MAHASISWA UNDIKSHA SINGARAJA MENGGALI INFORMASI MKG


Kamis, (13/6), 57 Mahasiswa Pendidikan Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Singaraja melakukan kunjungan ke BMKG. Acara yang dibuka oleh Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi, Bapak  Ir. Yanuar Firdausi, MM yang mewakili Kepala Bagian Humas, Bapak Drs. Eko Suryanto ini menghadirkan para pembicara, yaitu:Kepala Bidang Informasi Iklim,  Bapak Drs. Endro Santoso, M. Si; Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami,  Bapak Dr. Wandono; dan Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi,  Bapak Hary Tirto Djatmiko, ST.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya potensi bencana di Indonesia, yaitu  faktor cuaca, iklim, Kualitas Udara, gempa bumi, dan tsunami.  Bencana ini akan menimbulkan kerentanan di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup,tutur Bapak Hary sebagai pembicara pertama. Lebih lanjut, Bapak Hary mengutarakan dari sinilah, BMKG memiliki peran untuk meminimalisir jumlah resiko terhadap bencana seperti kerugian harta benda dan jiwa.  Kita telah memiliki sistem Indonesia Meteorogical Early Warning Sytem (Ina-MEWS),lanjut Bapak Hary.

Selanjuntya paparan materi oleh Bapak Endro yang menjelaskan tentang  kegiatan bidang klimatologi, termasuk pemantauan Kualitas Udara. Terakhir, Bapak Wandono menyampaikan paparan tentang sistem peringatan dini tsunami.  Dalam memonitoring gempa bumi, kita telah memiliki Seismograf sebanyak 160 sta dan accelerograf sebanyak 216 sta. Sementara untuk memonitoring laut, saat ini kita telah memiliki 2 DART-Buoy (2010) serta tide gauges, 58 stasiun. Selain itu, untuk mengetahui deformasi (earth deformation), kita memiliki 20 sta GPS-land stasion, dan  earth observation,tutur Bapak Wandono

Usai mendapatkan paparan, mereka mengunjungi beberapa lokasi, yaitu Ruang Operasional Geofisika, Simulator Gempa Bumi, Stasiun Meteorologi 745 Jakarta, dan Stasiun Geofisika. 

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BMKG JADI KANDIDAT KANTOR PERWAKILAN WMO [25/2/2015]
Jakarta, Selasa (24/2)-Indonesia melalui BMKG menjadi kandidat kantor perwakilan World meteorology Organization (WMO) Wilayah Asia dan Pasifik Barat Daya. Tim WMO berkunjung ke BMKG untuk mengevaluasi proposal yang diajukan Indonesia.


KEPALA STAF TNI ANGKATAN LAUT RI TINJAU BMKG [24/2/2015]
JAKARTA, Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi Drs. Untung Merdijanto, M.Sc Deputi Inskalrekjarkom, menerima lawatan kunjungan kerja Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi di Kantor BMKG Kemayoran, Selasa (24/2).


DIKLAT SAKIP MENJADIKAN PROFESIONALISME SDM BMKG [24/2/2015]
JAKARTA, 30 peserta terdiri dari 25 pegawai BMKG Pusat dan 5 dari Daerah mengikuti DIklat SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Tahun 2015, yang di gelar oleh Pusdiklat BMKG di Ruang Serbaguna BMKG, Selasa (24/2).


TINGKATKAN KINERJA, BMKG GELAR DIKLAT [24/2/2015]
Citeko-Bogor, Selasa(24/2/2015) - Instruksi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kemampuan aparatur sipil negara ditindaklanjuti BMKG dengan melaksanakan Diklat fungsional PMG Ahli angkatan I,II, dan ToT Sekolah Lapang Iklim (SLI) tahun 2015 yang dibuka oleh Plt.Sestama Dr.Masturyono.


BMKG MOU DENGAN BASARNAS [20/2/2015]
Cariu,Bogor - BMKG memberikan Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika untuk layanan jasa Search And Rescue (SAR) kepada masyarakat. Untuk kelancaran koordinasinya maka dilakukan Memorandum Saling Pengertian antara BMKG dengan Basarnas bersama dengan BPPT, ORARI, IOF, Federasi Pilot Ind...


USA BERI DUKUNGAN PENUH UNTUK BMKG [18/2/2015]
Jakarta, Selasa (17/2) Harapan Presiden Jokowi untuk mengembalikan Indonesia menjadi bangsa pelaut kembali nampaknya direspon cukup cepat oleh Kementerian/Lembaga di era Kabinet Kerja saat ini.


AKSI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PROVINSI RIAU [17/2/2015]
Pekanbaru, Senin (16/2) Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi Deputi Meteorologi Dr. Yunus Subagyo Swarinoto,M.Si,Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Drs. Hery Saroso serta Kasmet Pekanbaru dan Rengat mengikuti Rapat Koordinasi Rencana Aksi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla yang dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, di Gedung Daerah Prov. Riau.


SINDO TRIJAYA FM MERAMBAH `DAPUR` BMKG [13/2/2015]
Jakarta-(13/2). BMKG saat ini tidak hanya sebagai teman tetapi sudah menjadi kerabat karena setiap pagi, selalu ada laporan cuaca dari forecaster BMKG.Kami sangat berterima kasih kepada BMKG sangat cepat dalam memberikan layanan informasi . Hal ini diutarakan oleh Gaib, Pimpinan Redaksi Trijaya FM saat melakukan kunjungan ke BMKG.


NATIONAL CLIMATE OUTLOOK FORUM [12/2/2015]
JAKARTA, Kamis (12/2) Dra. Nurhayati, M. Sc Kepala Pusat Iklim, Agroklimat dan Iklim Maritim yang mewakili Kepala BMKG, membuka secara resmi National Climate Outlook Forum (NCOF), bertempat di Ruang Rapat BMKG Lantai 12, yang dihadiri oleh Perwakilan Stakeholder terkait diantaranya dari BNPB, LAPAN, Kementerian Pertanian, BPPT, IPB, ITB dan Balitbang Kemen PU serta Pejabat Eselon II,III dan IV Bidang Klimatologi.


INDONESIA PERLU DATA SEISMIK DAN DATA BUOY [11/2/2015]
Jakarta, Rabu(11/2/2015) - Kerjasama antara Indonesia yang diwakili oleh BMKG dengan negara-negara di kawasan Laut Cina Selatan, khususnya mitigasi bencana dan peringatan dini tsunami terus ditingkatkan dalam bentuk pelaksanaan program pertukaran data seismik dan data buoy dengan negara-negara dikawasan Laut Cina Selatan.



Prakiraan Cuaca
03 March 2015
Medan
Hujan Ringan
23 - 33°C
Padang
Hujan Ringan
21 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 31°C
Pontianak
Hujan Ringan
24 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Sedang
23 - 31°C
Manado
Hujan Ringan
23 - 31°C
Makassar
Hujan Ringan
24 - 33°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 30°C
Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Kupang
Hujan Sedang
23 - 31°C
Denpasar
Hujan Ringan
24 - 33°C
Jakarta
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
23 - 32°C
Semarang
Hujan Sedang
27 - 32°C
Surabaya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
02 Maret 2015 - 21:19:44 WIB


Lokasi :
5.38 LU - 95.16 BT
Kedalaman : 90 Km

39 km BaratDaya KAB-ACEHBESAR
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya