ANALISIS KONDISI CUACA MINGGU INI DAN PROSPEK 1 MINGGU KE DEPAN


  1. KONDISI CUACA SAAT INI

    Sesuai dengan informasi yang telah disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi pada Pers Release pada hari Rabu, 16 Januari 2013, potensi adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi berpeluang terjadi di pulau Jawa pada akhir pekan minggu ini.

    Menguatnya aktifitas Monsun Asia merupakan faktor yang menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang mulai dari Sumatera bagian selatan, jawa, hingga Nusa Tenggara. Dimana daerah tersebut di dalam ilmu meteorologi merupakan wilayah potensial untuk pertumbuhan awan hujan.

    Kondisi cuaca yang terpantau hari ini adalah sebagai dampak dari adanya aktifitas Monsun Asia, menyebabkan curah hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Banten dan Jawa Barat.

    Hasil pantauan curah hujan di wilayah JABODETABEK yang tercatat hingga pk.07:00 pagi ini menunjukkan adanya curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di: Tanjung Priok 95 mm; Kemayoran 81 mm; Pakubuwono 57 mm; Cileduk 59 mm; Depok 63,5 mm; Cengkareng 103 mm; Kedoya 125 mm; Gunung Mas 76 mm; Pantai Indah Kapuk 80,5 mm.

  2. PROSPEK CUACA 3 HARI KE DEPAN

    Aktifitas Monsun Asia diprediksi masih akan berlangsung sampai 2 atau 3 hari mendatang, ini berdampak dengan akan meluasnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusatenggara.

    Dampak lain selain dari adanya peningkatan daerah hujan adalah adanya peningkatan kecepatan angin dan Tinggi gelombang laut di L.China Selatan, Selat Karimata, L.Flores, L.Timor, ,L.Sawu, dan L.Banda .

    Untuk jangka waktu 3 hari ke depan potensi curah hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya relatif cukup tinggi, terutama akan adanya curah hujan yang terjadi pada malam menjelang pagi hari.

  3. PROSPEK CUACA SATU MINGGU KE DEPAN

    Berdasarkan analisa dinamika atmosfer untuk jangka waktu 1 minggu ke depan, kemunculan Aktifitas Monsun Asia yang dapat berulang dalam jangka waktu 7-10 hari kedepan. Prakondisi yang harus dipenuhi untuk terjadinya kembali Aktifitas Monsun tersebut adalah peningkatan Tekanan Udara di Asia Tengah dan Terbentuknya Pusat Tekanan rendah di Australia dan Sekitarnya. Apabila prakondisi tersebut terpenuhi, maka diprediksi untuk jangka waktu 1 minggu ke depan ada potensi peningkatan curah hujan di Jawa, Bali dan Nusatenggara.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

MIDAS DUKUNG DATA INFORMASI MARITIM NASIONAL [21/8/2014]
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas lautan (70%). Hal ini sangat mempengaruhi karakteristik cuaca dan iklim di Indonesia sehingga informasi cuaca dan iklim laut (maritime) menjadi sangat penting untuk Indonesia. Hal ini diutarakan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng pada pembukaan kegiatan The 9th Annual Indonesia-U.S. Ocean and Climate Observations, Analysis, and Application Partnership Workshop, Rabu (20/8) di Gedung Serbaguna BMKG.


PENINGKATAN KAPASITAS SDM BMKG MELALUI DIKLAT TEKNIS [19/8/2014]
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tak henti-henti nya mengadakan peningkatan kualitas Sumber Daya Mannusianya melalui penyelenggaraan diklat yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Selasa (19/8) di gedung serbaguna Citeko, Bogor . Penyelenggaraan diklat Teknis Seismologi Teknik dan Diklat teknis Klimatologi tahun 2014 ini diikuti oleh 72 peserta yang terdiri dari pegawai pusat, UPT daerah serta 6 orang peserta dari Mabes Angkatan Udara.


KUNJUNGAN PERWAKILAN SESWAPRES [18/8/2014]
BMKG menerima kunjungan sebanyak 7 orang perwakilan dari Sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara RI yang diketuai oleh Abdul Muis Asisten Deputi Kesra Berbasis Komunitas, rombongan diterima 4 Pejabat BMKG diantaranya Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan dan Maritim, Kepala Pusat Meteorologi Publik, Kepala Pusat Iklim, Agroklimat, dan Iklim Maritim serta Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG, yang mewakili Deputi Bidang Meteorologi dan Deputi Bidang Klimatologi, bertempat di Ruang Rapat KBMKG Lt. 12 Jakarta, Senin (18/8).


UPACARA PERINGATAN KEMERDEKAAN KE 69 REPUBLIK INDONESIA [17/8/2014]
Minggu, (17/8) bertempat di halaman kantor pusat BMKG diselenggarakan kegiatan upacara dalam rangka memperingati kemerdekaan ke 69 tahun Republik Indonesia, dengan Inspektur upacara Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, dan dihadiri oleh seluruh pejabat eselon I-IV serta pegawai.


LIMA INSTANSI BAHAS IOWAVE EXERCISE DAN TSUNAMI ACEH [16/8/2014]
Lima instansi yang terdiri dari BMKG, LIPI, RISTEK, dan UNESCO bahas persiapan IOWave Exercise 2014 dan Peringatan 10 tahun Tsunami Aceh pada diskusi yang berlangsung di BMKG Pusat Jakarta, Jumat (15/8).


PEMBEKALAN KEPALA BMKG PADA DIKLAT PIM IV [14/8/2014]
Kamis, (14/8) di Gedung Serbaguna Citeko, Bogor Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng memberikan pembekalan kepada 30 peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV. Kegiatan diklat yang berlangsung selama 3 bulan ke depan ini dilaksanakan dalam 5 tahapan pembelajaran yakni, Diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, Breakthrough I, Merancang Perubahan dan membangun tim, Breakthrough II, leadership laboratory serta evaluasi.


CUACA CERAH SAKSIKAN HUJAN METEOR [13/8/2014]
Cuaca cerah dapat saksikan hujan meteor dengan mata telanjang. Prakiraan cuaca wilayah Indonesia dapat dilihat di website BMKG.


BMKG GELAR DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV [11/8/2014]
Senin(11/8), untuk pertama kalinya Pusdiklat BMKG menyelenggarakan diklat kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV di lingkungan BMKG tahun 2014. Acara diawali dengan laporan oleh ketua penyelenggara Kapusdiklat Dr.Hendar Gunawan dilanjutkan pembukaan acara secara resmi oleh Sestama BMKG Soepriyo,Dipl.AIT,S.Si di gedung serbaguna BMKG Citeko, Bogor.


FENOMENA SUPERMOON [11/8/2014]
Pada 10 Agustus 2014, bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi yakni sekitar 221.765 mil (356.896 km). Pada saat itu, bulan akan terlihat sangat terang dan besar sehingga di juluki Supermoon. Fenomena ini akan menyebabkan pasang surut air laut (sangat rendah ke sangat tinggi) selama beberapa hari ke depan. Sebaiknya bagi nelayan, kondisi ini perlu diwaspadai.


LAUNCHING NATIONAL CLIMATE OUTLOOK FORUM [8/8/2014]
Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng di dampingi Deputi Bidang Klimatologi Dr. Widada Sulistya, DEA dan Kapus Iklim, Agroklimat dan Iklim Maritim Dra. Nurhayati, M. Sc, membuka secara resmi Rapat Pembahasan Prakiraan Musim Hujan 2014/2015 yang sekaligus memberikan pengarahan, Jumat (8/8) bertempat di Ruang Rapat BMKG Lantai 12, yang dihadiri oleh Perwakilan Stakeholder terkait diantaranya dari LAPAN, Kementerian Pertanian, BPPT, IPB dan ITB serta Pejabat Eselon II, III dan IV Bidang Klimatologi.



Prakiraan Cuaca
22 August 2014
Medan
Hujan Sedang
23 - 32°C
Padang
Hujan Ringan
21 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 32°C
Pontianak
Hujan Ringan
23 - 33°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
23 - 31°C
Manado
Berawan
22 - 32°C
Makassar
Berawan
17 - 33°C
Ternate
Berawan
24 - 31°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 28°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Kupang
Cerah
22 - 32°C
Denpasar
Berawan
23 - 32°C
Jakarta
Berawan
24 - 32°C
Bandung
Berawan
22 - 32°C
Semarang
Hujan Ringan
23 - 33°C
Surabaya
Cerah Berawan
24 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
21 Agustus 2014 - 19:27:43 WIB


Lokasi :
2.81 LU - 125.95 BT
Kedalaman : 41 Km

60 km TimurLaut SIAUTAGULANDANGBIARO-SULUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya