RAPAT KOORDINASI NASIONAL 2013


Melalui tema Dengan Momentum Reformasi Birokrasi Kita Wujudkan Layanan MKKuG Yang Berkualitas, Handal Terpercaya dan Berkelas Dunia Rapat Koordinasi Nasional 2013 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (23/4). Kegiatan yang pada hakekatnya setiap tahun diprogramkan ini merupakan hasil tindak lanjut dari kegiatan Rapat Evaluasi Kegiatan pada bulan Januari, kemudian Rapat Perencanaan Nasional bulan Februari, dan Rapat Kerja Teknis di lima Kantor Balai Besar MKG Wilayah I-V pada bulan Maret. Peserta dalam kesempatan ini terdiri dari Pejabat eselon I-III Kantor Pusat,dan Pejabat Eselon II-III dari Kantor Balai Besar dan UPT daerah.

Kegiatan pembukaan Rakornas diawali dengan pembacaan laporan ketua panitia penyelenggara Dr. Edvin Aldrian. Dalam pembacaan laporannya Dr. Edvin disampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu, konsolidasi, koordinasi internal organisasi, dan melanjutkan implementasi restrukturisasi program anggaran dan reformasi birokrasi, kemudian mengintegrasikan sinkronisasi dan harmonisasi Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Pusat dan Daerah, serta mempertajam program dan anggaran tahun 2013-2014. Dalam laporannya tersebut juga dijelaskan latar belakang pemilihan tema RAKORNAS 2013 kali ini adalah sebagai inspirasi semangat kejuangan yang tercermin dalam lagu Mars BMKG untuk mengangkat martabat kualitas pelayanan Institusi yang dipercaya dan harum namanya hingga tingkat internasional, yang nantinya akan dijewantahkan dalam birokrasi BMKG yang bersifat melayani , ikhlas dan kredibel.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bambang Susantono, Ph.D, dan dalam sambutannya bapak Bambang menyampaikan bahwa momen ini merupakan sarana untuk bertukar pikiran dan menyamakan persepsi, sehingga tercipta sinkronisasi kebijakan di bidang MKG, selain itu bapak Bambang juga berharap dalam rapat koordinasi nasional ini bisa menghasilkan formulasi kebijakan pada bidang MKG, sehingga nantinya dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc dalam sambutannya pada acara pembukaan RAKORNAS 2013 menjelaskan keberhasilan dalam pencapaian dari berbagai prestasi yang telah diraih oleh BMKG selama ini tidak bisa terwujud tanpa dukungan SDM yang handal dan tangguh, dan dari pencapaian yang diraih apabila dilihat dari perspektif UU No. 31 tahun 2009 tentang MKG masih belum sempurna, sehingga ke depannya kami masih membutuhkan tenaga pimpinan yang handal untuk menggerakan Instansi BMKG ini. Dalam kesempatan ini pula Dr. Sri woro memaparkan mengenai lima hal yang perlu diperhatikan dalam prinsip penata kelolaan perencanann 2014, yaitu Efisiensi anggaran, Efektivitas kegiatan, Eliminasi Duplikasi kegiatan, Pencermatan ketidakwajaran harga, dan Kegiatan harus diselesaikan dalam waktu 1 tahun.

Pembukaan RAKORNAS BMKG 2013 ini turut dihadiri Auditor Utama I BPK Gatot Supiartono, SH. M.Acc, Kepala BPPT Dr. Marzan A.Iskandar, Kepala Badan Informasi Geospasial Dr. Asep Karsidi, serta Direktur Utama LPPNPI Ichwanul Idrus.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

SEMINAR TAHUNAN HASIL KEGIATAN LITBANG BMKG [27/5/2016]
JAKARTA, Jumat (27/5) - Puslitbang BMKG gelar seminar tahunan hasil penelitian Puslitbang Tahun 2015 di Auditorium BMKG. Kegiatan seminar dibuka oleh Deputi Bidang Klimatologi Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc mewakili Kepala BMKG.


SEMINAR STUDI PRECURSOR GEMPABUMI DAN FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL [26/5/2016]
Jakarta, Kamis (26/05/2016) Dimoderatori Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika POtensial dan Tanda Waktu, Dr. Jaya Murjaya, M.Si para 5 narasumber yang berasal dari pihak media, LAPAN, Kedeputian Geofisika dan Litbang BMKG memaparkan perihal studi precursor dan fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 maret 2016. dalam event Seminar sehari yang diselenggarakan oleh kedeputian geofisika BMKG


JOGJA EARTHQUAKE IN REFLECTION 2016 [24/5/2016]
Yogyakarta, Selasa(24/05/2016) - Kepala BMKG, Dr.Andi Eka Sakya,M.Eng mengupas materi BMKG Policy in Earthquake Mitigation pada acara Jogja Earthquake in Reflection 2016, dilanjutkan MOU dengan Prof.Dr.Ir.Sari Bahagiarti K.,M.Sc., Rektor Universitas Pembangunan NasionalVeteranYogyakarta di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.


BMKG BERBAGI PENGALAMAN SLI DI TIMOR LESTE [24/5/2016]
Dili/ Bertempat di Hotel Timor Plaza-Dili,Timor Leste, BMKG bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Directorate National of Meteorology and Geophysics (DNMG-TL) dan Ministry of Agriculture and Fisheries (MAF-TL) mengadakan Climate Field School (CFS) yang akan diselenggarakan mulai tanggal 23 hingga 25 Mei 2016.


BIMBINGAN TEKNIS SISTEM PELAPORAN MONITORING DAN EVALUASI [23/5/2016]
JAKARTA - Senin (23/5/2016), Mengusung tema Peningkatan kinerja monitoring dan evaluasi demi terwujudnya akuntabilitas kinerja BMKG yang lebih, Biro perencanaan gelar Bimbingan Teknis sistem pelaporan monitoring dan evaluasi Tahun 2016 di gedung Serbaguna BMKG Pusat Jakarta, kegiatan yang dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Drs. Subardjo DIPL. SEIS mewakili Sekretaris Utama BMKG dihadiri 47 peserta terdiri dari 31 peserta UPT Daerah dan 16 peserta PPK Pusat dan STMKG.


PERTEMUAN ILMIAH TAHUN KE 3 IABI [23/5/2016]
Bandung, Indonesia sebagai negara Kepulauan yang diakui oleh berbagai ahli kebencanaan dunia sebagai wilayah yang unik. Keunikannya antara lain sebagai wilayah yang sangat rawan terhadap berbagai ancaman, baik bahaya alami maupun non-alam . Sementara kondisi lingkungan alam kita semakin rusak akibat degradasi sumber daya alam dan lingkungan.


PEMPROV SUMSEL HIBAHKAN TANAH BANGUN STASIUN BMKG [20/5/2016]
JAKARTA, Jumat(20/5/2016) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diwakili oleh Kepala Biro Umum, Drs.Yusuf Supriyadi,M.T, disaksikan oleh Deputi Bidang Meteorologi, DR.Yunus S.Swarinoto,M.Si dan Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi, Drs.Untung Merdijanto,M.Si, menandatangani berita acara serah terima hibah tanah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, H.Farhat Syukri).


UPACARA PERINGATAN HARKITNAS KE 108 TAHUN [20/5/2016]
Kebangkitan Nasional diperingati sebagai masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia dari penjajahan negara Belanda selama 350 tahun. Jumat, (20/05/2016) segenap pejabat dan pegawai BMKG mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 108 tahun yang mengambil tema ``Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata Mandiri dan Berkarakter`` di lapangan kantor BMKG Pusat dengan Inspektur Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.


72th UN ESCAP MEETING [20/5/2016]
Bangkok, Rabu (18/05/2016) Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menghadiri pertemuan sidang ke - 72 United Nations economic and Social Commission For Asia and The Pacific (ESCAP) di UN Conference Center. Pada kesempatan ini Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi beberapa perwakilan delegasi RI dari BMKG, Kedutaan Besar Republik Indonesia serta Kementerian lain yang terkait


WORKSHOP PEMBINAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN [17/5/2016]
Jakarta, Opini ``Wajar Dengan Pengecualian yang disandang BMKG terhadap hasil penilaian laporan keuangan tahun 2014 merupakan sebuah penurunan prestasi bagi BMKG, sebelumnya selama 5 tahun berturut-turut BMKG mendapatkan opini ``Wajar Tanpa Pengecualian``(WTP).



Prakiraan Cuaca
28 May 2016
Medan
Hujan Sedang
23 - 34°C
Padang
Cerah Berawan
23 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 34°C
Bengkulu
Hujan Sedang
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
25 - 34°C
Palangkaraya
Berawan
24 - 34°C
Manado
Hujan Ringan
24 - 32°C
Makassar
Berawan
26 - 34°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
25 - 32°C
Jayapura
Hujan Ringan
24 - 33°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 32°C
Kupang
Cerah Berawan
23 - 34°C
Denpasar
Berawan
25 - 34°C
Jakarta
Hujan Sedang
24 - 34°C
Bandung
Hujan Sedang
21 - 29°C
Semarang
Hujan Ringan
27 - 33°C
Surabaya
Hujan Ringan
26 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
27 Mei 2016 - 20:39:49 WIB


Lokasi :
2.62 LU - 128.19 BT
Kedalaman : 110 Km

36 km BaratLaut PULAUMOROTAI-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya