PENYIMPANGAN SUHU MUKA LAUT SEBABKAN LTINGGINYA CURAH HUJAN


Dengan adanya beberapa kejadian/ perubahan dinamika atmosfer akhir-akhir ini yang menimbulkan fenomena cuaca saat inimasih banyak hujan, maka BMKG melakukan kegiatan jumpa pers tentang perkembangan kondisi cuaca dan musim kemarau 2013, Rabu (5/6) di Ruang Crisis Centre dengan diikuti puluhan media massa cetak dan elektronik.

Adanya peningkatan curah hujan disepanjang pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan dan sebagian Maluku, hal ini disebabkan oleh angin timur (yang biasanya pada musim kemarau sangat kuat) melemah karena terhambat  angin barat yang bersifat basah sehingga terjadi peningkatan curah hujan,tutur Ibu Sri Woro saat memberikan penjelasan kepada pers dengan didampingi Kepala Pusat Meteorologi Publik, Drs. R. Mulyono Prabowo, M.Sc ; Kepala Pusat Iklim, Agroklimat, dan Iklim Maritim, Dra. Nurhayati, M. Sc dan Guru Besar ITB, Prof. Dr. bayong Tjasyono HK, DEA. 

Lebih lanjut, Ibu Sri woro mengutarakan bahwa peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa dan Sumatera disebabkan adanya anomali (penyimpangan) suhu permukaan laut (SST) di perairan Indonesia,khususnya di Perairan Selatan P. Jawa  dan keadaan anomali suhu permukaan laut ini diprediksi berlangsung sampai bulan Agustus.

Sri Woro menambahkan adanya pola tekanan rendah di sekitar P. Jawa yang menyebabkan penumpukan massa uap air sehingga menyebabkan peningkatan  curah hujan.

Sementara itu, Ibu Sri Woro menambahkan potensi hujan diatas normal diprakirakan masih berlangsung sampai dengan akhir Agustus 2013 di Pulau Jawa, Sulawes Selatan, Bali, Nusa Tenggara dan sebagian Maluku dengan peluang kejadian hujan lebat selama periode tersebut. Selain itu, Bayong Tjasyono mengutarakan bahwa terjadi penyimpangan suhu permukaan laut di wilayah perairan indoensia  sehingga terjadi penumpukan awan.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

PERTANDINGAN TENIS MEJA ANTAR INSTANSI KEMENTERIAN [18/9/2014]
Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional tahun 2014, Departemen Perhubungan menyelenggarakan pertandingan Tenis Meja antar instansi/kementrian bertempat di gedung KONI Jakarta, 10-11 September 2014. Pertandingan diikuti oleh 29 instansi diantaranya Dirjen Perhubungan Darat, Laut dan Udara, Badan SAR Nasional, Perum DAMRI, ASDP dan PT. KAI. Dalam kesempatan tersebut dipertandingkan secara beregu : tunggal pertama, ganda dan tunggal kedua. Pada pertandingan tersebut Tim Tenis Meja Beregu Putra BMKG berhasil meraih Juara ke II. (Juara I : Dirjen Perhubungan Laut, Juara II : BMKG, Juara III : Dirjen Perhubungan Darat dan Juara IV : Dirjen Perhubungan Udara).


DPR TERTARIK USULAN PROGRAM BMKG [17/9/2014]
JAKARTA - BMKG bersama dengan Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, BASARNAS, Bapel-BPLS, dan Bapel-BPWS melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tentang alokasi anggaran untuk fungsi dan program unit organisasi eselon I tahun anggaran 2015 di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (17/9/2014).


PEMAPARAN PERAN BMKG DI SULAWESI UTARA DALAM PENERAPAN ILMU FISIKA PADA SEMINAR HIMPUNAN FISIKA INDONESIA DI UNIMA [17/9/2014]
Jumat, (12/9), Himpunan Fisika Indonesia cabang Sulawesi Utaramengadakan Seminar dengan tema Kontribusi Fisika Dalam Pengembangan Teknologi.


UPACARA HARHUBNAS [17/9/2014]
Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2014, Kementerian Perhubungan gelar Upacara bendera dengan Inspektur Upacara Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan dipelataran Gedung Kantor Pusat Kemenhub-Jakarta, Rabu (17/9).


APEL BENDERA PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN NASIONAL [16/9/2014]
Bertempat di taman makan pahlawan Kalibata pada Selasa, (16/9) Kementerian Perhubungan mengadakan acara Apel Bendera dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2014.


BMKG GELAR SOSIALISASI DI KOTA KENDARI [12/9/2014]
Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan kota yang menjadi target pelaksanaan kegiatan Soalisasi Undang-Undang No. 31 Tahun 2009 dan Sosialisasi Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika kepada media massa, Jumat (12/9) di Ballroom Lotus I Hotel PlazaInn Kendari.


WAPRES BERI BMKG PENGHARGAAN WTP [12/9/2014]
Jakarta-Wakil Presiden RI Boediono memberikan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) secara langsung kepada Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan pada acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah, Jumat (12/9/2014).


LAUNCHING WITH GLOBE [11/9/2014]
Sebuah media visualisasi hasil observasi fenomena cuaca bumi dengan nama WITH GLOBE diluncurkan di BMKG, Kamis (11/9) di lobby kantor pusat BMKG.


10 NEGARA IKUTI KONFERENSI MOMSEI [9/9/2014]
Ilmuwan muda dari 10 negara lingkar pasifik barat ikut ambil bagian dalam kegiatan 5th WESTPAC Summer School on the Monsoon Onset Monitoring and Its Social and Ecosystem Impacts (MOMSEI). Ajang pertemuan para peneliti muda ini sebagai upaya memahami dampak adanya pergeseran awal musim baik hujan maupun kemarau akibat perubahan iklim beserta interaksinya terhadap dinamika laut terhadap keseimbangan ekosistem dan pengaruhnya kepada social ekonomi masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penelitan dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan Achmad Poernomo di Hotel Nam Centre Jakarta, Selasa (9/9).


PERTEMUAN SETNAS ASEAN-INDONESIA [8/9/2014]
Senin (8/9), Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng bersama Kepala Biro Hukum dan Organisasi Darwahyuniati, SH, MH, dan Kepala Bagian Kerjasama Drs. Maman Sudarisman hadiri pertemuan Sekretariat Nasional (SETNAS) ASEAN-Indonesia di Hotel San Pasific Jakarta.



Prakiraan Cuaca
18 September 2014
Medan
Berawan
23 - 32°C
Padang
Cerah Berawan
23 - 31°C
Palembang
Berawan
23 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 32°C
Pontianak
Hujan Ringan
24 - 33°C
Palangkaraya
Berawan
22 - 33°C
Manado
Cerah Berawan
20 - 33°C
Makassar
Berawan
20 - 36°C
Ternate
Berawan
25 - 31°C
Ambon
Berawan
22 - 29°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Berawan
24 - 32°C
Kupang
Cerah
20 - 32°C
Denpasar
Berawan
23 - 32°C
Jakarta
Berawan
24 - 34°C
Bandung
Cerah Berawan
22 - 32°C
Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Surabaya
Cerah
22 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
17 September 2014 - 09:29:52 WIB


Lokasi :
4.53 LS - 102.59 BT
Kedalaman : 18 Km

55 km BaratDaya BENGKULUSELATAN
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya