PEMAHAMAN HISAB DAN RUKYAT MELALUI SEMINAR JURNAL CLUB


Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG menyelenggarakan Seminar Scientific Jurnal Club dengan tema Pemahaman  Hisab dan Rukyat, Selasa (7/8) di Ruang Serbaguna Gedung Operasional Utama. Acara dibuka  oleh Sekretaris Utama  Dr. Andi Eka Sakya, M.ENG, dan dihadiri Pejabat Eselon I-IV, serta   mengundang pembicara Cecep Nurwendaya, M.Sc dari  anggota BHR Kementrian Agama Planetarium Jakarta.

Topik pertama dalam seminar dibawakan Cecep Nurwendaya dengan tema Seputar Hisab Rukyat menjelang awal Bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1433 H. Dalam presentasinya Cecep menjelaskan, awal Ramadhan 1433 H pada tahun 2012 ini diprediksi berpotensi ada perbedaan pelaksanaan harinya bagi masyarakat di Indonesia. Adanya perbedaan ini dapat terjadi saat posisi hilal penentu awal bulan memiliki tinggi kritis, berada 0 sampai 2 derajat menurut perhitungan Hisab Kontemporer, seperti yang terjadi menjelang awal Ramadhan 1433 H ini, ucap Cecep.

Lebih lanjut cecep menjelaskan bahwa awal Syahwal 1433 H pada tahun 2012 ini diprediksi berpotensi bersamaan harinya dalam melaksanakan Idul Fitri 1433 H.  Sekalipun demikian karena berkaitan dengan dimungkinkan adanya perbedaan pelaksanaan awal Ramadhan 1433 H. maka ada perbedaaan hari pada tanggal  29 Ramadhan sebagai penentu masuknya awal bulan Syahwal, baik pengguna metode Hisab Maupun Rukyat.

Topik kedua dengan tema Hisab dan Rukyat di Indonesia serta Permasalahannya dipresentasikan  Deputi Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi, Drs. Sunarjo, M.Sc . Di Indonesia penentuan awal ketiga bulan qomariah ini selalu menjadi polemik antara umat islam satu dengan lainnya, hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan metode dankriteria yang digunakan serta perbedaan non teknis yang terkait dengan keinginan untuk mempersatukan umat. Walaupun belum berhasil secara maksimal segala cara seperti musyawarah, konsultasi, kajian, pelatihan, observasi bersama dan lain sebagainya sudah ditempuh, demikian ujar Sunarjo.

Pembicara ketiga Kepala Pusat Seismologi teknik, geopotensial dan tanda waktu Drs. Budi Waluyo, Dipl. Seis.  mempresentasikan Penentuan Hisab Rukyat oleh BMKG. Dalam presentasinya Budi Waluyo menjelaskan dasar perhitungan yang digunakan oleh Sub Bidang Gravitasi dan Tanda waktu BMKG adalah algoritma ELP 2000-82B (Untuk posisi bulan) dan VSOP-87 ) untuk posisi matahari), kemudian dipadukan dengan algoritma Meeus (1998) dan Siedelmann (1992), dan hasil dari perhitungan tersebut

dipetakan dalam bentuk Buku Ketinggian Hilal pada setiap awal Bulan Hijriah yang diterbitkan setiap tahun, ucap Budi Waluyo.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

ASEAN SCIENCE AND TECHNOLOGY WEEK [23/8/2014]
Berlokasi di Botani Square, Bogor pada Jumat (20/8)diselenggarakan event internasional The Ninth ASEAN Science And Technology Weekyang dibuka oleh Menteri Riset dan Teknologi Prof. Dr. Ir. Muhammad Hatta, MS.


Training ArcGIS Desktop Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Informasi Cuaca [22/8/2014]
Perkembangan pemanfaatan data geospasial beberapa tahun belakangan ini meningkat dengan sangat drastis. dikarenakan dengan meningkatnya pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam memperoleh, mengelola, dan mengumpulkan data-data yang bersifat keruangan (spasial). Sementara, ESRI sebagai provider teknologi Sistem Informasi Geografis di dunia terus melakukan riset untuk mengembangkan teknologi yang applicable serta memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pemerintahan dan instansi-instansi terkait. Hal ini dilakukan untuk menunjang kinerja pemerintah dalam pengambilan keputusan dan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat.


MIDAS DUKUNG DATA INFORMASI MARITIM NASIONAL [21/8/2014]
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas lautan (70%). Hal ini sangat mempengaruhi karakteristik cuaca dan iklim di Indonesia sehingga informasi cuaca dan iklim laut (maritime) menjadi sangat penting untuk Indonesia. Hal ini diutarakan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng pada pembukaan kegiatan The 9th Annual Indonesia-U.S. Ocean and Climate Observations, Analysis, and Application Partnership Workshop, Rabu (20/8) di Gedung Serbaguna BMKG.


PENINGKATAN KAPASITAS SDM BMKG MELALUI DIKLAT TEKNIS [19/8/2014]
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tak henti-henti nya mengadakan peningkatan kualitas Sumber Daya Mannusianya melalui penyelenggaraan diklat yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Selasa (19/8) di gedung serbaguna Citeko, Bogor . Penyelenggaraan diklat Teknis Seismologi Teknik dan Diklat teknis Klimatologi tahun 2014 ini diikuti oleh 72 peserta yang terdiri dari pegawai pusat, UPT daerah serta 6 orang peserta dari Mabes Angkatan Udara.


KUNJUNGAN PERWAKILAN SESWAPRES [18/8/2014]
BMKG menerima kunjungan sebanyak 7 orang perwakilan dari Sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara RI yang diketuai oleh Abdul Muis Asisten Deputi Kesra Berbasis Komunitas, rombongan diterima 4 Pejabat BMKG diantaranya Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan dan Maritim, Kepala Pusat Meteorologi Publik, Kepala Pusat Iklim, Agroklimat, dan Iklim Maritim serta Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG, yang mewakili Deputi Bidang Meteorologi dan Deputi Bidang Klimatologi, bertempat di Ruang Rapat KBMKG Lt. 12 Jakarta, Senin (18/8).


UPACARA PERINGATAN KEMERDEKAAN KE 69 REPUBLIK INDONESIA [17/8/2014]
Minggu, (17/8) bertempat di halaman kantor pusat BMKG diselenggarakan kegiatan upacara dalam rangka memperingati kemerdekaan ke 69 tahun Republik Indonesia, dengan Inspektur upacara Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, dan dihadiri oleh seluruh pejabat eselon I-IV serta pegawai.


LIMA INSTANSI BAHAS IOWAVE EXERCISE DAN TSUNAMI ACEH [16/8/2014]
Lima instansi yang terdiri dari BMKG, LIPI, RISTEK, dan UNESCO bahas persiapan IOWave Exercise 2014 dan Peringatan 10 tahun Tsunami Aceh pada diskusi yang berlangsung di BMKG Pusat Jakarta, Jumat (15/8).


PEMBEKALAN KEPALA BMKG PADA DIKLAT PIM IV [14/8/2014]
Kamis, (14/8) di Gedung Serbaguna Citeko, Bogor Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng memberikan pembekalan kepada 30 peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV. Kegiatan diklat yang berlangsung selama 3 bulan ke depan ini dilaksanakan dalam 5 tahapan pembelajaran yakni, Diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, Breakthrough I, Merancang Perubahan dan membangun tim, Breakthrough II, leadership laboratory serta evaluasi.


CUACA CERAH SAKSIKAN HUJAN METEOR [13/8/2014]
Cuaca cerah dapat saksikan hujan meteor dengan mata telanjang. Prakiraan cuaca wilayah Indonesia dapat dilihat di website BMKG.


BMKG GELAR DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV [11/8/2014]
Senin(11/8), untuk pertama kalinya Pusdiklat BMKG menyelenggarakan diklat kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV di lingkungan BMKG tahun 2014. Acara diawali dengan laporan oleh ketua penyelenggara Kapusdiklat Dr.Hendar Gunawan dilanjutkan pembukaan acara secara resmi oleh Sestama BMKG Soepriyo,Dipl.AIT,S.Si di gedung serbaguna BMKG Citeko, Bogor.



Prakiraan Cuaca
23 August 2014
Medan
Hujan Ringan
23 - 31°C
Padang
Cerah Berawan
21 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
23 - 32°C
Palangkaraya
Berawan
24 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 32°C
Makassar
Cerah
21 - 33°C
Ternate
Berawan
23 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
23 - 28°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Kupang
Cerah
22 - 30°C
Denpasar
Berawan
24 - 32°C
Jakarta
Berawan
24 - 32°C
Bandung
Hujan Ringan
22 - 32°C
Semarang
Hujan Ringan
23 - 33°C
Surabaya
Cerah Berawan
24 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
23 Agustus 2014 - 04:49:08 WIB


Lokasi :
2.86 LU - 92.51 BT
Kedalaman : 10 Km

399 km BaratLaut KAB-SIMEULUE-NAD
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya