PENGARAHAN PRESIDEN JOKOWI KEPADA SELURUH BIRO HUMAS DAN PUSKOM KEMENTERIAN LEMBAGA

Presiden Joko Widodo menginstrusikan kepada humas yang berada di Kementerian maupun lembaga non Kementerian memiliki kecepatan dalam merespon dan kecepatan memberikan informasi.`Jangan membalikkan dan jangan lagi saya mendengar bahwa masyarakat menemui humas saja sulit. Padahal kita yang harus mencari mereka (masyarakat) untuk memberikan informasi,` ucap Presiden pada pertemuan dengan seluruh para Kepala Biro Humas, Kepala Pusat komunikasi Informasi Publik Kementerian dan Lembaga Non kementerian, serta BUMN di Istana Negara, Kamis 4 Februari 2016.

Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Wahju Adji, SH, DESS, selaku pimpinan Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, didampingi Taufan Maulana, Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media turut hadir pada pertemuan penting ini. 

Untuk itu, Presiden meminta agar humas-humas yang ada di K/L  dan BUMN untuk bergerak lebih cepat dan lebih memiliki kepekaan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. `Kesampingkan ego sektoral. Kedepankan kebersamaan dan sinergi. Jangan hanya fokus pada masalah-masalah yang ada di Kementeriannya  saja,` ucap Presiden. 

Presiden menekankan pentingnya melibatkan masyarakat. Presiden memberi contoh cara baru dalam berkomunikasi, misalnya dengan mulai melibatkan masyarakat dalam program Pemerintah maupun BUMN, misalnya apa nama jalan tol, bandara atau pelabuhan. `apa nama kereta cepat? Mungkin Halilintar. Beri kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat`,
Terlebih lagi saat ini, Presiden  mengingatkan bahwa kita kini memasuki era persaingan dan kompetisi. Kompetisi yang dihadapi adalah kompetisi antar Negara. Untuk itu, Presiden mengingatkan pentingnya persepsi yang disampaikan humas-humas Kementerian dan Lembaga Non Kementerian maupun BUMN.` apa goal terakhir dari persepsi sebuah image? Ingin ada trust (kepercayaan) dari rakyat, dari dunia,` ucap Presiden.  Presiden menjelaskan bahwa persepsi positif suatu Negara diperlukan untuk menunjukkan bahwa Negara itu layak menjadi tujuan pariwisata dan investasi.

Presiden memberikan contoh saat terjadi peristiwa ledakan bom pada beberapa minggu yang lalu. Respon saat itu, kata Presiden sangat bagus sekali, `Rakyat tidak takut, semua tidak takut. Semua bergerak,` ucap Presiden.

Upaya bersama seperti itu sangat diperlukan . Presiden menjelaskan bahwa tujuan utama dari teroris adalah menimbulkan ketakutan. `Begitu ada pernyataan rakyat tidak takut, Negara tidak takut. Responnya hampir bersamaan. Dan diapresiasi baik dari dalam dan luar negeri. Terutama kecepatan TNI dan POLRI serta masyarakat,` ujar Presiden.

Selain itu pertemuan juga diisi dengan paparan dari Kepala Staf Presiden, Teten Masduki dan Tim Komunikasi Presiden, diantaranya :Ketua Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, Juru Bicara Presiden Johan Budi, dan Sekretaris Pribadi Presiden, Anggit Noegroho, yang keseluruhan menekankan kepada pentingnya lembaga Humas sebagai lembaga yang paling penting pada sebuah organisasi, oleh karenanya maka Humas harus berada pada posisi yang strategis serta memiliki akses dan kewenangan yang besar untuk memberikan pertimbangan kepada pimpinan dan membuat keputusan untuk membangun sebuah persepsi  yang positif bagi masyarakat luas guna menunjukan komitmen dan kinerja pemerintah kepada dunia, sambung Johan Budi. 




::: Humas


  » Informasi lainnya...

PENGARAHAN PRESIDEN JOKOWI KEPADA SELURUH BIRO HUMAS DAN PUSKOM KEMENTERIAN LEMBAGA [4/2/2016]
Presiden Joko Widodo menginstrusikan kepada humas yang berada di Kementerian maupun lembaga non Kementerian memiliki kecepatan dalam merespon dan kecepatan memberikan informasi.`Jangan membalikkan dan jangan lagi saya mendengar bahwa masyarakat menemui humas saja sulit. Padahal kita yang harus mencari mereka (masyarakat) untuk memberikan informasi,` ucap Presiden pada pertemuan dengan seluruh para Kepala Biro Humas, Kepala Pusat komunikasi Informasi Publik Kementerian dan Lembaga Non kementerian, serta BUMN di Istana Negara, Kamis 4 Februari 2016.


PACIFIC-WIDE TSUNAMI EXERCIE (PacWave16) [4/2/2016]
JAKARTA, Pacific-Wide Tsunami Exercise 2016 (PacWave16) merupakan agenda tahunan Intergovermental Coordination Group/Pacific Tsunami Warning and Mitigation System (ICG/PTWS) dalam rangka untuk menguji kesiapan sistem peringatan dini tsunami untuk kawasan Samudera Pasifik ketika ada ancaman tsunami di kawasannya.


PARA AHLI METEOROLOGI DAN HIDROLOGI BERKUMPUL MEMBAHAS SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR BANDANG [3/2/2016]
Jakarta, Selasa (2/2/2016) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menjadi tuan rumah pertemuan ahli Meteorologi dan Hidrologi yakni Initial Planning Meeting for Southeastern Asia-Oceania for Flas Flood Guidance (SAOFFG) dalam rangka membahas rencana pembentukan Pusat Regional Peringatan Dini kejadian Banjir Bandang.


RAIH OPINI WTP, BBMKG MEDAN LAKUKAN REKONSILIASI KEUANGAN [2/2/2016]
MEDAN - Upaya konkrit BMKG untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara adalah penyampaian pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang tepat waktu dan disusun serta disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.


REKONSILIASI KEUANGAN BMKG DI BALAI BESAR WILAYAH V [2/2/2016]
JAYAPURA,Selasa (2/2/2016) - Pidato pembukaan Kepala BMKG yang disampaikan pada kegiatan rekonsiliasi keuangan BMKG di Balai Besar Wilayah V Jayapura oleh Kepala Biro Umum Drs. Yusuf Supriyadi, M.T, menekankan pentingnya membangun kembali semangat bekerja untuk memperbaiki kinerja secara keseluruhan dan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan agar predikat WTP dapat disandang kembali.


WASPADA PENINGKATAN CURAH HUJAN SEMINGGU KEDEPAN DI PULAU JAWA [2/2/2016]
Pada awal Februari 2016 ini sebagian wilayah Indonesia sedang dalam masa puncak musim hujan. Kondisi atmosfer juga menunjukkan berbagai fenomena yang mendukung pembentukan awan hujan yang lebih intensif dalam beberapa waktu kedepan. Ini ditandai dengan kondisi Monsoon Asia yang intensif disertai kondisi seruakan dingin (cold surge) yang terindikasi menguat. Bersamaan juga dengan fase basah dari fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang memasuki wilayah maritim kontinen (Indonesia). Selain itu daerah pertemuan massa udara terpantau terbentuk di sekitar Jawa hingga NTT.


BMKG PERTAHANKAN QUALITY MANAGEMENT SYSTEM ISO 9001 2008 KATEGORI HUMAN RESOURCES SERVICES ORGANIZATION [1/2/2016]
Senin, (01/02/2016) Bagian Sumber Daya Manusia BMKG pertahankan Quality Management System ISO 9001:2008 yang telah diperolehnya pada tahun 2013 lalu.


REKONSILIASI KEUANGAN SEMESTER II TAHUN 2015 BALAI BESAR WILAYAH II CIPUTAT [27/1/2016]
Bandung, Setelah Rekonsiliasi Keuangan semester II tahun 2015 dilaksanakan di 2 kantor Balai Besar MKG Wilayah III dan IV,pada Rabu (27/1/2016) Balai Besar Wilayah II Ciputat menyelenggarakan kegiatan Rekon keuangan di Hotel Grand Tjokro.


KOORDINASI BMKG DENGAN KEMENHUB, HADAPI CUACA EKSTRIM [27/1/2016]
Hampir 90 % wilayah Indonesia telah memasuki masa musim penghujan akan mencapai puncaknya pada akhir Januari dan Februari 2016. Meskipun saat ini El-nino masih berlangsung, kondisinya sudah semakin meluruh dan kembali ke netral hingga Maret-April 2016. Hal ini diutarakan Deputi Bidang Meterologi BMKG, Dr. Yunus Subagyo di depan Media Massa saat kegiatan kegiatan jumpa pers BMKG bersama Kementerian Perhubungan di kantor Kemeterian Perhubungan RI.


PENANDATANGANAN MoU ANTARA TIMOR LESTE DAN INDONESIA [26/1/2016]
Dili, Timor Leste, Hari ini (26/1) bertempat di kantor Perdana Menteri Timor Leste, Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari Marsudi dan Timor Leste yang diwakili Menteri Luar Negeri Timor Leste, Hernani Coelho, menandatangani MoU terkait kerjasama di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dengan pemerintah Timor Leste. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Perdana Menteri Timor Leste, Rui Maria de Araujo. Penandatangan MoU ini merupakan bagian dari rangkaian Kunjungan Kenegaraan Presiden Indonesia ke Timor Leste.



Prakiraan Cuaca
08 February 2016
Medan
Hujan Ringan
23 - 33°C
Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 32°C
Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
23 - 32°C
Palangkaraya
Hujan Ringan
24 - 33°C
Manado
Hujan Ringan
22 - 32°C
Makassar
Hujan Sedang
24 - 31°C
Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
24 - 32°C
Jayapura
Cerah Berawan
23 - 33°C
Sorong
Cerah Berawan
25 - 32°C
Kupang
Berawan
25 - 33°C
Denpasar
Hujan Sedang
24 - 31°C
Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Bandung
Hujan Sedang
22 - 30°C
Semarang
Hujan Ringan
25 - 32°C
Surabaya
Hujan Sedang
25 - 33°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
30 Januari 2016 - 20:50:32 WIB


Lokasi :
2.18 LS - 133.33 BT
Kedalaman : 10 Km

30 km Tenggara TELUKBINTUNI-PAPUABRT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya