SOSIALISASI KE MEDIA MASSA BALIKPAPAN


Dalam paparannya Hary Tirto,ST selaku nara sumber bidang meteorologi, menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan media massa ketika menanyakan perubahan cuaca tiga bulan kedepan. Tentu  pertanyaan ini membingungkan. Sebab cuaca itu dinamis, selalu berubah-ubah. Sekarang dan besok belum tentu sama. Kemudian rentang waktu cuaca hanya bebarapa hari. Jadi untuk pertanyaan tiga bulan kedepan itu masuk pada iklim bukan cuaca, ujar Hary Tirto.
Begitu juga ketika ada berita Badai Katherina akan menerjang Indonesia. Menurut Joko Budi Utomo,ST  dalam paparan bidang klimatologi, hal itu tidak mungkin. Karena nama Badai Katherina adalah nama badai yang sudah dipatenkan di Amerika untuk kejadian badai kala itu. Kemudian melihat data, Indonesia bukan daerah yang dilalui badai. Jadi bila ada berita demikian itu hanyalah isu.
Kemudian Drs. Budi Waluyo, Dipl. Seis  dalam paparan bidang geofisika menjelaskan bahwa Kalimantan relatif aman dari gempa dan tsunami bila dilihat dari letak geografisnya. Jadi, Jika ada berita terkait gempa dan tsunami di Kalimantan jangan langsung dipercaya.
Selanjutnya Ketua UPT BMKG Sepinggan Balikpapan, Drs.Imam Mashudi menyampaikan kesiapannya untuk one stop shoping informasi MKG bagi wartawan. Silahkan datang ke kantor, kami siap memeberikan informasi yang Anda butuhkan, Ujarnya.
Kemudian menurut Redaktur Pelaksana Tribun Kaltim, Priyo Purnomo mengakui terjadinya gab pengetahuan yang besar antara BMKG dengan wartawan. Untuk itu perlu dilakukan transfer pengetahuan kepada wartawan. Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan supaya gab tersebut mengecil. Dan perlu diketahui wartawan disini adalah wartawan sapu jagat, dalam arti semua bidang ditangani.
Kegiatan yang dihadiri para pekerja media massa di Balikpapan dibuka Walikota H. Rizal Effendi, SE. Pada kesempatan itu, beliau menyapaikan harapannya kepada media massa supaya dapat meliput informasi MKG dengan baik yang merupakan produk BMKG seperti cuaca ekstrim yang sering dialami di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. 
Terkait dengan peran media massa, Sekretaris Utama BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.,  dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya peran media massa dalam menyebarkan informasi produk BMKG. Dalam proses pelayanan informasi publik harus dilakukan secara cepat, tepat, teliti, dan menjangkau secara keseluruhan  serta dapat dipahami masyarakat dari Sabang sampai Marauke. Untuk membuat informasi MKG dipahami masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, peran media massa dalam hal ini sangatlah penting, ujarnya.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

INDONESIA BUKANLAH PENGHASIL EMISI CO2 TERBESAR KETIGA DI DUNIA [19/12/2014]
SORONG, Jumat (19/12),Operasional dari Stasiun Global Atsmopheric Watch (GAW) bukit Koto tabang yang dimiliki BMKG telah mampu menepis tuduhan dari Wetland International yang di umumkan selama UNFCC COP12 di Nairobi 2006 bahwa sebagian besar perhitungan/estimasi gross dari jumlah CO2 adalah emisi dari Indonesia.


``INTENSITAS CURAH HUJAN JATENG JAN-FEB 2015 TIDAK SEBESAR 2014`` BMKG Hadiri Rapat Pemasangan Alat Peringatan Dini [19/12/2014]
Yogyakarta,- Kamis 18 Desember 2014 - Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng didampingi Deputi Bidang Meteorologi, Drs. Yunus Subagyo Swarinoto, M. Si, serta Kepala Balai Wilayah 2, Joko Siswanto dan Kepala UPT Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta dan UPT di Wilayah Jateng menghadiri rapat persiapan pemasangan alat peringatan dini yang diselenggarakan oleh BNPB di kantor pusat pengendalian operasi BBNP DIY.


REFORMASI BIROKRASI, BMKG TERAPKAN SPIP [17/12/2014]
Jakarta, 17 Desember 2014 - Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya,M.Eng membuka workshop tone of the top kunci sukses penyelenggaraan sistem pengendalian internal pemerintah, dihadiri pejabat eselon I,II,III,IV di lingkungan kantor pusat BMKG beserta KUPT di lingkungan Jabodetabek.


PUNCAK PERINGATAN HARI NUSANTARA 2014 [17/12/2014]
Kotabaru, Senin (15/12/2014) - Puncak peringatan Hari Nusantara (Harnus) tahun 2014 menjadi tonggak perubahan matra darat menjadi matra laut 2015-2019 yang dipusatkan di Area Pantai Siring Laut, Kabupaten Kotabaru- Kalimantan Selatan. Acara dihadiri Presiden RI bersama Ibu Negara, beserta Para Menteri Kabinet Kerja, Pimpinan LPNK, DPRD Kotabaru, Para Gubernur, Walikota, Bupati, Pejabat Pusat dan daerah, Para Petinggi TNI, POLRI, Asosiasi, Mahasiswa, dan Masyarakat Umum.


RAKOR DENGAN AHOK, BMKG INFOKAN POTENSI BANJIR [16/12/2014]
Jakarta - Kepala BMKG,Dr.Andi Eka Sakya, M.Eng mengikuti rapat koordinasi dihadiri Menteri PU-Pera, Gubernur DKI Jakarta, Kepala BNPB, Walikota Jakarta, serta kepala daerah penyangga Jakarta seperti Tangerang, Bekasi, Bogor dan kementerian lembaga terkait lainnya, Senin(15/12)


BMKG PAMERKAN INOVASI SLI DI KOREA SELATAN [16/12/2014]
Busan Korsel, Kamis (11/12/14) - Inovasi Sekolah Lapang Iklim (Climate Field School) dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi salah satu dari Empat Top Inovasi Pelayan Publik 2014 dalam acara Asean - Republic of Korea Exhibition on Public Governance.


BSN JADIKAN BMKG STANDAR PELAYANAN INFO PUBLIK [11/12/2014]
Jakarta, 11 Desember 2014 - ``Pelayanan informasi publik Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hebat, ini menjadi acuan standar bagi Badan Standardisasi Nasional(BSN) terutama dalam hal teknologi yang digunakan, terang Kepala BSN``, Bambang Prasetya di sela kunjungannya ke ruang operasional BMKG.


AWS BMKG DI JABODETABEK SIAP MEMANTAU MUSIM HUJAN 2014 [11/12/2014]
Sesuai dengan amanah UU No.31 tahun 2009, Pemerintah wajib melaksanakan penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologidan Geofisika (MKG).Dalam hal ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang melaksanakan penyelenggaraan MKG di Indonesia.


DUBES PRANCIS PANTAU MODERNISASI PERALATAN BMKG [9/12/2014]
Jakarta, Selasa (9/12/2014) - Duta Besar Prancis Corinne Breuze pantau proses modernisasi peralatan pemantau cuaca dan iklim BMKG di Kemayoran Jakarta. Bantuan Prancis sebesar 30 juta euro ini untuk penguatan BMKG secara spesifik di bidang cuaca dan iklim.


BMKG SERIUS GARAP POROS MARITIM [8/12/2014]
Sesuai dengan program Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo mengenai Poros Maritim, seluruh komponen kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan kemaritiman berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan maritim secara komprehensif dari seluruh aspek.



Prakiraan Cuaca
21 December 2014
Medan
Hujan Ringan
23 - 31°C
Padang
Hujan Ringan
21 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 31°C
Bengkulu
Hujan Sedang
23 - 30°C
Pontianak
Hujan Sedang
23 - 32°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
24 - 32°C
Makassar
Hujan Ringan
23 - 33°C
Ternate
Berawan
24 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 34°C
Jayapura
Berawan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
25 - 32°C
Kupang
Berawan
26 - 33°C
Denpasar
Hujan Ringan
25 - 32°C
Jakarta
Hujan Sedang
23 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
20 - 30°C
Semarang
Hujan Sedang
24 - 32°C
Surabaya
Hujan Sedang
25 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
21 Desember 2014 - 21:18:40 WIB


Lokasi :
2.29 LU - 126.70 BT
Kedalaman : 10 Km

138 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya