RAPAT KOORDINASI NASIONAL 2013


Melalui tema Dengan Momentum Reformasi Birokrasi Kita Wujudkan Layanan MKKuG Yang Berkualitas, Handal Terpercaya dan Berkelas Dunia Rapat Koordinasi Nasional 2013 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (23/4). Kegiatan yang pada hakekatnya setiap tahun diprogramkan ini merupakan hasil tindak lanjut dari kegiatan Rapat Evaluasi Kegiatan pada bulan Januari, kemudian Rapat Perencanaan Nasional bulan Februari, dan Rapat Kerja Teknis di lima Kantor Balai Besar MKG Wilayah I-V pada bulan Maret. Peserta dalam kesempatan ini terdiri dari Pejabat eselon I-III Kantor Pusat,dan Pejabat Eselon II-III dari Kantor Balai Besar dan UPT daerah.

Kegiatan pembukaan Rakornas diawali dengan pembacaan laporan ketua panitia penyelenggara Dr. Edvin Aldrian. Dalam pembacaan laporannya Dr. Edvin disampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu, konsolidasi, koordinasi internal organisasi, dan melanjutkan implementasi restrukturisasi program anggaran dan reformasi birokrasi, kemudian mengintegrasikan sinkronisasi dan harmonisasi Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Pusat dan Daerah, serta mempertajam program dan anggaran tahun 2013-2014. Dalam laporannya tersebut juga dijelaskan latar belakang pemilihan tema RAKORNAS 2013 kali ini adalah sebagai inspirasi semangat kejuangan yang tercermin dalam lagu Mars BMKG untuk mengangkat martabat kualitas pelayanan Institusi yang dipercaya dan harum namanya hingga tingkat internasional, yang nantinya akan dijewantahkan dalam birokrasi BMKG yang bersifat melayani , ikhlas dan kredibel.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bambang Susantono, Ph.D, dan dalam sambutannya bapak Bambang menyampaikan bahwa momen ini merupakan sarana untuk bertukar pikiran dan menyamakan persepsi, sehingga tercipta sinkronisasi kebijakan di bidang MKG, selain itu bapak Bambang juga berharap dalam rapat koordinasi nasional ini bisa menghasilkan formulasi kebijakan pada bidang MKG, sehingga nantinya dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc dalam sambutannya pada acara pembukaan RAKORNAS 2013 menjelaskan keberhasilan dalam pencapaian dari berbagai prestasi yang telah diraih oleh BMKG selama ini tidak bisa terwujud tanpa dukungan SDM yang handal dan tangguh, dan dari pencapaian yang diraih apabila dilihat dari perspektif UU No. 31 tahun 2009 tentang MKG masih belum sempurna, sehingga ke depannya kami masih membutuhkan tenaga pimpinan yang handal untuk menggerakan Instansi BMKG ini. Dalam kesempatan ini pula Dr. Sri woro memaparkan mengenai lima hal yang perlu diperhatikan dalam prinsip penata kelolaan perencanann 2014, yaitu Efisiensi anggaran, Efektivitas kegiatan, Eliminasi Duplikasi kegiatan, Pencermatan ketidakwajaran harga, dan Kegiatan harus diselesaikan dalam waktu 1 tahun.

Pembukaan RAKORNAS BMKG 2013 ini turut dihadiri Auditor Utama I BPK Gatot Supiartono, SH. M.Acc, Kepala BPPT Dr. Marzan A.Iskandar, Kepala Badan Informasi Geospasial Dr. Asep Karsidi, serta Direktur Utama LPPNPI Ichwanul Idrus.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

UPACARA KESAKTIAN PANCASILA [1/10/2014]
Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, BMKG gelar Upacara bendera dengan Inspektur Upacara Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng dipelataran Gedung Kantor Pusat BMKG, Jakarta, Rabu (17/9).


PERTEMUAN STAKE HOLDER METEOROLOGI PENERBANGAN INDONESIA [29/9/2014]
JAKARTA - Sebagai wujud aktif menyongsong Global Air Navigation Plan (GANP), BMKG mengundang stake holder penerbangan untuk berdiskusi dalam acara Coffee Morning di Executive Lounge Lt. 13 Gedung Operasional BMKG, Senin (29/9). Acara yang dihadiri oleh Kepala BMKG, Direktur Utama AIRNAV Indonesia, Direktur Operasional Angkasa Pura I, Tim Investigasi KNKT dan Jajaran Pejabat terkait di lingkungan BMKG.


MEISI HIBAHKAN GROUND RECEIVER RADIOSONDE KE BMKG [29/9/2014]
Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng didampingi Sekretaris Utama, Soepriyo,Dipl.AIT, S.Si. melakukan penandatanganan MoU terkait Hibah Ground Receiver Radionsonde antara Meisi Electric Co. Ltd (Jepang) dengan BMKG (Indonesia), Tokyo, (26/9).


BMKG GELAR KEGIATAN SARASEHAN SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KOTA DENPASAR [26/9/2014]
Sebagai wujud Percepatan Program Reformasi Birokrasi di Institusi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang tertuang dalam peraturan Kepala BMKG No. 2 Tahun 2012, sarasehan survei indeks kepuasan masyarakat (SIKM) ini diselenggarakan. Pada periode tahun anggaran 2014 sarasehan diprogramkan dilaksanakan di dua tempat yakni di Medan dan Denpasar yang mana pada tanggal 28 Agustus 2014 lalu teah terlaksana di Kota Medan, Sumatera Utara.


ANGGARAN BMKG 2015 Rp. 1.763,5 MILYAR [25/9/2014]
JAKARTA - BMKG mendapat alokasi anggaran definitif RAPBN TA 2015 sebesar Rp. 1.763,5 milyar. Persetujuan alokasi anggaran ini setelah Komisi V DPR RI dan BMKG melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR RI, Rabu (24/9).


WAPRES APRESIASI SISTEM AKIP BMKG [25/9/2014]
JAKARTA, 24 September 2014 - Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono mengapresiasi segala upaya yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga dan Pemprov untuk memperoleh hasil yang maksimal dari pengelolaan reformasi birokrasi. Dalam hal ini, BMKG di wakili Deputi Bidang Meteorologi Yunus S. Swarinoto menerima penghargaan dari Wapres Boediono di Istana Wakil Presiden RI.


BMN AWARDS KEMBALI DIPEROLEH BMKG [24/9/2014]
JAKARTA, 24 September 2014- bertempat di Aula Dhanapala Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Menteri Keuangan M. Chatib Basri memberikan apresiasi penghargaan BMN Awards kepada sejumlah Kementerian/Lembaga yang telah mengelola Barang milik negara di instansinya dengan baik.


BMKG GELAR WORKSHOP METEOROLOGI PENERBANGAN [23/9/2014]
JAKARTA, 22 September 2014- Sistem Single European Sky Air Traffic Management Research(SESAR) merupakan pengelola lalu lintas navigasi udara yang mengontrol lebih dari 33.000 penerbangan harian di Eropa. Di lantai 1 Gedung Utama Kantor Pusat BMKG diselenggarakan workshop dengan DJU, AirNAV dan SELEX untuk menyamakan persepsi dan arah kebijakan kontrol navigasi udara di Indonesia, dari regulasi menjadi solusi.


BMKG BANGUN STASIUN METEOROLOGI BANDARA SAMARINDA BARU [22/9/2014]
SAMARINDA - BMKG bangun stasiun meteorologi di Bandara Samarinda Baru (BSB), Sungai Siring Kalimantan Timur. Bandara BSB ini sebagai pengganti Bandara Temindung Samarinda yang sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan. lokasi Stasiun BMKG di BSB berada tepat disamping ATC bandara dengan luas bangunan 13x20 m2. Sedangkan peralatan pengamatan meteorologi akan segera disiapkan untuk mendukung operasional bandara.


SOSIALISASI PROGRAM PENGENDALIAN GRATIFIKASI [19/9/2014]
JAKARTA, 19 September 2014- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penjelasan kepada pejabat eselon I,II, para PPK di lingkungan Kantor Pusat, ULP dan LPSE tentang program pengendalian gratifikasi di Kantor Pusat BMKG.



Prakiraan Cuaca
02 October 2014
Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Padang
Berawan
22 - 31°C
Palembang
Berawan
23 - 35°C
Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Palangkaraya
Berawan
23 - 34°C
Manado
Berawan
21 - 33°C
Makassar
Berawan
21 - 35°C
Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Ambon
Berawan
23 - 29°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Sorong
Cerah Berawan
24 - 32°C
Kupang
Cerah
20 - 31°C
Denpasar
Berawan
24 - 33°C
Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Bandung
Berawan
23 - 32°C
Semarang
Cerah Berawan
24 - 36°C
Surabaya
Cerah
18 - 30°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
29 September 2014 - 07:18:33 WIB


Lokasi :
2.70 LS - 139.42 BT
Kedalaman : 10 Km

101 km BaratLaut YALIMO-PAPUA
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya