SEMINAR TAHUNAN HASIL KEGIATAN LITBANG BMKG

JAKARTA, Jumat (27/5) - Puslitbang BMKG gelar seminar tahunan hasil penelitian Puslitbang Tahun 2015 di Auditorium BMKG. Kegiatan seminar dibuka oleh Deputi Bidang  Klimatologi Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc mewakili Kepala BMKG.

``Informasi MKG semakin mendapat perhatian besar dari masyarakat dalam menunjang aktivitas keseharian, ketepatan dan akurasi prakiraan menjadi urgensi yang tidak bisa ditawar lagi. Untuk memenuhi harapan masyarakat, BMKG berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya``, terang Deputi Bidang Klimatologi dalam sambutan dan pengarahannya.

Cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan memperkuat fungsi penelitian, pengkajian, dan pengembangan untuk mendukung operasional di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang telah dilakukan Puslitbang BMKG tahun 2015 dalam memprioritaskan kegiatan penelitian pada bidang ketahanan pangan dan kemaritiman, paparnya

Deputi Bidang Klimatologi menyambut baik inisiatif Puslitbang akan melakukan pengkajian kinerja peralatan otomatis dengan data observasi manual untuk melihat keakuratan alat dan data, serta pembangunan jaringan GPS untuk pemantau Gempa dan tsunami yang akan dilaksanakan tahun 2017.

Berharap tercipta komunikasi timbal balik lintas unit dan instansi berupa transfer teknologi serta pengayaan ilmu dan informasi tentang berbagi hasil penelitian Puslitbang untuk mendorong pertukaran hasil riset, informasi kebutuhan user serta ide inovatif dan aplikatif  bagi peningkatan layanan BMKG kepada masyarakat luas, selain itu melalui pertemuan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan SDM di BMKG sebagai Agent of chance menuju World class work force yang cakap, handal dan kompeten di bidangnya, tutup Deputi Bidang Klimatologi.

Pada kesempatan itu, Kapuslitbang Prof. Dr. Edvin Aldrian, M.Sc memberikan buku laporan hasil kegiatan litbang tahun 2015 secara simbolik kepada  Deputi Bidang Klimatologi dan Prof. Dr. Ir. Eddy Hermawan, M.Sc dari LAPAN. Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan hasil kegiatan yang terbagi menjadi tiga bidang teknis serta tata usaha Litbang.

Presentasi hasil-hasil penelitian di bidang meteorologi disampaikan Dr. Erwin Eka Syahputra Makmur, M.Si berupa kajian tentang pengembangan ensemble model gelombang laut untuk layanan meteorologi maritim di Indonesia. Selanjutnya bidang klimatologi dan KU disampaikan Dr. Ardhasena Sopaheluwakan berupa kajian tentang Pemanfaatan Data Evaporasi Untuk Definisi Awal Musim dan kajian tentang Pengukuran Kualitas Udara sebelum, pada saat, dan setelah Hari Raya Nyepi.

Sedangkan bidang geofisika disampaikan Dr. Supriyanto Rohadi, M.Si berupa kajian tentang Pengembangan Sistem Monitoring Prekursor Gempabumi dan Early Warning Tsunami berdasarkan Data TEC-GPS.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 peserta ini turut dihadiri Prof. Dr. Ir. Eddy Hermawan, M.Sc dari LAPAN sekaligus menjadi moderator. Selain itu, hadir pula Dr. Buldan Muslim dari LAPAN, dua perwakilan dari ITB yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono dan Brian Yuliarto, Ph.D, para taruna-taruni STMKG dan Pejabat di lingkungan BMKG.
::: Humas


  » Informasi lainnya...

SEMINAR TAHUNAN HASIL KEGIATAN LITBANG BMKG [27/5/2016]
JAKARTA, Jumat (27/5) - Puslitbang BMKG gelar seminar tahunan hasil penelitian Puslitbang Tahun 2015 di Auditorium BMKG. Kegiatan seminar dibuka oleh Deputi Bidang Klimatologi Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc mewakili Kepala BMKG.


SEMINAR STUDI PRECURSOR GEMPABUMI DAN FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL [26/5/2016]
Jakarta, Kamis (26/05/2016) Dimoderatori Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika POtensial dan Tanda Waktu, Dr. Jaya Murjaya, M.Si para 5 narasumber yang berasal dari pihak media, LAPAN, Kedeputian Geofisika dan Litbang BMKG memaparkan perihal studi precursor dan fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 maret 2016. dalam event Seminar sehari yang diselenggarakan oleh kedeputian geofisika BMKG


JOGJA EARTHQUAKE IN REFLECTION 2016 [24/5/2016]
Yogyakarta, Selasa(24/05/2016) - Kepala BMKG, Dr.Andi Eka Sakya,M.Eng mengupas materi BMKG Policy in Earthquake Mitigation pada acara Jogja Earthquake in Reflection 2016, dilanjutkan MOU dengan Prof.Dr.Ir.Sari Bahagiarti K.,M.Sc., Rektor Universitas Pembangunan NasionalVeteranYogyakarta di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.


BMKG BERBAGI PENGALAMAN SLI DI TIMOR LESTE [24/5/2016]
Dili/ Bertempat di Hotel Timor Plaza-Dili,Timor Leste, BMKG bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Directorate National of Meteorology and Geophysics (DNMG-TL) dan Ministry of Agriculture and Fisheries (MAF-TL) mengadakan Climate Field School (CFS) yang akan diselenggarakan mulai tanggal 23 hingga 25 Mei 2016.


BIMBINGAN TEKNIS SISTEM PELAPORAN MONITORING DAN EVALUASI [23/5/2016]
JAKARTA - Senin (23/5/2016), Mengusung tema Peningkatan kinerja monitoring dan evaluasi demi terwujudnya akuntabilitas kinerja BMKG yang lebih, Biro perencanaan gelar Bimbingan Teknis sistem pelaporan monitoring dan evaluasi Tahun 2016 di gedung Serbaguna BMKG Pusat Jakarta, kegiatan yang dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Drs. Subardjo DIPL. SEIS mewakili Sekretaris Utama BMKG dihadiri 47 peserta terdiri dari 31 peserta UPT Daerah dan 16 peserta PPK Pusat dan STMKG.


PERTEMUAN ILMIAH TAHUN KE 3 IABI [23/5/2016]
Bandung, Indonesia sebagai negara Kepulauan yang diakui oleh berbagai ahli kebencanaan dunia sebagai wilayah yang unik. Keunikannya antara lain sebagai wilayah yang sangat rawan terhadap berbagai ancaman, baik bahaya alami maupun non-alam . Sementara kondisi lingkungan alam kita semakin rusak akibat degradasi sumber daya alam dan lingkungan.


PEMPROV SUMSEL HIBAHKAN TANAH BANGUN STASIUN BMKG [20/5/2016]
JAKARTA, Jumat(20/5/2016) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diwakili oleh Kepala Biro Umum, Drs.Yusuf Supriyadi,M.T, disaksikan oleh Deputi Bidang Meteorologi, DR.Yunus S.Swarinoto,M.Si dan Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi, Drs.Untung Merdijanto,M.Si, menandatangani berita acara serah terima hibah tanah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, H.Farhat Syukri).


UPACARA PERINGATAN HARKITNAS KE 108 TAHUN [20/5/2016]
Kebangkitan Nasional diperingati sebagai masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia dari penjajahan negara Belanda selama 350 tahun. Jumat, (20/05/2016) segenap pejabat dan pegawai BMKG mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 108 tahun yang mengambil tema ``Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata Mandiri dan Berkarakter`` di lapangan kantor BMKG Pusat dengan Inspektur Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng.


72th UN ESCAP MEETING [20/5/2016]
Bangkok, Rabu (18/05/2016) Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menghadiri pertemuan sidang ke - 72 United Nations economic and Social Commission For Asia and The Pacific (ESCAP) di UN Conference Center. Pada kesempatan ini Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi beberapa perwakilan delegasi RI dari BMKG, Kedutaan Besar Republik Indonesia serta Kementerian lain yang terkait


WORKSHOP PEMBINAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN [17/5/2016]
Jakarta, Opini ``Wajar Dengan Pengecualian yang disandang BMKG terhadap hasil penilaian laporan keuangan tahun 2014 merupakan sebuah penurunan prestasi bagi BMKG, sebelumnya selama 5 tahun berturut-turut BMKG mendapatkan opini ``Wajar Tanpa Pengecualian``(WTP).



Prakiraan Cuaca
28 May 2016
Medan
Hujan Sedang
23 - 34°C
Padang
Cerah Berawan
23 - 31°C
Palembang
Hujan Ringan
24 - 34°C
Bengkulu
Hujan Sedang
24 - 32°C
Pontianak
Hujan Sedang
25 - 34°C
Palangkaraya
Berawan
24 - 34°C
Manado
Hujan Ringan
24 - 32°C
Makassar
Berawan
26 - 34°C
Ternate
Hujan Ringan
25 - 32°C
Ambon
Hujan Ringan
25 - 32°C
Jayapura
Hujan Ringan
24 - 33°C
Sorong
Hujan Ringan
24 - 32°C
Kupang
Cerah Berawan
23 - 34°C
Denpasar
Berawan
25 - 34°C
Jakarta
Hujan Sedang
24 - 34°C
Bandung
Hujan Sedang
21 - 29°C
Semarang
Hujan Ringan
27 - 33°C
Surabaya
Hujan Ringan
26 - 34°C
Selengkapnya
Gempabumi Terkini
27 Mei 2016 - 20:39:49 WIB


Lokasi :
2.62 LU - 128.19 BT
Kedalaman : 110 Km

36 km BaratLaut PULAUMOROTAI-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya