MAHASISWA UNDIKSHA SINGARAJA MENGGALI INFORMASI MKG


Kamis, (13/6), 57 Mahasiswa Pendidikan Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Singaraja melakukan kunjungan ke BMKG. Acara yang dibuka oleh Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi, Bapak  Ir. Yanuar Firdausi, MM yang mewakili Kepala Bagian Humas, Bapak Drs. Eko Suryanto ini menghadirkan para pembicara, yaitu:Kepala Bidang Informasi Iklim,  Bapak Drs. Endro Santoso, M. Si; Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami,  Bapak Dr. Wandono; dan Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi,  Bapak Hary Tirto Djatmiko, ST.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya potensi bencana di Indonesia, yaitu  faktor cuaca, iklim, Kualitas Udara, gempa bumi, dan tsunami.  Bencana ini akan menimbulkan kerentanan di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup,tutur Bapak Hary sebagai pembicara pertama. Lebih lanjut, Bapak Hary mengutarakan dari sinilah, BMKG memiliki peran untuk meminimalisir jumlah resiko terhadap bencana seperti kerugian harta benda dan jiwa.  Kita telah memiliki sistem Indonesia Meteorogical Early Warning Sytem (Ina-MEWS),lanjut Bapak Hary.

Selanjuntya paparan materi oleh Bapak Endro yang menjelaskan tentang  kegiatan bidang klimatologi, termasuk pemantauan Kualitas Udara. Terakhir, Bapak Wandono menyampaikan paparan tentang sistem peringatan dini tsunami.  Dalam memonitoring gempa bumi, kita telah memiliki Seismograf sebanyak 160 sta dan accelerograf sebanyak 216 sta. Sementara untuk memonitoring laut, saat ini kita telah memiliki 2 DART-Buoy (2010) serta tide gauges, 58 stasiun. Selain itu, untuk mengetahui deformasi (earth deformation), kita memiliki 20 sta GPS-land stasion, dan  earth observation,tutur Bapak Wandono

Usai mendapatkan paparan, mereka mengunjungi beberapa lokasi, yaitu Ruang Operasional Geofisika, Simulator Gempa Bumi, Stasiun Meteorologi 745 Jakarta, dan Stasiun Geofisika. 

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BMKG JELASKAN KENAPA TERDAPAT BACK LOG USULAN ANGGARAN 2015 SEBESAR RP.487 MILYAR [3/9/2014]
Komisi V DPR RI akan mendalami penjelaskan BMKG lebih lanjut bersama mitra Komisi V lainnya Kemen Perumahan Rakyat, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Basarnas, BPLS, dan BPWS terhadap kekurangan anggaran (back log) usulan pagu anggaran tahun 2015 pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) mendatang. Selanjutnya Komisi V DPR RI juga akan memperjuangkan kenaikan pagu anggaran sesuai kebutuhan terhadap usulan kekurangan pagu anggaran tahun 2015 mealalui Badan Anggaran DPR RI sesuai laporan singkat pada RDP di DPR RI, Selasa (2/9).


DIKLAT KOMUNIKASI PUBLIK [2/9/2014]
Meningkatnya kebutuhan akan informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG), diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mampu menyampaikan informasi cuaca dengan cepat, akurat dan komunikatif, penyampaian informasi MKG tidak hanya diperlukan pemahaman, analisa dan prakiraan yang tepat dan akurat namun diperlukan keterampilan dalam menyampaikan informasi kepada pengguna, oleh karenanya Pusdiklat BMKG menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Komunikasi Publik bertempat di Wisma Anggraini Cisarua Bogor, Selasa (2/9).


7 SEAS SOUTHEAST ASIAN STUDIES WORKSHOP [2/9/2014]
Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar kelima di dunia, saat ini sedang menghadapi permasalahan kualitas udara yang sangat kompleks. Saat ini kita sedang memasuki era perubahan iklim yang sangat cepat, dimana implikasi terhadap kualitas udara yang disebabkan oleh asap pabrik, erupsi gunung berapi, kebakaran hutan perlu dipahami lebih mendalam, sehingga kualitas udara saat ini bisa dikelola dengan baik.


PANEN RAYA SEKOLAH LAPANG IKLIM TAHUN 2014 PROVINSI KALIMANTAN BARAT [1/9/2014]
Petani di Anjongan Kab. Mempawah tidak hanya mengandalkan pengetahuan tentang pertanian untuk meningkatkan produksi padi. Mereka juga belajar tentang klimatologi agar mampu menghadapi perubahan iklim.


PRAKIRAAN MUSIM HUJAN 2014/2015 [29/8/2014]
Awal Musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada Bulan Oktober , 35,7% dan November , 37,7%, sementara sifat hujan di sebagaian daerah diprakirakan Normal , 67,4% dan Bawah Normal , 24%, seperti yang diutarakan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng pada Jumpa pers prakiraan musim hujan 2014/2015 di Kantor BMKG, Jumat (29/8). Lebih lanjut, Andi Eka mengutarakan dibandingkan rata-ratanya prakiraan musim hujan di daerah yang mengalami mundur (47,4%) dan sama/ normal (37,1%).


BMKG GELAR KEGIATAN SARASEHAN SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT [29/8/2014]
Sebagai wujud Percepatan Program Reformasi Birokrasi di Institusi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang tertuang dalam peraturan Kepala BMKG No. 2 Tahun 2012, sarasehan survei indeks kepuasan masyarakat (SIKM) ini diselenggarakan. Pada periode tahun anggaran 2014 sarasehan diprogramkan dilaksanakan di dua tempat yakni di Medan dan Denpasar.


TOT OF CLIMATE FIELD SCHOOL ASIA PACIFIC [26/8/2014]
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah mengadakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) di 25 propinsi sentra pangan di Indonesia, oleh karenanya Badan Meteorologi Dunia (WMO) menganggap bahwa SLI yang BMKG lakukan menjadi contoh untuk negara-negara yang ingin menjalankan sekolah lapang iklim. BMKG mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Training of Trainer of Climate Field School (TOT CFS) Asia Pacifik bertempat di Regional Traning Centre, Citeko Bogor Selasa (26/8) , acara dhadiri oleh Kepala BMKG, Perwakilan dari WMO, Kepala Balitbang Pertanian, Kepala Balitklim Pertanian, dan Para Pejabat Eselon I,II,III dan IV dilingkungan BMKG serta di ikuti sebanyak 18 peserta yang terdiri dari 8 delegasi negara seperti Laos, Philipines, Myanmar, Thailand, malaysia, vanuatu dan 10 peserta dari Indonesia.


BMKG USULKAN ANGGARAN TAHUN 2015 [26/8/2014]
Bersama dengan Kementerian/Lembaga lain seperti BASARNAS, BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo), dan BPWS (Badan Pengembangan untuk Wilayah Suramadu), pada Senin (25/8)bertempat di ruang rapat kerja Komisi V DPR RI diadakan Rapat Dengar Pendapat dengan agenda pembahasan mengenai rencana kerja anggaran Kementerian/ Lembaga (RKA-K/L) tahun 2015, serta laporan penyerapan anggaran tahun 2014 semester I.


WORKSHOP METEOROLOGI PERMUKAAN [25/8/2014]
Penyeragaman format baku data hasil pengamatan udara permukaan di seluruh stasiun meteorologi dan untuk memudahkan para observer dalam melaporkan hasil pengamatan digelar Workshop Meteorologi Permukaan Tahun 2014, dengan mengangkat tema Penyeragaman Aplikasi Synop Udara Permukaan, dalam rangka otomatisasi data hasil pengamatan, bertempat di Ballroom Platinum 2 Golden Boutique Hotel-Jakarta Senin (25/8), yang di hadiri oleh Sekretaris Utama BMKG, Deputi Bidang Meteorologi dan Para Pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Bidang Meteorologi serta diikuti sebanyak 34 peserta dari UPT Stasiun Meteorologi.


ASEAN SCIENCE AND TECHNOLOGY WEEK [23/8/2014]
Berlokasi di Botani Square, Bogor pada Jumat (20/8)diselenggarakan event internasional The Ninth ASEAN Science And Technology Weekyang dibuka oleh Menteri Riset dan Teknologi Prof. Dr. Ir. Muhammad Hatta, MS.



Prakiraan Cuaca
03 September 2014
Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Padang
Berawan
21 - 31°C
Palembang
Berawan
24 - 34°C
Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Ringan
24 - 33°C
Palangkaraya
Cerah Berawan
22 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
22 - 32°C
Makassar
Berawan
24 - 33°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
22 - 28°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
23 - 30°C
Kupang
Cerah
19 - 34°C
Denpasar
Berawan
22 - 31°C
Jakarta
Berawan
23 - 33°C
Bandung
Berawan
22 - 32°C
Semarang
Hujan Ringan
23 - 34°C
Surabaya
Cerah
22 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
28 Agustus 2014 - 13:23:11 WIB


Lokasi :
7.68 LS - 128.54 BT
Kedalaman : 151 Km

238 km TimurLaut MALUKUBRTDAYA
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya