SOSIALISASI KE MEDIA MASSA BALIKPAPAN


Dalam paparannya Hary Tirto,ST selaku nara sumber bidang meteorologi, menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan media massa ketika menanyakan perubahan cuaca tiga bulan kedepan. Tentu  pertanyaan ini membingungkan. Sebab cuaca itu dinamis, selalu berubah-ubah. Sekarang dan besok belum tentu sama. Kemudian rentang waktu cuaca hanya bebarapa hari. Jadi untuk pertanyaan tiga bulan kedepan itu masuk pada iklim bukan cuaca, ujar Hary Tirto.
Begitu juga ketika ada berita Badai Katherina akan menerjang Indonesia. Menurut Joko Budi Utomo,ST  dalam paparan bidang klimatologi, hal itu tidak mungkin. Karena nama Badai Katherina adalah nama badai yang sudah dipatenkan di Amerika untuk kejadian badai kala itu. Kemudian melihat data, Indonesia bukan daerah yang dilalui badai. Jadi bila ada berita demikian itu hanyalah isu.
Kemudian Drs. Budi Waluyo, Dipl. Seis  dalam paparan bidang geofisika menjelaskan bahwa Kalimantan relatif aman dari gempa dan tsunami bila dilihat dari letak geografisnya. Jadi, Jika ada berita terkait gempa dan tsunami di Kalimantan jangan langsung dipercaya.
Selanjutnya Ketua UPT BMKG Sepinggan Balikpapan, Drs.Imam Mashudi menyampaikan kesiapannya untuk one stop shoping informasi MKG bagi wartawan. Silahkan datang ke kantor, kami siap memeberikan informasi yang Anda butuhkan, Ujarnya.
Kemudian menurut Redaktur Pelaksana Tribun Kaltim, Priyo Purnomo mengakui terjadinya gab pengetahuan yang besar antara BMKG dengan wartawan. Untuk itu perlu dilakukan transfer pengetahuan kepada wartawan. Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan supaya gab tersebut mengecil. Dan perlu diketahui wartawan disini adalah wartawan sapu jagat, dalam arti semua bidang ditangani.
Kegiatan yang dihadiri para pekerja media massa di Balikpapan dibuka Walikota H. Rizal Effendi, SE. Pada kesempatan itu, beliau menyapaikan harapannya kepada media massa supaya dapat meliput informasi MKG dengan baik yang merupakan produk BMKG seperti cuaca ekstrim yang sering dialami di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. 
Terkait dengan peran media massa, Sekretaris Utama BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.,  dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya peran media massa dalam menyebarkan informasi produk BMKG. Dalam proses pelayanan informasi publik harus dilakukan secara cepat, tepat, teliti, dan menjangkau secara keseluruhan  serta dapat dipahami masyarakat dari Sabang sampai Marauke. Untuk membuat informasi MKG dipahami masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, peran media massa dalam hal ini sangatlah penting, ujarnya.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

RAPERNAS BMKG TAHUN 2015 [3/3/2015]
Jakarta, Selasa (3/3) Rangkaian siklus kegiatan perencanaa BMKG yang dilaksanakan setiap tahunnya pada awal tahun 2015 ini dimulai dengan Rapat Perencanaan Nasional yang diselenggarakan di Auditorium kantor BMKG Pusat Jakarta.


BMKG JADI KANDIDAT KANTOR PERWAKILAN WMO [25/2/2015]
Jakarta, Selasa (24/2)-Indonesia melalui BMKG menjadi kandidat kantor perwakilan World meteorology Organization (WMO) Wilayah Asia dan Pasifik Barat Daya. Tim WMO berkunjung ke BMKG untuk mengevaluasi proposal yang diajukan Indonesia.


KEPALA STAF TNI ANGKATAN LAUT RI TINJAU BMKG [24/2/2015]
JAKARTA, Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi Drs. Untung Merdijanto, M.Sc Deputi Inskalrekjarkom, menerima lawatan kunjungan kerja Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi di Kantor BMKG Kemayoran, Selasa (24/2).


DIKLAT SAKIP MENJADIKAN PROFESIONALISME SDM BMKG [24/2/2015]
JAKARTA, 30 peserta terdiri dari 25 pegawai BMKG Pusat dan 5 dari Daerah mengikuti DIklat SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Tahun 2015, yang di gelar oleh Pusdiklat BMKG di Ruang Serbaguna BMKG, Selasa (24/2).


TINGKATKAN KINERJA, BMKG GELAR DIKLAT [24/2/2015]
Citeko-Bogor, Selasa(24/2/2015) - Instruksi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kemampuan aparatur sipil negara ditindaklanjuti BMKG dengan melaksanakan Diklat fungsional PMG Ahli angkatan I,II, dan ToT Sekolah Lapang Iklim (SLI) tahun 2015 yang dibuka oleh Plt.Sestama Dr.Masturyono.


BMKG MOU DENGAN BASARNAS [20/2/2015]
Cariu,Bogor - BMKG memberikan Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika untuk layanan jasa Search And Rescue (SAR) kepada masyarakat. Untuk kelancaran koordinasinya maka dilakukan Memorandum Saling Pengertian antara BMKG dengan Basarnas bersama dengan BPPT, ORARI, IOF, Federasi Pilot Ind...


USA BERI DUKUNGAN PENUH UNTUK BMKG [18/2/2015]
Jakarta, Selasa (17/2) Harapan Presiden Jokowi untuk mengembalikan Indonesia menjadi bangsa pelaut kembali nampaknya direspon cukup cepat oleh Kementerian/Lembaga di era Kabinet Kerja saat ini.


AKSI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PROVINSI RIAU [17/2/2015]
Pekanbaru, Senin (16/2) Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi Deputi Meteorologi Dr. Yunus Subagyo Swarinoto,M.Si,Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Drs. Hery Saroso serta Kasmet Pekanbaru dan Rengat mengikuti Rapat Koordinasi Rencana Aksi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla yang dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, di Gedung Daerah Prov. Riau.


SINDO TRIJAYA FM MERAMBAH `DAPUR` BMKG [13/2/2015]
Jakarta-(13/2). BMKG saat ini tidak hanya sebagai teman tetapi sudah menjadi kerabat karena setiap pagi, selalu ada laporan cuaca dari forecaster BMKG.Kami sangat berterima kasih kepada BMKG sangat cepat dalam memberikan layanan informasi . Hal ini diutarakan oleh Gaib, Pimpinan Redaksi Trijaya FM saat melakukan kunjungan ke BMKG.


NATIONAL CLIMATE OUTLOOK FORUM [12/2/2015]
JAKARTA, Kamis (12/2) Dra. Nurhayati, M. Sc Kepala Pusat Iklim, Agroklimat dan Iklim Maritim yang mewakili Kepala BMKG, membuka secara resmi National Climate Outlook Forum (NCOF), bertempat di Ruang Rapat BMKG Lantai 12, yang dihadiri oleh Perwakilan Stakeholder terkait diantaranya dari BNPB, LAPAN, Kementerian Pertanian, BPPT, IPB, ITB dan Balitbang Kemen PU serta Pejabat Eselon II,III dan IV Bidang Klimatologi.



Prakiraan Cuaca
03 March 2015
Medan
Hujan Ringan
23 - 33°C
Padang
Hujan Ringan
21 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 31°C
Pontianak
Hujan Ringan
24 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Sedang
23 - 31°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 31°C
Makassar
Hujan Ringan
24 - 33°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 30°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Kupang
Hujan Sedang
23 - 31°C
Denpasar
Hujan Ringan
24 - 33°C
Jakarta
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
23 - 32°C
Semarang
Hujan Sedang
27 - 32°C
Surabaya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
03 Maret 2015 - 17:37:30 WIB


Lokasi :
0.84 LS - 98.52 BT
Kedalaman : 26 Km

179 km BaratDaya PARIAMAN-SUMBAR
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya