SOSIALISASI KE MEDIA MASSA BALIKPAPAN


Dalam paparannya Hary Tirto,ST selaku nara sumber bidang meteorologi, menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan media massa ketika menanyakan perubahan cuaca tiga bulan kedepan. Tentu  pertanyaan ini membingungkan. Sebab cuaca itu dinamis, selalu berubah-ubah. Sekarang dan besok belum tentu sama. Kemudian rentang waktu cuaca hanya bebarapa hari. Jadi untuk pertanyaan tiga bulan kedepan itu masuk pada iklim bukan cuaca, ujar Hary Tirto.
Begitu juga ketika ada berita Badai Katherina akan menerjang Indonesia. Menurut Joko Budi Utomo,ST  dalam paparan bidang klimatologi, hal itu tidak mungkin. Karena nama Badai Katherina adalah nama badai yang sudah dipatenkan di Amerika untuk kejadian badai kala itu. Kemudian melihat data, Indonesia bukan daerah yang dilalui badai. Jadi bila ada berita demikian itu hanyalah isu.
Kemudian Drs. Budi Waluyo, Dipl. Seis  dalam paparan bidang geofisika menjelaskan bahwa Kalimantan relatif aman dari gempa dan tsunami bila dilihat dari letak geografisnya. Jadi, Jika ada berita terkait gempa dan tsunami di Kalimantan jangan langsung dipercaya.
Selanjutnya Ketua UPT BMKG Sepinggan Balikpapan, Drs.Imam Mashudi menyampaikan kesiapannya untuk one stop shoping informasi MKG bagi wartawan. Silahkan datang ke kantor, kami siap memeberikan informasi yang Anda butuhkan, Ujarnya.
Kemudian menurut Redaktur Pelaksana Tribun Kaltim, Priyo Purnomo mengakui terjadinya gab pengetahuan yang besar antara BMKG dengan wartawan. Untuk itu perlu dilakukan transfer pengetahuan kepada wartawan. Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan supaya gab tersebut mengecil. Dan perlu diketahui wartawan disini adalah wartawan sapu jagat, dalam arti semua bidang ditangani.
Kegiatan yang dihadiri para pekerja media massa di Balikpapan dibuka Walikota H. Rizal Effendi, SE. Pada kesempatan itu, beliau menyapaikan harapannya kepada media massa supaya dapat meliput informasi MKG dengan baik yang merupakan produk BMKG seperti cuaca ekstrim yang sering dialami di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. 
Terkait dengan peran media massa, Sekretaris Utama BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.,  dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya peran media massa dalam menyebarkan informasi produk BMKG. Dalam proses pelayanan informasi publik harus dilakukan secara cepat, tepat, teliti, dan menjangkau secara keseluruhan  serta dapat dipahami masyarakat dari Sabang sampai Marauke. Untuk membuat informasi MKG dipahami masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, peran media massa dalam hal ini sangatlah penting, ujarnya.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

SEMINAR STUDI PRECURSOR GEMPABUMI DAN FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL [26/5/2016]
Jakarta, Kamis (26/05/2016) Dimoderatori Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika POtensial dan Tanda Waktu, Dr. Jaya Murjaya, M.Si para 5 narasumber yang berasal dari pihak media, LAPAN, Kedeputian Geofisika dan Litbang BMKG memaparkan perihal studi precursor dan fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 maret 2016. dalam event Seminar sehari yang diselenggarakan oleh kedeputian geofisika BMKG


JOGJA EARTHQUAKE IN REFLECTION 2016 [24/5/2016]
Yogyakarta, Selasa(24/05/2016) - Kepala BMKG, Dr.Andi Eka Sakya,M.Eng mengupas materi BMKG Policy in Earthquake Mitigation pada acara Jogja Earthquake in Reflection 2016, dilanjutkan MOU dengan Prof.Dr.Ir.Sari Bahagiarti K.,M.Sc., Rektor Universitas Pembangunan NasionalVeteranYogyakarta di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.


BMKG BERBAGI PENGALAMAN SLI DI TIMOR LESTE [24/5/2016]
Dili/ Bertempat di Hotel Timor Plaza-Dili,Timor Leste, BMKG bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Directorate National of Meteorology and Geophysics (DNMG-TL) dan Ministry of Agriculture and Fisheries (MAF-TL) mengadakan Climate Field School (CFS) yang akan diselenggarakan mulai tanggal 23 hingga 25 Mei 2016.


BIMBINGAN TEKNIS SISTEM PELAPORAN MONITORING DAN EVALUASI [23/5/2016]
JAKARTA - Senin (23/5/2016), Mengusung tema Peningkatan kinerja monitoring dan evaluasi demi terwujudnya akuntabilitas kinerja BMKG yang lebih, Biro perencanaan gelar Bimbingan Teknis sistem pelaporan monitoring dan evaluasi Tahun 2016 di gedung Serbaguna BMKG Pusat Jakarta, kegiatan yang dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Drs. Subardjo DIPL. SEIS mewakili Sekretaris Utama BMKG dihadiri 47 peserta terdiri dari 31 peserta UPT Daerah dan 16 peserta PPK Pusat dan STMKG.


PERTEMUAN ILMIAH TAHUN KE 3 IABI [23/5/2016]
Bandung, Indonesia sebagai negara Kepulauan yang diakui oleh berbagai ahli kebencanaan dunia sebagai wilayah yang unik. Keunikannya antara lain sebagai wilayah yang sangat rawan terhadap berbagai ancaman, baik bahaya alami maupun non-alam . Sementara kondisi lingkungan alam kita semakin rusak akibat degradasi sumber daya alam dan lingkungan.


PEMPROV SUMSEL HIBAHKAN TANAH BANGUN STASIUN BMKG [20/5/2016]
JAKARTA, Jumat(20/5/2016) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diwakili oleh Kepala Biro Umum, Drs.Yusuf Supriyadi,M.T, disaksikan oleh Deputi Bidang Meteorologi, DR.Yunus S.Swarinoto,M.Si dan Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi, Drs.Untung Merdijanto,M.Si, menandatangani berita acara serah terima hibah tanah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, H.Farhat Syukri).


UPACARA PERINGATAN HARKITNAS KE 108 TAHUN [20/5/2016]
Kebangkitan Nasional diperingati sebagai masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia dari penjajahan negara Belanda selama 350 tahun. Jumat, (20/05/2016) segenap pejabat dan pegawai BMKG mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 108 tahun yang mengambil tema ``Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata Mandiri dan Berkarakter`` di lapangan kantor BMKG Pusat dengan Inspektur Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.


72th UN ESCAP MEETING [20/5/2016]
Bangkok, Rabu (18/05/2016) Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menghadiri pertemuan sidang ke - 72 United Nations economic and Social Commission For Asia and The Pacific (ESCAP) di UN Conference Center. Pada kesempatan ini Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi beberapa perwakilan delegasi RI dari BMKG, Kedutaan Besar Republik Indonesia serta Kementerian lain yang terkait


WORKSHOP PEMBINAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN [17/5/2016]
Jakarta, Opini ``Wajar Dengan Pengecualian yang disandang BMKG terhadap hasil penilaian laporan keuangan tahun 2014 merupakan sebuah penurunan prestasi bagi BMKG, sebelumnya selama 5 tahun berturut-turut BMKG mendapatkan opini ``Wajar Tanpa Pengecualian``(WTP).


BIMBINGAN TEKNIS DUKUNGAN OPERASIONAL BMKGSoft 2016 [17/5/2016]
Batam / Bertempat di Mercure Hotel, Batam, BMKG melalui Pusat Database Kedeputian Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Dukungan Operasional BMKGSoft 2016 dengan mengangkat tema `Tahun Data 2016 Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Data`. Bimtek diadakan mulai dari tanggal 10 hingga 14 Mei 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 28 orang yang terdiri dari perwakilan UPT/Stasiun MKG di Balai Besar Wilayah I.



Prakiraan Cuaca
27 May 2016
Medan
Hujan Ringan
23 - 34°C
Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 34°C
Bengkulu
Hujan Ringan
25 - 33°C
Pontianak
Hujan Sedang
25 - 34°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 34°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 32°C
Makassar
Hujan Ringan
26 - 33°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jayapura
Hujan Ringan
24 - 33°C
Sorong
Hujan Ringan
25 - 32°C
Kupang
Cerah Berawan
23 - 34°C
Denpasar
Berawan
25 - 35°C
Jakarta
Berawan
24 - 34°C
Bandung
Hujan Ringan
22 - 30°C
Semarang
Hujan Ringan
26 - 33°C
Surabaya
Hujan Ringan
26 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
18 Mei 2016 - 04:08:56 WIB


Lokasi :
10.15 LS - 107.57 BT
Kedalaman : 10 Km

284 km BaratDaya KAB-TASIKMALAYA-JABAR
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya