilihat dari letak geografisnya. Jadi, Jika ada berita terkait gempa dan tsunami di Kalimantan jangan langsung dipercaya.
Selanjutnya Ketua UPT BMKG Sepinggan Balikpapan, Drs.Imam Mashudi menyampaikan kesiapannya untuk one stop shoping informasi MKG bagi wartawan. Silahkan datang ke kantor, kami siap memeberikan informasi yang Anda butuhkan, Ujarnya.
Kemudian menurut Redaktur Pelaksana Tribun Kaltim, Priyo Purnomo mengakui terjadinya gab pengetahuan yang besar antara BMKG dengan wartawan. Untuk itu perlu dilakukan transfer pengetahuan kepada wartawan. Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan supaya gab tersebut mengecil. Dan perlu diketahui wartawan disini adalah wartawan sapu jagat, dalam arti semua bidang ditangani.
Kegiatan yang dihadiri para pekerja media massa di Balikpapan dibuka Walikota H. Rizal Effendi, SE. Pada kesempatan itu, beliau menyapaikan harapannya kepada media massa supaya dapat meliput informasi MKG dengan baik yang merupakan produk BMKG seperti cuaca ekstrim yang sering dialami di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. 
Terkait dengan peran media massa, Sekretaris Utama BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.,  dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya peran media massa dalam menyebarkan informasi produk BMKG. Dalam proses pelayanan informasi publik harus dilakukan secara cepat, tepat, teliti, dan menjangkau secara keseluruhan  serta dapat dipahami masyarakat dari Sabang sampai Marauke. Untuk membuat informasi MKG dipahami masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, peran media massa dalam hal ini sangatlah penting, ujarnya.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

WEBSITE BMKG PERINGKAT KETIGA PALING PROGRESIF [20/11/2014]
JAKARTA, Kamis (20/11/2014) - Website BMKG, www.bmkg.go.id dinobatkan sebagai situs paling progresif ketiga dari e-Tansparancy Award 2014 yang diselenggarakan Paramadina Public Policy Institute di Hotel Indonesia Kempinski.


BMKG GELAR WORKSHOP TINGKATKAN LAYANAN [20/11/2014]
JAKARTA - Workshop peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) seismotek, geopotensial dan tanda waktu yang diselenggarakan oleh Kedeputian Geofisika, dilaksanakan di Hotel Orchadz Jakarta, Rabu malam (19/11).


DATANGI BMKG, MENHUB SIAP JUALAN [19/11/2014]
Penting ini, nanti saya yang jualan,wong jualan kereta saja bisa,kata Menteri Perhubungan Ignatius Jonan setelah dijelaskan oleh Kepala BMKG Andi Eka Sakya pentingnya keberadaan sistem peringatan dini.


BMKG IKUTI RAKOR LINTAS SEKTORAL DI MABES POLRI [18/11/2014]
JAKARTA, 18 NOVEMBER 2014 - Secara umum masuknya musim hujan di wilayah Indonesia sebagian besar jatuh pada akhir bulan November, hal ini dikemukakan Kepala BMKG Dr.Andi Eka Sakya,M.Eng dalam Rapat Koordinasi (rakor) lintas sektoral di Mabes Polri.


INDONESIA MASUKI MUSIM HUJAN [17/11/2014]
Jakarta, 17 November 2014 - Menurut prediksi BMKG, sebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan pada dasarian ke 3 bulan November (akhir November) ujar Kepala BMKG, Dr.Andi Eka Sakya,M.Eng saat di wawancarai Berita Satu.


WCRP CORDEX SCIENCE AND TRAINING WORKSHOP [17/11/2014]
Citeko, Bogor Senin-Kamis (17-20/11) Pusat iklim dan kualitas udara menyelenggarakan workshop internasional yang dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara di asia tenggara, Korea, Jepang dan India.


BMKG KEMBALI MENJADI TUAN RUMAH FORUM GROUP DISKUSI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC [13/11/2014]
Jakarta, Rabu (12/11) - BMKG kembali menjadi tuan rumah Fokus Group Diskusi Computational Fluid Dynamic (FGD CFD) dengan special lecture Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, PH.D dari Chiba University of Japan di uditorium BMKG Pusat.


PRA KONGRES MENUJU HUMAS PROFESIONAL [13/11/2014]
Yogyakarta, Selasa-Rabu (11-12/11) bertempat di Sahid Rich Hotel Yogyakarta Kementerian Komunikasi dan Informartika menyelenggarakan Pra KOngres Pranata Humas degan tema Menuju Humas Profesional untuk Indonesia Baru.


KERJASAMA ANTARA BMKG DAN KMA [3/11/2014]
Jakarta, kurang lebih 14 delegasi Korea Meteorology Administrastion dan Korea Meteorological Industry Promotion Agency melakukan kunjungan ke BMKG dalam rangka membina hubungan kerjasama dengan BMKG pada bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika, Senin (3/11).


SEMINAR SEHARI SOLUSI MENGATASI BANJIR JAKARTA [31/10/2014]
Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum bekerjasama dengan Masyarakat Hidrologi Indonesia Kamis, (30/10) mengadakan seminar sehari di hotel atlet century senayan dengan tema Solusi Mengatasi Banjir Di Jakarta.



Prakiraan Cuaca
23 November 2014
Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Padang
Hujan Ringan
21 - 30°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 34°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 31°C
Pontianak
Hujan Sedang
23 - 32°C
Palangkaraya
Hujan Sedang
23 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 33°C
Makassar
Hujan Ringan
24 - 33°C
Ternate
Berawan
25 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 32°C
Kupang
Cerah Berawan
24 - 35°C
Denpasar
Berawan
24 - 34°C
Jakarta
Hujan Sedang
23 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
21 - 32°C
Semarang
Hujan Sedang
24 - 34°C
Surabaya
Hujan Ringan
27 - 35°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
21 November 2014 - 17:10:19 WIB


Lokasi :
2.31 LU - 127.08 BT
Kedalaman : 10 Km

115 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya