ANALISIS KONDISI CUACA MINGGU INI DAN PROSPEK 1 MINGGU KE DEPAN


  1. KONDISI CUACA SAAT INI

    Sesuai dengan informasi yang telah disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi pada Pers Release pada hari Rabu, 16 Januari 2013, potensi adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi berpeluang terjadi di pulau Jawa pada akhir pekan minggu ini.

    Menguatnya aktifitas Monsun Asia merupakan faktor yang menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang mulai dari Sumatera bagian selatan, jawa, hingga Nusa Tenggara. Dimana daerah tersebut di dalam ilmu meteorologi merupakan wilayah potensial untuk pertumbuhan awan hujan.

    Kondisi cuaca yang terpantau hari ini adalah sebagai dampak dari adanya aktifitas Monsun Asia, menyebabkan curah hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Banten dan Jawa Barat.

    Hasil pantauan curah hujan di wilayah JABODETABEK yang tercatat hingga pk.07:00 pagi ini menunjukkan adanya curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di: Tanjung Priok 95 mm; Kemayoran 81 mm; Pakubuwono 57 mm; Cileduk 59 mm; Depok 63,5 mm; Cengkareng 103 mm; Kedoya 125 mm; Gunung Mas 76 mm; Pantai Indah Kapuk 80,5 mm.

  2. PROSPEK CUACA 3 HARI KE DEPAN

    Aktifitas Monsun Asia diprediksi masih akan berlangsung sampai 2 atau 3 hari mendatang, ini berdampak dengan akan meluasnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusatenggara.

    Dampak lain selain dari adanya peningkatan daerah hujan adalah adanya peningkatan kecepatan angin dan Tinggi gelombang laut di L.China Selatan, Selat Karimata, L.Flores, L.Timor, ,L.Sawu, dan L.Banda .

    Untuk jangka waktu 3 hari ke depan potensi curah hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya relatif cukup tinggi, terutama akan adanya curah hujan yang terjadi pada malam menjelang pagi hari.

  3. PROSPEK CUACA SATU MINGGU KE DEPAN

    Berdasarkan analisa dinamika atmosfer untuk jangka waktu 1 minggu ke depan, kemunculan Aktifitas Monsun Asia yang dapat berulang dalam jangka waktu 7-10 hari kedepan. Prakondisi yang harus dipenuhi untuk terjadinya kembali Aktifitas Monsun tersebut adalah peningkatan Tekanan Udara di Asia Tengah dan Terbentuknya Pusat Tekanan rendah di Australia dan Sekitarnya. Apabila prakondisi tersebut terpenuhi, maka diprediksi untuk jangka waktu 1 minggu ke depan ada potensi peningkatan curah hujan di Jawa, Bali dan Nusatenggara.

::: Humas


  » Informasi lainnya...

BANGUN SINERGI, BMKG GELAR SARASEHAN [3/9/2015]
Jambi, Kamis (3/9), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar kegiatan sarasehan survei indeks kepuasan masyarakat (SIKM). Pada periode tahun anggaran 2015 sarasehan diprogramkan dilaksanakan di 3 (tiga) tempat yakni di Jambi, Mataram dan Surabaya. Sarasehan SIKM di Jambi, dilaksanakan pada hari Kamis, 3 September bertempat di Hotel Ratu Residence, dihadiri 60 orang peserta dengan mengundang kurang lebih 25 institusi pemangku kepentingan (stake holder) dari berbagai sektor meliputi pertanian, perkebunan, pelayaran, penerbangan, pendidikan dan lingkungan hidup serta penanggulangan bencana.


WORKSHOP SIMAK BMN TAHUN 2015 [2/9/2015]
CITEKO, BOGOR(2/9/2015) - Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya,M.Eng dalam sambutan pembukaan acara Workshop SIMAK Barang Milik Negara (BMN) yang diikuti 148 peserta di lingkungan BMKG mengatakan bahwa penyusunan laporan BMN yang tepat dan akurat merupakan urat nadi dari sebuah organisasi. Hal ini sangat penting sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) atau Wajar Dengan Pengecualian(WDP) yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai dari tunjangan kinerja.


DATA INFORMASI MKG DARI BMKG JELAS SANGAT DIBUTUHKAN [1/9/2015]
Jakarta, Demikian ungkapan yang diutarakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Rizal Ramli pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara BMKG dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (1/9) di Kantor Menko Maritim Gedung BPPT 1


TINGKATKAN KAPASITAS MARITIM BMKG GELAR WORKSHOP [31/8/2015]
Denpasar, Senin (24/8) Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan informasi cuaca maritim, Pusat Meteorologi Penerbangan dan Maritim melaksanakan kegitan Workshop Meteorologi Maritim tahun 2015 dengan tema Optimalisasi Model Gelombang untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Cuaca Maritim Workshop ini dilakukan untuk memfokuskan teknis operasional produk layanan informasi cuaca maritim agar tercapai adanya keseragaman informasi yang dikeluarkan BMKG Pusat dan UPT BMKG daerah sehingga pengguna jasa yang mendapatkan informasi BMKG tidak mendapatkan kerancuan dan salah persepsi. Oleh karenanya perlu segera diberlakukan petunjuk teknis operasional meteorologi maritim yang baru sebagai pengganti petunjuk teknis yang lama yaitu SK.170/ME.007/KB/BMG-2006 Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 24-28 Agustus 2015 di Kantor Balai Besar Wilayah III - Denpasar. Workshop yang dibuka oleh Kepala Balai Besar Wilayah III, I Wayan Suardana, SE, MM mewakili Deputi Bidang Meteorologi BMKGini dihadiri oleh 31 peserta dari seluruh Stasiun Meteorologi Maritim dan Stasiun Meteorologi yang diperbantukan untuk menyediakan layanan cuaca Informasi Meteorologi Maritim. Di sela-sela kegiatan workshop, peserta melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL-KKP) di Perancak, Negara-Jembrana disertai dengan pemaparan project INDESO oleh Kepala BPOL, Dr. Bambang Sukresno, M.Si dan diakhiri dengan kunjungan ke ruangan operasional BPOL untuk melihat aktivitas riset dan penelitan tentang kelautan. Hal ini dilakukan dengan harapan agar instansi BMKG dan BPOL-KKP dapat saling bertukar data dan informasi kemaritiman. Di akhir kegiatan worskhop ditutup oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng yang dihadiri oleh Kepala Balai Besar Wilayah III dan Kepala UPT BMKG se-Bali. Kiranya workshop meteorologi maritim tahun 2015 bisa semakin meningkatkan kemampuan dan inovasi pelayanan cuaca maritim yang akurat dan terpercaya.


BMKG SIAPKAN GOVERNMENT PUBLIC RELATION [29/8/2015]
Bandung - Freddy Tulung perwakilan dari dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Eko Sulistiyo dari Kantor Staf Presiden(KSP), Heri Rachmadi dari Kementerian PAN RB, hadir sebagai narasumber dalam acara Kongres Humas Indonesia. Acara tersebut mengemukakan pentingnya Government Public Relation (GPR). Menyambut GPR, wakil dari BMKG untuk menghadiri kongres, Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media, Ahmad Taufan Maulana beserta dua orang staf Humas BMKG.


KUNJUNGAN HUMAS WMO KE BMKG [28/8/2015]
Jakarta (8/28) Clare Nullis, Press Officer dari World Meteorological Organization (WMO), mengunjungi BMKG untuk bertemu dengan Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.


DELEGASI INDONESIA HADIRI ASEAN-SCMG KE 37 DI KUALA LUMPUR [28/8/2015]
Asean Sub - Committe On Meteorology And Geophysics (ASEAN-SCMG) sebagai Sub-Komite yang berada di bawah naungan ASEAN dan bergerak di bidang jasa pelayanan meteorologi dan geofisika menyelenggarakan kegiatan pertemuan ke 37, Selasa - Kamis (25-27/8) di Kuala Lumpur, Malaysia.


BIMBINGAN TEKNIS REVIU RENCANA KERJA ANGGARAN KEMENTERIAN LEMBAGA [27/8/2015]
Jakarta (8/27) Bertempat di Ruang Rapat G 1 BMKG Pusat, BMKG mengadakan bimbingan teknis Reviu Rencana Kerja Anggaran Kementrian / Lembaga (RKA-K/L).


SEKOLAH LAPANG IKLIM MENDAPAT PERHATIAN FAO [27/8/2015]
Jakarta, (8/27) BMKG mendapat kunjungan dari perwakilan FAO, UN Red Cross dan OCHA Indonesia. Mark Smulders sebagai FAO Representative, beserta beberapa staf FAO lainnya, disambut langsung oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng yang didampingi oleh Drs. Yunus Subagyo Swarinoto, M.Si, Drs. Untung Merdijanto, M.Si dan Dra. Nurhayati, M.Sc.


TRAINING OF TRAINER COURSE CFS FOR ASIA PACIFIC [25/8/2015]
Citeko, Selasa (25/8) Semenjak tahun 2011 BMKG telah menyelenggarakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim secara bertahap hingga pada tahun 2015, dan sampai saat ini kegiatan SLI yang telah sukses sudah diselenggarakan di 33 Provinsi di Indonesia.



Prakiraan Cuaca
03 September 2015
Medan
Hujan Ringan
23 - 34°C
Padang
Berawan
23 - 31°C
Palembang
Cerah Berawan
22 - 34°C
Bengkulu
Cerah Berawan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Ringan
23 - 33°C
Palangkaraya
Cerah Berawan
22 - 34°C
Manado
Cerah Berawan
24 - 34°C
Makassar
Cerah Berawan
23 - 31°C
Ternate
Cerah Berawan
23 - 32°C
Ambon
Berawan
23 - 28°C
Jayapura
Hujan Ringan
24 - 33°C
Sorong
Cerah Berawan
23 - 32°C
Kupang
Cerah
21 - 33°C
Denpasar
Hujan Ringan
23 - 31°C
Jakarta
Cerah Berawan
24 - 34°C
Bandung
Cerah Berawan
18 - 31°C
Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Surabaya
Cerah
23 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
03 September 2015 - 20:23:58 WIB


Lokasi :
2.09 LU - 126.68 BT
Kedalaman : 10 Km

125 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya