RAPAT KOORDINASI NASIONAL 2013


Melalui tema Dengan Momentum Reformasi Birokrasi Kita Wujudkan Layanan MKKuG Yang Berkualitas, Handal Terpercaya dan Berkelas Dunia Rapat Koordinasi Nasional 2013 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (23/4). Kegiatan yang pada hakekatnya setiap tahun diprogramkan ini merupakan hasil tindak lanjut dari kegiatan Rapat Evaluasi Kegiatan pada bulan Januari, kemudian Rapat Perencanaan Nasional bulan Februari, dan Rapat Kerja Teknis di lima Kantor Balai Besar MKG Wilayah I-V pada bulan Maret. Peserta dalam kesempatan ini terdiri dari Pejabat eselon I-III Kantor Pusat,dan Pejabat Eselon II-III dari Kantor Balai Besar dan UPT daerah.

Kegiatan pembukaan Rakornas diawali dengan pembacaan laporan ketua panitia penyelenggara Dr. Edvin Aldrian. Dalam pembacaan laporannya Dr. Edvin disampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu, konsolidasi, koordinasi internal organisasi, dan melanjutkan implementasi restrukturisasi program anggaran dan reformasi birokrasi, kemudian mengintegrasikan sinkronisasi dan harmonisasi Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Pusat dan Daerah, serta mempertajam program dan anggaran tahun 2013-2014. Dalam laporannya tersebut juga dijelaskan latar belakang pemilihan tema RAKORNAS 2013 kali ini adalah sebagai inspirasi semangat kejuangan yang tercermin dalam lagu Mars BMKG untuk mengangkat martabat kualitas pelayanan Institusi yang dipercaya dan harum namanya hingga tingkat internasional, yang nantinya akan dijewantahkan dalam birokrasi BMKG yang bersifat melayani , ikhlas dan kredibel.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bambang Susantono, Ph.D, dan dalam sambutannya bapak Bambang menyampaikan bahwa momen ini merupakan sarana untuk bertukar pikiran dan menyamakan persepsi, sehingga tercipta sinkronisasi kebijakan di bidang MKG, selain itu bapak Bambang juga berharap dalam rapat koordinasi nasional ini bisa menghasilkan formulasi kebijakan pada bidang MKG, sehingga nantinya dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kepala BMKG Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc dalam sambutannya pada acara pembukaan RAKORNAS 2013 menjelaskan keberhasilan dalam pencapaian dari berbagai prestasi yang telah diraih oleh BMKG selama ini tidak bisa terwujud tanpa dukungan SDM yang handal dan tangguh, dan dari pencapaian yang diraih apabila dilihat dari perspektif UU No. 31 tahun 2009 tentang MKG masih belum sempurna, sehingga ke depannya kami masih membutuhkan tenaga pimpinan yang handal untuk menggerakan Instansi BMKG ini. Dalam kesempatan ini pula Dr. Sri woro memaparkan mengenai lima hal yang perlu diperhatikan dalam prinsip penata kelolaan perencanann 2014, yaitu Efisiensi anggaran, Efektivitas kegiatan, Eliminasi Duplikasi kegiatan, Pencermatan ketidakwajaran harga, dan Kegiatan harus diselesaikan dalam waktu 1 tahun.

Pembukaan RAKORNAS BMKG 2013 ini turut dihadiri Auditor Utama I BPK Gatot Supiartono, SH. M.Acc, Kepala BPPT Dr. Marzan A.Iskandar, Kepala Badan Informasi Geospasial Dr. Asep Karsidi, serta Direktur Utama LPPNPI Ichwanul Idrus.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

TALENT MAPPING BBMKG WILAYAH IV [24/3/2015]
MAKASSAR, Senin(23/03/2015) - Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Terbatas di Istana Presiden pada 11 Februari 2015, peran, tugas dan fungsi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sangat diperlukan untuk mengatasi masalah banjir akibat dari cuaca ekstrim. Untuk itu diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusianya, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas itu dengan mengadakan Talent Mapping.


HMD KE-65 HADIRKAN MOTIVATOR ELLIES SUTRISNA [23/3/2015]
Jakarta, Senin (23/3/2015) - Hari Meteorologi Dunia (HMD) Ke-65 hadirkan motivator Ellies Sutrisna. sekitar 350 peserta hadir untuk mengikuti seminar yang bertemakan strategi mencapai kebebasan finansial di Aditorium BMKG Pusat.


RAKERNIS BBMKG WILAYAH IV SUKSESKAN PROGRAM BMKG KELAS DUNIA [23/3/2015]
MAKASSAR, Senin (23/03/2015) - Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih BMKG selama 6 kali berturut-turut sejak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah sebuah prestasi kerja. Di era Presiden Joko Widodo, BMKG menyatakan kesiapannya untuk mempertahankan WTP Murni. Hal ini dibahas dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) tahun 2015 di Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar.


RAKERNIS BALAI BESAR MKG WIL I MEDAN [23/3/2015]
Medan, Minggu (22/3) Sebagai sebuah sarana koordinasi bagi para satuan kerja untuk mengevaluasi kegiatan operasional serta ketatausahaan di lingkungan Balai Besar MKG Wilayah I medan, maka diselenggarakan kegiatan rapat kerja teknis dengan tema ``Melalui Rapat Kerja Teknis Balai Besar MKG Wilayah I tahun 2015 Kita Sukseskan Percepatan Program Prioritas Pembangunan Untuk Menuju BMKG Kelas Dunia dan Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur``


BMKG BANTU PETANI INDONESIA MELALUI G4INDO PROJECT [19/3/2015]
Jakarta, Kamis (19/3) Proyek Geo-data for Crop Insurance in Indonesia (G4INDO), melibatkan BMKG sebagai salah satu mitra dalam memberikan bantuan pada para petani Indonesia. Proyek yang didanai Belanda ini, merupakan sebuah kerjasama antara beberapa lembaga seperti LAPAN, Kementrian Pertanian, Kementrian Dalam Negeri, BMKG dan beberapa lembaga lain baik dari Indonesia maupun Belanda. Kerjasama ini dibentuk untuk memberikan edukasi pada petani Indonesia tentang betapa pentingnya mengansuransikan tanaman ataupun hasil pertanian mereka. Karena dengan diasuransikannya tanaman hasil pertanian mereka, maka para petani Indonesia akan terlindungi dari kerugian akibat gagal panen. BMKG sendiri akan memberikan bantuan berupa informasi iklim dan cuaca, yang merupakan salah satu faktor penting penunjang berhasil atau tidaknya panen para petani Indonesia.


RAKERNIS BAWIL V BAWA SEMANGAT BANGUN BMKG KELAS DUNIA [19/3/2015]
Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Balai Besar MKG Wilayah V (Bawil V) Tahun 2015 berlangsung di Kantor Bawil V Jayapura, Selasa-Jum`at (17-20/3).


23 PESERTA IKUTI TALENT MAPPING DI BAWIL V JAYAPURA [18/3/2015]
Penilaian Kompetensi Telent Mapping untuk jabatan administrasi dan pengawas berlangsung di Kantor Balai Besar MKG Wilayah V (Bawil V) Jayapura, Selasa-Rabu (17-18/3).


RAPAT KERJA TEKNIS BBMKG WILAYAH II [18/3/2015]
Pontianak (17-20/3) Dengan Tema ``Melalui Rakernis Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika Wilayah II Tahun 2015, Kita Sukseskan Percepatan Program Prioritas Pembangunan Untuk Menuju BMKG Kelas Dunia dan Mewujudkan Masyarakat Adil dan Sejahtera``. Kegiatan bertempat di Gedung Politeknik Negeri, Jalan Akhmad Yani dan diawali dengan laporan ketua panitia Kepala Bawil II Joko Siswanto yang menyampaikan ``tujuan diadakannya Rakernis adalah untuk menindaklanjuti Hasil Rapat Pra Rakornas, juga Penyampaian Garis Besar Kebijakan Umum BMKG Th. 2016 dan Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) Th 2016 berdasar pagu indikatif``


PENYEMPURNAAN SISTEM DATABASE BMKG MELALUI REKONSILIASI DATABASE [16/3/2015]
Jayapura, Selasa (10/3) Rekonsiliasi Database MKKuG merupakan Kegiatan Rutin yang dilakukan Oleh Pusat Database sejak Tahun 2011.


TALENT MAPPING BBMKG WILAYAH III [15/3/2015]
DENPASAR, Sebanyak 22 peserta mengikuti Talent Mapping dan Uji Kompetensi untuk Jabatan Administrator dan Pengawas BMKG Tahun 2015, diselenggarakan di Ruang Rapat Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Sabtu (14/3).



Prakiraan Cuaca
28 March 2015
Medan
Hujan Ringan
25 - 34°C
Padang
Berawan
21 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 32°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
24 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
23 - 32°C
Manado
Hujan Ringan
22 - 32°C
Makassar
Hujan Ringan
24 - 33°C
Ternate
Hujan Ringan
24 - 32°C
Ambon
Berawan
23 - 33°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
25 - 33°C
Kupang
Hujan Ringan
24 - 32°C
Denpasar
Cerah Berawan
25 - 34°C
Jakarta
Hujan Sedang
24 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
21 - 30°C
Semarang
Hujan Sedang
24 - 32°C
Surabaya
Hujan Ringan
25 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
27 Maret 2015 - 20:56:24 WIB


Lokasi :
1.52 LU - 126.35 BT
Kedalaman : 10 Km

132 km TimurLaut BITUNG-SULUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya