ANALISIS KONDISI CUACA MINGGU INI DAN PROSPEK 1 MINGGU KE DEPAN


  1. KONDISI CUACA SAAT INI

    Sesuai dengan informasi yang telah disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi pada Pers Release pada hari Rabu, 16 Januari 2013, potensi adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi berpeluang terjadi di pulau Jawa pada akhir pekan minggu ini.

    Menguatnya aktifitas Monsun Asia merupakan faktor yang menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang mulai dari Sumatera bagian selatan, jawa, hingga Nusa Tenggara. Dimana daerah tersebut di dalam ilmu meteorologi merupakan wilayah potensial untuk pertumbuhan awan hujan.

    Kondisi cuaca yang terpantau hari ini adalah sebagai dampak dari adanya aktifitas Monsun Asia, menyebabkan curah hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Banten dan Jawa Barat.

    Hasil pantauan curah hujan di wilayah JABODETABEK yang tercatat hingga pk.07:00 pagi ini menunjukkan adanya curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di: Tanjung Priok 95 mm; Kemayoran 81 mm; Pakubuwono 57 mm; Cileduk 59 mm; Depok 63,5 mm; Cengkareng 103 mm; Kedoya 125 mm; Gunung Mas 76 mm; Pantai Indah Kapuk 80,5 mm.

  2. PROSPEK CUACA 3 HARI KE DEPAN

    Aktifitas Monsun Asia diprediksi masih akan berlangsung sampai 2 atau 3 hari mendatang, ini berdampak dengan akan meluasnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusatenggara.

    Dampak lain selain dari adanya peningkatan daerah hujan adalah adanya peningkatan kecepatan angin dan Tinggi gelombang laut di L.China Selatan, Selat Karimata, L.Flores, L.Timor, ,L.Sawu, dan L.Banda .

    Untuk jangka waktu 3 hari ke depan potensi curah hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya relatif cukup tinggi, terutama akan adanya curah hujan yang terjadi pada malam menjelang pagi hari.

  3. PROSPEK CUACA SATU MINGGU KE DEPAN

    Berdasarkan analisa dinamika atmosfer untuk jangka waktu 1 minggu ke depan, kemunculan Aktifitas Monsun Asia yang dapat berulang dalam jangka waktu 7-10 hari kedepan. Prakondisi yang harus dipenuhi untuk terjadinya kembali Aktifitas Monsun tersebut adalah peningkatan Tekanan Udara di Asia Tengah dan Terbentuknya Pusat Tekanan rendah di Australia dan Sekitarnya. Apabila prakondisi tersebut terpenuhi, maka diprediksi untuk jangka waktu 1 minggu ke depan ada potensi peningkatan curah hujan di Jawa, Bali dan Nusatenggara.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

PENGARAHAN PRESIDEN JOKOWI KEPADA SELURUH BIRO HUMAS DAN PUSKOM KEMENTERIAN LEMBAGA [4/2/2016]
Presiden Joko Widodo menginstrusikan kepada humas yang berada di Kementerian maupun lembaga non Kementerian memiliki kecepatan dalam merespon dan kecepatan memberikan informasi.`Jangan membalikkan dan jangan lagi saya mendengar bahwa masyarakat menemui humas saja sulit. Padahal kita yang harus mencari mereka (masyarakat) untuk memberikan informasi,` ucap Presiden pada pertemuan dengan seluruh para Kepala Biro Humas, Kepala Pusat komunikasi Informasi Publik Kementerian dan Lembaga Non kementerian, serta BUMN di Istana Negara, Kamis 4 Februari 2016.


PACIFIC-WIDE TSUNAMI EXERCIE (PacWave16) [4/2/2016]
JAKARTA, Pacific-Wide Tsunami Exercise 2016 (PacWave16) merupakan agenda tahunan Intergovermental Coordination Group/Pacific Tsunami Warning and Mitigation System (ICG/PTWS) dalam rangka untuk menguji kesiapan sistem peringatan dini tsunami untuk kawasan Samudera Pasifik ketika ada ancaman tsunami di kawasannya.


PARA AHLI METEOROLOGI DAN HIDROLOGI BERKUMPUL MEMBAHAS SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR BANDANG [3/2/2016]
Jakarta, Selasa (2/2/2016) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menjadi tuan rumah pertemuan ahli Meteorologi dan Hidrologi yakni Initial Planning Meeting for Southeastern Asia-Oceania for Flas Flood Guidance (SAOFFG) dalam rangka membahas rencana pembentukan Pusat Regional Peringatan Dini kejadian Banjir Bandang.


RAIH OPINI WTP, BBMKG MEDAN LAKUKAN REKONSILIASI KEUANGAN [2/2/2016]
MEDAN - Upaya konkrit BMKG untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara adalah penyampaian pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang tepat waktu dan disusun serta disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.


REKONSILIASI KEUANGAN BMKG DI BALAI BESAR WILAYAH V [2/2/2016]
JAYAPURA,Selasa (2/2/2016) - Pidato pembukaan Kepala BMKG yang disampaikan pada kegiatan rekonsiliasi keuangan BMKG di Balai Besar Wilayah V Jayapura oleh Kepala Biro Umum Drs. Yusuf Supriyadi, M.T, menekankan pentingnya membangun kembali semangat bekerja untuk memperbaiki kinerja secara keseluruhan dan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan agar predikat WTP dapat disandang kembali.


WASPADA PENINGKATAN CURAH HUJAN SEMINGGU KEDEPAN DI PULAU JAWA [2/2/2016]
Pada awal Februari 2016 ini sebagian wilayah Indonesia sedang dalam masa puncak musim hujan. Kondisi atmosfer juga menunjukkan berbagai fenomena yang mendukung pembentukan awan hujan yang lebih intensif dalam beberapa waktu kedepan. Ini ditandai dengan kondisi Monsoon Asia yang intensif disertai kondisi seruakan dingin (cold surge) yang terindikasi menguat. Bersamaan juga dengan fase basah dari fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang memasuki wilayah maritim kontinen (Indonesia). Selain itu daerah pertemuan massa udara terpantau terbentuk di sekitar Jawa hingga NTT.


BMKG PERTAHANKAN QUALITY MANAGEMENT SYSTEM ISO 9001 2008 KATEGORI HUMAN RESOURCES SERVICES ORGANIZATION [1/2/2016]
Senin, (01/02/2016) Bagian Sumber Daya Manusia BMKG pertahankan Quality Management System ISO 9001:2008 yang telah diperolehnya pada tahun 2013 lalu.


REKONSILIASI KEUANGAN SEMESTER II TAHUN 2015 BALAI BESAR WILAYAH II CIPUTAT [27/1/2016]
Bandung, Setelah Rekonsiliasi Keuangan semester II tahun 2015 dilaksanakan di 2 kantor Balai Besar MKG Wilayah III dan IV,pada Rabu (27/1/2016) Balai Besar Wilayah II Ciputat menyelenggarakan kegiatan Rekon keuangan di Hotel Grand Tjokro.


KOORDINASI BMKG DENGAN KEMENHUB, HADAPI CUACA EKSTRIM [27/1/2016]
Hampir 90 % wilayah Indonesia telah memasuki masa musim penghujan akan mencapai puncaknya pada akhir Januari dan Februari 2016. Meskipun saat ini El-nino masih berlangsung, kondisinya sudah semakin meluruh dan kembali ke netral hingga Maret-April 2016. Hal ini diutarakan Deputi Bidang Meterologi BMKG, Dr. Yunus Subagyo di depan Media Massa saat kegiatan kegiatan jumpa pers BMKG bersama Kementerian Perhubungan di kantor Kemeterian Perhubungan RI.


PENANDATANGANAN MoU ANTARA TIMOR LESTE DAN INDONESIA [26/1/2016]
Dili, Timor Leste, Hari ini (26/1) bertempat di kantor Perdana Menteri Timor Leste, Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari Marsudi dan Timor Leste yang diwakili Menteri Luar Negeri Timor Leste, Hernani Coelho, menandatangani MoU terkait kerjasama di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dengan pemerintah Timor Leste. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Perdana Menteri Timor Leste, Rui Maria de Araujo. Penandatangan MoU ini merupakan bagian dari rangkaian Kunjungan Kenegaraan Presiden Indonesia ke Timor Leste.



Prakiraan Cuaca
08 February 2016
Medan
Hujan Ringan
23 - 33°C
Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 32°C
Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
23 - 32°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
22 - 32°C
Makassar
Hujan Sedang
24 - 31°C
Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 33°C
Sorong
Cerah Berawan
25 - 32°C
Kupang
Berawan
25 - 33°C
Denpasar
Hujan Sedang
24 - 31°C
Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
22 - 30°C
Semarang
Hujan Ringan
25 - 32°C
Surabaya
Hujan Sedang
25 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
30 Januari 2016 - 20:50:32 WIB


Lokasi :
2.18 LS - 133.33 BT
Kedalaman : 10 Km

30 km Tenggara TELUKBINTUNI-PAPUABRT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya