MAHASISWA UNDIKSHA SINGARAJA MENGGALI INFORMASI MKG


Kamis, (13/6), 57 Mahasiswa Pendidikan Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Singaraja melakukan kunjungan ke BMKG. Acara yang dibuka oleh Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi, Bapak  Ir. Yanuar Firdausi, MM yang mewakili Kepala Bagian Humas, Bapak Drs. Eko Suryanto ini menghadirkan para pembicara, yaitu:Kepala Bidang Informasi Iklim,  Bapak Drs. Endro Santoso, M. Si; Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami,  Bapak Dr. Wandono; dan Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi,  Bapak Hary Tirto Djatmiko, ST.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya potensi bencana di Indonesia, yaitu  faktor cuaca, iklim, Kualitas Udara, gempa bumi, dan tsunami.  Bencana ini akan menimbulkan kerentanan di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup,tutur Bapak Hary sebagai pembicara pertama. Lebih lanjut, Bapak Hary mengutarakan dari sinilah, BMKG memiliki peran untuk meminimalisir jumlah resiko terhadap bencana seperti kerugian harta benda dan jiwa.  Kita telah memiliki sistem Indonesia Meteorogical Early Warning Sytem (Ina-MEWS),lanjut Bapak Hary.

Selanjuntya paparan materi oleh Bapak Endro yang menjelaskan tentang  kegiatan bidang klimatologi, termasuk pemantauan Kualitas Udara. Terakhir, Bapak Wandono menyampaikan paparan tentang sistem peringatan dini tsunami.  Dalam memonitoring gempa bumi, kita telah memiliki Seismograf sebanyak 160 sta dan accelerograf sebanyak 216 sta. Sementara untuk memonitoring laut, saat ini kita telah memiliki 2 DART-Buoy (2010) serta tide gauges, 58 stasiun. Selain itu, untuk mengetahui deformasi (earth deformation), kita memiliki 20 sta GPS-land stasion, dan  earth observation,tutur Bapak Wandono

Usai mendapatkan paparan, mereka mengunjungi beberapa lokasi, yaitu Ruang Operasional Geofisika, Simulator Gempa Bumi, Stasiun Meteorologi 745 Jakarta, dan Stasiun Geofisika. 

::: Humas


  » Informasi lainnya...

WORKSHOP BAGI OBSERVER DAN FORECASTER KLIMATOLOGI [28/4/2015]
Citeko, Selasa (28/4) Setelah mendapatkan pengetahuan bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik kepada publik, dan penggunaan media dalam penyampaian informasi klimatologi kepada masyarakat yqng disampaikan oleh Jurnalis RCTI Inne Sudjono Senin (27/4) di gedung auditorium BMKG pusat, para peserta workshop observer dan forecaster Klimatologi kali ini akan menambah pengetahuannya dalam bidang teknis mulai dari pengamatan hingga analisanya, di gedung serbaguna BMKG citeko.


DIKLAT PRA JABATAN GOLONGAN III [28/4/2015]
CITEKO - BOGOR, 59 orang Calon Pegawai Negeri Sipil BMKG yang terdiri dari Angkatan I sebanyak 30 orang dan Angkatan II sebanyak 29 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan Golongan III yang di gelar Pusdiklat BMKG di Gedung Serbaguna Citeko Bogor, resmi dibuka oleh Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, Selasa (28/4) pagi.


INDONESIA HADIRI TWENTY-SIXTH SESSION OF THE INTERGOVERNMENTAL COORDINATION GROUP FOR THE PACIFIC TSUNAMI WARNING AND MITIGATION SYSTEM DI HAWAII AMERIKA SERIKAT. [28/4/2015]
Setelah kejadian tsunami 2004 di Sumatera, Chilie 2010/ 2014 , dan di Jepang 2011 yang telah mengakibatkan korban jiwa dalam jumlah yang sangat besar, negara-negara di dunia, khususnya yang berpotensi menghadapi tsunami, secara terus menerus berupaya untuk mempersiapkan diri. Bencana alam memang tidak dapat dicegah akan tetapi persiapan yang baik dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat bencana.


BERKOMUNIKASI DENGAN MEDIA [27/4/2015]
Jakarta, (27/4). Media merupakan penghubung antar media dengan komiunikator untuk disampaikan kepada masyarakat. Untuk itu kita harus mengetahui latar belakang dari media tersebut, apakah media ini online, cetak, atau elektronik. Hal ini diutarakan oleh Inne Sudjono, Penyiar berita RCTI pada kegiatan Sosialisasi Komunikasi Publik dengan tema Berkomunikasi dengan Media. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Workshop Observer dan Forecaster Klimatologi yang akan dilakukan dari 27 April hingga 1 Mei di Citeko.


REKONSILIASI DATA MKG [24/4/2015]
Denpasar, (20/4). Pada era keterbukaan ini, data dan informasi meteorologi klimatologi dan geofisika (MKG) menjadi komoditi yang sangat berharga bagi pengguna, terlebih ketika sedang terjadi bencana alam dan kecelakaan transportasi. Dalam rangka menyediakan informasi MKG, data menjadi bahan utama yang harus selalu tersedia. Hal ini diutarakan Kepala Pusat Database, Ir. Jaumil Achyar Dewantoro, M. Sc. yang mewakili Deputi Bidang Instrumentasi Kalibrasi Rekayasa dan Jarkom saat membuka acara Rekonsiliasi Data Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar yang dilakukan selama 5 (lima) hari 20-24 April.


PERUBAHAN IKLIM, MERUBAH ANCAMAN JADI TANTANGAN [23/4/2015]
Bandung, Rabu (22/4)- Menurut Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, ancaman dan dampak negatif perubahan iklim dapat diubah menjadi tantangan, jika dapat mengendalikan pola kecenderungan perubahan fisiko-kimia cuaca atau iklim lokal dan memanfaatkannya sebagai modal pembangunan maupun indikator pembangunan. Hal ini disampaikan pada Studium Generale di ITB Bandung yang diikuti sekurangnya 300 mahasiswa.


MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM TIDAK BISA DILAKUKAN SENDIRI [23/4/2015]
Bandung, Rabu (22/4) - Bertepatan dengan Hari Bumi Dunia (22 April), Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menyampaikan prespekstif informasi cuaca dan iklim terhadap kelestarian lingkungan pada Seminar Nasional Sains Atmosfer 2015 di LAPAN Bandung. Beliau pun menegaskan, ``tidak satupun lembaga dapat menyelesaikannya secara sendiri.``


BIMTEK APLIKASI RKA - KL [23/4/2015]
Jakarta, Rabu (22/4) Dalam rangka mempertahankan keberhasilan dan pembangunan BMKG ke depannya, terutama terhadap capaian-capaian prestasi yang telah diraih selama ini, Biro perencanaan BMKG mengadakan kegiatan bimbingan teknis penggunaan aplikasi RKA/KL di gedung serbaguna kantor BMKG Pusat.


BMKG DAN WMO BAHAS PERSIAPAN WORKSHOP WIGOS BERSAMA PARA PAKAR [21/4/2015]
Jakarta, Selasa (21/4). BMKG hari ini menerima beberapa pakar dunia untuk membahas persiapan Joint Workshop WMO Integrated Global Observation System (WIGOS) for Disaster Risk Reduction (DRR) antara wilayah RA II dan wilayah RA V. Selain para pakar, hadir juga dalam pertemuan ini perwakilan dari WMO.


DELEGASI UK BIDANG PERUBAHAN IKLIM KUNJUNGI BMKG [21/4/2015]
Jakarta, Senin (20/4) - BMKG mendapat kunjungan dari Kedutaan United Kingdom (UK) untuk Indonesia yang membidangi perubahan iklim, Sir David King beserta empat delegasi lainnya. Delegasi UK ini mengiginkan BMKG dapat berperan mengajak para politisi di Indonesia untuk memperhatikan tantangan perubahan iklim.



Prakiraan Cuaca
28 April 2015
Medan
Hujan Ringan
25 - 32°C
Padang
Hujan Ringan
22 - 30°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 31°C
Pontianak
Hujan Ringan
24 - 34°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
23 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 32°C
Makassar
Berawan
25 - 31°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 32°C
Ambon
Hujan Sedang
24 - 29°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 32°C
Kupang
Berawan
24 - 33°C
Denpasar
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jakarta
Hujan Ringan
23 - 32°C
Bandung
Hujan Ringan
22 - 31°C
Semarang
Hujan Ringan
25 - 32°C
Surabaya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
28 April 2015 - 12:10:50 WIB


Lokasi :
4.77 LS - 135.05 BT
Kedalaman : 10 Km

108 km BaratDaya DOGIYAI-PAPUA
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya