RAPAT KOORDINASI NASIONAL 2013


Melalui tema Dengan Momentum Reformasi Birokrasi Kita Wujudkan Layanan MKKuG Yang Berkualitas, Handal Terpercaya dan Berkelas Dunia Rapat Koordinasi Nasional 2013 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (23/4). Kegiatan yang pada hakekatnya setiap tahun diprogramkan ini merupakan hasil tindak lanjut dari kegiatan Rapat Evaluasi Kegiatan pada bulan Januari, kemudian Rapat Perencanaan Nasional bulan Februari, dan Rapat Kerja Teknis di lima Kantor Balai Besar MKG Wilayah I-V pada bulan Maret. Peserta dalam kesempatan ini terdiri dari Pejabat eselon I-III Kantor Pusat,dan Pejabat Eselon II-III dari Kantor Balai Besar dan UPT daerah.

Kegiatan pembukaan Rakornas diawali dengan pembacaan laporan ketua panitia penyelenggara Dr. Edvin Aldrian. Dalam pembacaan laporannya Dr. Edvin disampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu, konsolidasi, koordinasi internal organisasi, dan melanjutkan implementasi restrukturisasi program anggaran dan reformasi birokrasi, kemudian mengintegrasikan sinkronisasi dan harmonisasi Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Pusat dan Daerah, serta mempertajam program dan anggaran tahun 2013-2014. Dalam laporannya tersebut juga dijelaskan latar belakang pemilihan tema RAKORNAS 2013 kali ini adalah sebagai inspirasi semangat kejuangan yang tercermin dalam lagu Mars BMKG untuk mengangkat martabat kualitas pelayanan Institusi yang dipercaya dan harum namanya hingga tingkat internasional, yang nantinya akan dijewantahkan dalam birokrasi BMKG yang bersifat melayani , ikhlas dan kredibel.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bambang Susantono, Ph.D, dan dalam sambutannya bapak Bambang menyampaikan bahwa momen ini merupakan sarana untuk bertukar pikiran dan menyamakan persepsi, sehingga tercipta sinkronisasi kebijakan di bidang MKG, selain itu bapak Bambang juga berharap dalam rapat koordinasi nasional ini bisa menghasilkan formulasi kebijakan pada bidang MKG, sehingga nantinya dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc dalam sambutannya pada acara pembukaan RAKORNAS 2013 menjelaskan keberhasilan dalam pencapaian dari berbagai prestasi yang telah diraih oleh BMKG selama ini tidak bisa terwujud tanpa dukungan SDM yang handal dan tangguh, dan dari pencapaian yang diraih apabila dilihat dari perspektif UU No. 31 tahun 2009 tentang MKG masih belum sempurna, sehingga ke depannya kami masih membutuhkan tenaga pimpinan yang handal untuk menggerakan Instansi BMKG ini. Dalam kesempatan ini pula Dr. Sri woro memaparkan mengenai lima hal yang perlu diperhatikan dalam prinsip penata kelolaan perencanann 2014, yaitu Efisiensi anggaran, Efektivitas kegiatan, Eliminasi Duplikasi kegiatan, Pencermatan ketidakwajaran harga, dan Kegiatan harus diselesaikan dalam waktu 1 tahun.

Pembukaan RAKORNAS BMKG 2013 ini turut dihadiri Auditor Utama I BPK Gatot Supiartono, SH. M.Acc, Kepala BPPT Dr. Marzan A.Iskandar, Kepala Badan Informasi Geospasial Dr. Asep Karsidi, serta Direktur Utama LPPNPI Ichwanul Idrus.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BMKG DAN BTPN SEPAKATI KERJASAMA [28/6/2016]
JAKARTA - Selasa (28/6/2016), Dalam rangka program pembekalan pensiun dan layanan perbankan kepada Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan GeofisiKa, BMKG sepakat menandatangani nota kesepahaman bersama dengan PT. Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) di gedung Serbaguna BMKG.


RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN ROAD MAP REFORMASI BIROKRASI [28/6/2016]
JAKARTA - Selasa (28/6/2016), Dalam rangka tindak lanjut pelaksanaan Road Map Reformasi Birokrasi tahun 2015 - 2019, BMKG lakukan Rapat Koordinasi Yang pimpin oleh Sekretaris Utama Dr. Widada Sulistya, DEA dan diikuti oleh Pejabat Eselon I, II, III, dan IV, STMKG, Inspektorat dan Pusdiklat BMKG di gedung Serbaguna BMKG.


RDP LANJUTAN MENGENAI PEMBAHASAN PENETAPAN PERUBAHAN PROGRAM DAN ALOKASI ANGGARAN RAPBN P TA 2016 [28/6/2016]
Jakarta, Sejumlah mitra kerja Komisi V DPR RI seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, BMKG, BASARNAS,BPWS dan BPLS memenuhi undangan rapat dengar pendapat dari Komisi V DPR-RI yang diselenggarakan di ruang Rapat Kerja Komisi V dengan agenda Pembahasan penetapan program dan alokasi anggaran Lembaga/Badan mitra kerja Komisi V DPR RI dalam RAPBN-P TA 2016.


MENHUB BUKA POSKO LEBARAN, BMKG SIAP BERIKAN PELAYANAN [24/6/2016]
JAKARTA - Jumat (24/6), Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membuka secara Resmi Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016/1437 H, Kesiapan tersebut ditandai dengan digelarnya Upacara di Halaman Kantor Kementerian Perhubungan yang di pimpin langsung oleh Menteri Perhubungan RI.


MEDIA BRIEFING BENCANA EKOLOGIS DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN IKLIM [23/6/2016]
Jakarta, Rabu (23/06/2016)Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adakan media briefing dengan tema ``Bencana Ekologis Dalam Perspektif Perubahan Iklim`` bertempat di ruang rapat museum perpustakaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


RDP KOORDINASI KESIAPAN ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2016 [21/6/2016]
Jakarta, Senin (20/06/2016) Jelang mudik lebaran tahun 2016, Komisi V DPR-RI mengundang para mitra kerjanya seperti Kementerian Perhubungan,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, WaKakorlantas POLRI BMKG, BASARNAS untuk menghadiri rapat koordinasi terkait dengan angkutan lebaran serta kesiapan sarana dan prasarana dalam menyambut mudik lebaran dan arus balik tahun 2016.


ANGKASA PURA I KUNJUNGI BMKG [21/6/2016]
Jakarta/ BMKG menerima kunjungan dari Angkasa Pura I (21/6) terkait mengenai pertemuan lanjutan perkembangan rencana pembangunan bandar udara baru di wilayah Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng dengan didampingi oleh Deputi Bidang Meteorologi, Dr. Yunus Subagyo Swarinoto, M.Si, Deputi Bidang Geofisika, Dr. Masturyono, M.Sc dan Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi, Drs. Untung Merdijanto, M.Si.


MANAGEMENT GROUP MEETING RA V [20/6/2016]
Jenewa/ Disela-sela sidang Executive Council (EC) ke 68 Badan Meteorologi Dunia (WMO), wilayah Regional V (RA V) mengadakan pertemuan Management Group (MG) yang ke 14 (17/6). Presiden RA V yang dijabat oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, memimpin pertemuan tersebut dengan didampingi oleh Dr. Chung Kyu, Park yang merupakan Director of Regional Office for Asia & the South-West Pacific.


WMO GELAR PENANDATANGANAN AOMSUC [17/6/2016]
Jenewa/ Anggota Asia-Oceania Meteorological Satellite Users Conference (AOMSUC) yang terdiri dari Australia, China, India, Indonesia, Japan, the Russian Federation and the Republic of Korea kemaren (16/6) melakukan penandatangan kerjasama AOMSUC di kantor World Meteorological Organization (WMO) di Jenewa.


BMKG TANDATANGANI MOU DENGAN UK METOFFICE [16/6/2016]
Jenewa/ Bertempat di ruang rapat lantai 8 Kantor World Meteorological Organization (WMO) Jenewa, BMKG dan UK MetOffice menandatangani MoU mengenai `Kerjasama dibidang Meteorologi dan Klimatologi`. Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menandatangani perjanjian ini bersama dengan Rob Varley, Chief Executive of The United Kingdom Meteorological Office. Penandatangan MoU ini juga disaksikan langsung oleh Bapak Michael Tene, selaku Duta Besar (Deputy Permanent Representative RI 1) untuk UN, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa.



Prakiraan Cuaca
29 June 2016
Medan
Berawan
25 - 36°C
Padang
Berawan
21 - 32°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
25 - 32°C
Pontianak
Berawan
25 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
23 - 32°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 33°C
Makassar
Hujan Ringan
25 - 32°C
Ternate
Hujan Ringan
24 - 31°C
Ambon
Hujan Sedang
24 - 30°C
Jayapura
Berawan
23 - 33°C
Sorong
Hujan Ringan
25 - 30°C
Kupang
Hujan Ringan
23 - 32°C
Denpasar
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jakarta
Hujan Sedang
26 - 33°C
Bandung
Hujan Ringan
19 - 30°C
Semarang
Hujan Ringan
25 - 33°C
Surabaya
Hujan Ringan
25 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
28 Juni 2016 - 20:55:52 WIB


Lokasi :
4.18 LS - 133.84 BT
Kedalaman : 10 Km

99 km BaratDaya KAIMANA-PAPUABRT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya